jadwal ka progo 2024 berhenti di mana saja

Jadwal KA Progo 2024 : Berhenti di Mana Aja? (Ekonomi Plus)

Berikut adalah Jadwal KA Progo 2024. Sebuah layanan kereta ekonomi di koridor Jakarta Pasar Senen – Lempuyangan. Termasuk barisan kereta legendaris namun telah menjadi ekonomi plus. Berhenti di mana aja nih?

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah membahas tentang Kereta Api Progo. Rangkaian kereta ekonomi yang melayani koridor Jakarta dan Jogja. Berangkat dari Stasiun Jakarta Pasar Senen kemudian berakhir di Lempuyangan. Juga rute sebaliknya.

Kereta ini termasuk barisan legendaris. Memiliki sejarah panjang sejak awal dekade 1970-an. Sejak itu dikenal sebagai kereta rakyat dengan tarif murah. Namun sejak tahun 2018 telah menjadi ekonomi plus. Otomatis tarifnya pun komersial. Meski di sisi lain masih menggunakan rangkaian 106 penumpang.

Masih Ada Spirit Senja Ekonomi (Plus)

Di Jadwal KA Progo 2024 berdasarkan Gapeka 2023 ternyata masih memiliki Spirit Senja Ekonomi sebagai sejarah awlanya. Kereta Api Progo masih tetap setia dengan keberangkatan malam dari Jakarta. Namun untuk dari Jogja hanya tersedia di siang hari.

Walaupun hanya satu perjalanan, setidaknya masih menyisakan setitik dari warisan sejarah Senja Ekonomi di tahun 1980-an. Sebetulnya dibilang Senja pun masih oke untuk keberangkatan Stasiun Jakarta Pasar Senen. Hanya saja layanannya KA ekonomi plus.

Bukan Lagi Opsi Perjalanan Murah

Dari Mulai Senja Ekonomi, Empu Jaya, dan Kereta Api Progo sampai tahun 2017, kereta ini memiliki opsi perjalanan murah. Dengan harga tiket ekonomi bersubsidi. Sayangnya mulai 2018 subsidinya dicabut. Tarif komersial dengan subklas pun berlaku.

Harga tiket kereta api Progo berada di kisaran 190-250 ribu/orang. Itu artinya bukan lagi opsi perjalanan murah. Karena pandangan masyarakat tiket murah itu berada di bawah 100 ribu.

Jadwal KA Progo 2024 : Melewati Jalur KA Cirebon Kroya

Sejak awal pengoperasiannya hingga sekarang, perjalanan Kereta Api Progo masih tetap setia melewati Jalur KA Cirebon Kroya. Itu artinya udah pasti berhenti di Stasiun Kereta Api Purwokerto. Semua kereta api di koridor Jakarta Jogja lewat jalur ini.

Selain di Stasiun Kereta Api Purwokerto, Kereta Api Progo itu berhenti di mana aja ya? Berikut adalah jadwal KA Progo 2024 selengkapnya. Berdasarkan Gapeka 2023 yang berlaku tanggal 1 Juni di tahun itu.

Jadwal KA Progo 2024 : Lempuyangan – Jakarta Pasar Senen (KA 247)

Jadwal KA Progo 2024 : Jakarta Pasar Senen – Lempuyangan (KA 248)

Jadwal KA Progo 2024 : Perjalanan Malam Lebih Cepat

Dari Jadwal di atas bisa disimpulkan bahwa perjalanan malam Kereta Api Progo ternyata lebih sedikit pemberhentiannya. Durasi perjalanannya pun lebih cepat yakni 8 jam. Dimana ini adalah rute KA 248 keberangkatan dari Stasiun Jakarta Pasar Senen.

Adapun keberangkatan siang hari untuk KA 247 dari Lempuyangan itu durasinya 9 jam. Jadi lebih lama 1 jam dibandingkan perjalanan malam. Hal ini karena pemberhentiannya yang sedikit lebih banyak.

Di Jadwal KA Progo 2024 dari Lempuyangan (247) terdapat pemberhentian di Karanganyar, Prupuk, Ketanggungan, Haurgeulis, dan Jatinegara. Uniknya lagi, kereta ini nggak melayani Stasiun Jatibarang. Jadi udah seperti sebagian kereta eksekutif dari Stasiun Gambir Jakarta.

Galeri Foto