jadwal kereta bandara yia tersedia ekspres dan reguler

Jadwal Kereta Bandara YIA : Tersedia Ekspres dan Reguler

Berikut Jadwal Kereta Bandara YIA yang melayani perjalanan dari Bandara Internasional Yogyakarta ke Stasiun Tugu Jogja dan sebaliknya. Tersedia layanan Ekspres dan Reguler. Perbedaan ada di harga tiket dan pemberhentian di Stasiun Wates.

Sekilas Tentang Kereta Bandara YIA

Kereta Bandara YIA pertama kali beroperasi tanggal 6 Mei 2019 bersamaan dengan pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo. Bandara baru ini menggantikan Adi Sucipto di Maguwo Sleman yang telah lama jadi pintu masuk Jogja via udara.

Waktu itu Kereta Bandara YIA rutenya dari Maguwo ke Stasiun Wojo dan sebaliknya via Stasiun Tugu Jogja. Dalam sehari terdiri dari 2 trip masing-masing 1 trip dari Maguwo dan Wojo.

Bersamaan dengan beroperasinya Jalur Kereta Kedundang Bandara YIA berikut stasiunnya di 1 September 2021, rute Kereta Bandara YIA dirubah jadi langsung menuju Bandara hingga sekarang.

Bukan itu aja, rutenya pun dipotong jadi hanya sampai Stasiun Tugu Jogja. Dengan satu pemberhentian di Wates. Adapun bila ingin ke Maguwo bisa melanjutkan perjalanan dengan KRL Joglo.

Dilayani di Jalur 1 Stasiun Tugu Jogja (Pintu Selatan)

Saat ini Kereta Bandara YIA dilayani di Jalur 1 Stasiun Tugu Jogja. Untuk ruang tunggunya dipersiapkan area khusus di Pintu Selatan Stasiun Tugu. Jadi sebelum kereta berangkat, penumpang dipersilakan menunggu di situ sampai ada panggilan untuk naik kereta.

Pemberhentian di Stasiun Wates

Kereta Bandara YIA melayani pemberhentian di Stasiun Wates. Karenanya banyak penumpang dari Wates ke Kota Jogja dan sebaliknya yang memanfaatkan kereta ini. Sebagai alternatif Commuter Line Prameks yang jadwalnya terbatas dan sering dikeluhkan selalu penuh di jam sibuk.

Kereta Bandara YIA Ekspres : Untuk Kenyamanan Lebih

Tingginya minat commuters Jogja-Wates dan sebaliknya yang memanfaatkan kereta Bandara YIA pada akhirnya membuat KAI Bandara selaku operator melakukan sejumlah kebijakan baru. Salah satunya mengakomodasi penumpang berdiri.

Di saat yang sama KAI Bandara juga meluncurkan layanan ekspres. Dengan ini penumpang dari Bandara bisa langsung ke Jogja tanpa harus berhenti di Wates lagi. Kelebihan lain dari Kereta Bandara YIA Ekspres ialah faktor kenyamanan.

Di ekspres penumpang bisa duduk dengan nyaman. Inilah hal lain yang membedakannya dengan reguler. Untuk regulernya juga udah hampir mirip dengan kereta komuter. Karenanya beda layanan ekspres dan reguler ada di dua hal yakni penumpang berdiri dan pemberhentian di Stasiun Wates.

Jadwal Kereta Bandara YIA dan Harga Tiket

Berikut adalah Jadwal Kereta Bandara YIA berdasarkan Gapeka 2019. Berikut harga tiket perjalanannya. Untuk harga perlu diperhatikan karena ada beda antara Ekspres, Reguler, dan segmen Wates-Jogja.

Jadwal Kereta Bandara YIA Ekspres

Jadwal Kereta Bandara YIA Reguler

Harga Tiket Kereta Bandara YIA

Harga Tiket Kereta Bandara YIA dibagi ke dalam 3 skema berikut:

  • Kereta Bandara YIA Ekspres Rp 50.000 untuk rute Stasiun Tugu Jogja ke YIA dan berlaku sebaliknya.
  • Kereta Bandara YIA Reguler Rp 20.000 di rute YIA ke Stasiun Wates maupun YIA ke Stasiun Tugu Jogja. Tarif ini berlaku untuk rute sebaliknya
  • Khusus untuk segmen dari Stasiun Tugu Jogja ke Wates tarifnya Rp 10.000 (berlaku sebaliknya)

Sebagai tambahan, Kereta Bandara YIA dioperasikan oleh KAI Bandara atau Railink. Tiketnya bisa dibeli di stasiun dan aplikasi Railink.

Galeri Foto