Jadwal Kereta Lokal Gubeng : Gresik Hingga Blitar

01 Jadwal Kereta Lokal Gubeng Gresik Hingga Blitar

Kali ini jadwal kereta lokal Gubeng. Mulai dari Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Kertosono, Malang, hingga Blitar. Berikut rinciannya.

Rupanya pembahasan seputar Stasiun Surabaya Gubeng belum habis. Ternyata nggak cukup hanya dua pembahasan. Apa yang menyebabkan pembahasannya melebihi ekspektasi? Jadi lebih panjang gitu?

Pembahasan sebelumnya yakni Jadwal Kereta Stasiun Gubeng Dalam 4 Segmen ternyata hanya mentok di Perka Jarak Jauh saja.

Stasiun Surabaya Gubeng Merupakan Titik Sentral

Di Kota Pahlawan sendiri terdapat 4 stasiun besar. Urutannya mulai dari utara yakni Surabaya Pasar Turi, Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, dan Wonokromo. Diantara keempat itu Stasiun Surabaya Gubeng adalah titik sentral.

Disinilah titik awal dan terminus seluruh perjalanan KAJJ arah Bandung/Jakarta via Selatan dan Jember/Banyuwangi. Ditambah lagi persinggahan kereta dari arah utara seperti KA Blambangan Ekspres dan KA Jayabaya. Semua perjalanan KA Lokal pun ikut dilayani di sini. Kebayang banget kaya gimana sibuknya stasiun ini.

Jadwal KAJJ Udah Banyak.

Pembahasan jadwal kereta Stasiun Gubeng semula direncanakan untuk KAJJ dan KA Lokal. Namun giliran udah dieksekusi KAJJ aja banyak banget. Bila ditambah lokal kebayang deh panjangnya kaya apa dan kamu nggak bakal betah lama-lama.

Sehingga diputuskan yang lokalan dibuat lagi pembahasan tersendiri dengan judul Jadwal Kereta Lokal Gubeng. Pasalnya kereta lokal juga sangat banyak. Apalagi rata-rata cuma singgah aja di Stasiun Surabaya Gubeng.

Jadwal Kereta Lokal Gubeng Juga 4 Segmen

Seperti pembahasan sebelumnya, Jadwal Kereta Lokal Gubeng juga dibagi dalam 4 segmen. Utara, Timur, Selatan dan Barat. Segmen Utara terminusnya di Stasiun Indro (IDO), Gresik.

Segmen timur di jalur pertama Staats Spoorwegen (SS) dimana tujuan akhirnya Stasiun Pasuruan. Selatan di Malang (ML) dan Blitar (BL). Barat ujungnya di Stasiun Kertosono (KTS).

Napak Tilas Jalur Pertama Staats Spoorwegen (SS) – Timur

Pertama adalah segmen timur antara Surabaya dan Pasuruan lewat Bangil. Inilah jalur kereta api pertama yang dibangun oleh Staats Spoorwegen (SS), operator KA milik Pemerintah Kolonial Belanda.

Jalur legendaris itu kini dilayani oleh KA Lokal Pasuruan rute Stasiun Surabaya Kota – Stasiun Pasuruan. Tentunya singgah di Stasiun Surabaya Gubeng. Berikut jadwalnya:

No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
681Lokal PasuruanSurabaya Gubeng – Pasuruan03.10
682Lokal PasuruanPasuruan – Surabaya Kota07.2407.30
683Lokal PasuruanSurabaya Kota – Pasuruan11.3811.41
684Lokal PasuruanPasuruan – Surabaya Kota17.4117.44
685Lokal PasuruanSurabaya Kota – Pasuruan18.4918.54
686Lokal PasuruanPasuruan – Surabaya Kota23.1023.13

Searah Jarum Jam menuju Malang dan Blitar – Segmen Selatan

Dari Stasiun Bangil terdapat percabangan arah Malang hingga Blitar. Segmen ini dilayani dua kereta yakni KA Penataran Dhoho dan Kereta Api Tumapel. Sederhana saja cara membedakan keduanya.

Kereta Api Tumapel hanya sebatas segmen Surabaya Malang. Adapun KA Penataran Dhoho itu memutar balik lagi ke Surabaya lewat Tulungagung, Kediri, Kertosono. Jadi searah jarum jam.

Selain kereta jurusan Malang dan Blitar, lokalan yang mentok Stasiun Sidoarjo dan Porong juga dimasukkan ke segmen selatan.

KA Penataran Dhoho
No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
367Penataran DhohoSurabaya Kota – Malang – Blitar04.2304.28
367Penataran DhohoBlitar – Kertosono – Surabaya Kota15.1915.23
369Penataran DhohoSurabaya Kota – Malang – Blitar07.1807.21
369Penataran DhohoBlitar – Kertosono – Surabaya Kota18.3218.36
370PenataranBlitar – Malang – Surabaya Kota09.1909.23
371Penataran DhohoSurabaya Kota – Malang – Blitar11.1811.21
371Penataran DhohoBlitar – Kertosono – Surabaya Kota21.2721.31
373PenataranSurabaya Kota – Malang – Blitar17.3817.42
Kereta Api Tumapel
No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
368TumapelMalang – Surabaya Kota07.0407.08
375TumapelSurabaya Gubeng – Malang20.45
Lokalan Sidoarjo dan Porong
No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
621KRD LokalSurabaya Gubeng – Porong03.32
7125KRD LokalSurabaya Pasar Turi – Sidoarjo03.3403.45
622KRD LokalPorong – Surabaya Kota06.4506.48
403Ekonomi LokalSurabaya Kota – Sidoarjo08.0808.11
675KRD LokalSurabaya Pasar Turi – Sidoarjo08.3108.34
7129KRD LokalIndro – Sidoarjo09.3609.40
677KRD LokalIndro – Sidoarjo13.4413.52
627KRD LokalSurabaya Kota – Sidoarjo14.1814.21
628KRD LokalSidoarjo – Surabaya Kota16.3216.34
406Ekonomi LokalSurabaya Pasar Turi – Sidoarjo17.2817.33
7133KRD LokalIndro – Sidoarjo17.4917.52
629KRD LokalSurabaya Gubeng – Porong18.03
630KRD LokalPorong – Surabaya Kota21.0921.12

Go West dan Berlawanan Jarum Jam – Segmen Barat

Berikutnya ialah segmen barat. Ini adalah jalur kereta api yang lumayan padat karena tersambung langsung ke Bandung dan Jakarta via Yogyakarta. Untuk layanan lokalan sebetulnya berakhir di Kertosono.

Namun ternyata ada lagi KA Dhoho Penataran, Beda dengan sebelumnya, ini berlawanan jarum jam. Dari Surabaya ke Blitar via Kertosono. Lalu balik lagi mengambil arah Malang, Bangil dan Sidoarjo

KA Dhoho Penataran
No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
351DhohoBlitar – Kertosono – Surabaya Kota09.3109.34
359Dhoho PenataranSurabaya Kota – Kertosono – Blitar05.0805.12
359Dhoho PenataranBlitar – Malang – Surabaya Kota16.0616.10
361Dhoho PenataranSurabaya Kota – Kertosono – Blitar09.2909.32
361Dhoho PenataranBlitar – Malang – Surabaya Gubeng20.13
363Dhoho PenataranSurabaya Kota – Kertosono – Blitar12.0812.12
363Dhoho PenataranBlitar – Malang – Surabaya Kota22.2122.25
365DhohoSurabaya Kota – Kertosono – Blitar18.1818.21
KA Jenggala
No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
625JenggalaSurabaya Kota – Mojokerto07.2807.33
626JenggalaMojokerto – Surabaya Kota13.3413.36
“KRD Kertosono”

Dulu kereta ini punya nama KRD Kertosonoi. Namun kini nama resminya KA Ekonomi Lokal. Melayani rute Surabaya Kota – Kertosono PP. Berikut jadwalnya di Stasiun Surabaya Gubeng:

No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
401Ekonomi LokalSurabaya Kota – Kertosono20.5821.01
402Ekonomi LokalKertosono – Surabaya Kota07.1507.20

Meramaikan Shortcut Surabaya Pasar Turi – Utara

Hampir semua kereta api lokal terminusnya di Stasiun Surabaya Kota yang posisinya berada di sisi utara Stasiun Surabaya Gubeng. Namun untuk segmen ini akan mengambil terminus Stasiun Indro (IDO), kabupaten Gresik.

Kereta tujuan Indro pasti lewat Stasiun Surabaya Pasar Turi. Begitu juga beberapa perka KRD Sidoarjo ada yang berakhir di stasiun yang dibangun oleh NISM itu.

No PerkaNama KARuteDatangBerangkat
7126KRD LokalSidoarjo – Indro06.1306.15
404Ekonomi LokalSidoarjo – Surabaya Pasar Turi10.2510.28
678KRD LokalSidoarjo – Indro10.5611.00
7130KRD LokalSidoarjo – Indro13.4313.45
676KRD LokalSidoarjo – Surabaya Pasar Turi17.0617.14
7134KRD LokalSidoarjo – Surabaya Pasar Turi19.3519.39

Jadwal Kereta Lokal Gubeng Loop Line

Ada hal unik di sini, apalagi kalo bukan KA Penataran Dhoho dan KA Dhoho Penataran. Keduanya mengisi jalur kantong atau Loop Line Jawa Timur. Bedanya yang pertama searah jarum jam dan kedua berlawanan.

Namun disini kita bisa naik dari Stasiun Surabaya Gubeng dan balik lagi ke stasiun yang sama dengan cara memutar Jawa Timur. Itulah mengapa Jadwal Kereta Lokal Gubeng yang ini menjadi sangat unik.

Terutama bila hendak booking langsung secara online. Mesti agak teliti. Jangan sampe salah. Masa iya niatan cuma dari Surabaya Gubeng ke Wonokromo atau Sidoarjo tapi malah ngambil yang memutar via Tulungagung?

Kabar baiknya supaya kamu nggak kena yang memutar itu dibedakan dari harga tiketnya. Biasanya jalur memutar lebih mahal daripada yang langsung. Contoh Gubeng Sidoarjo normalnya Rp 12.000 tapi kalo memutar bisa Rp 24.000.

Kesimpulan

Stasiun Surabaya Gubeng merupakan titik sentral dan salah satu stasiun utama di Kota Pahlawan. Kebayang kaya gimana sibuknya. Begitu juga masalah Jadwal Kereta Lokal Gubeng sampe harus dibuat pembahasan sendiri.

Meski demikian ada hal unik di sini. Apalagi kalo bukan keberadaan jalur loop line Jawa Timur (kantong). Dimana kamu bisa berangkat dari Gubeng lalu balik lagi ke stasiun yang sama dengan cara memutar ke Tulungagung dan Malang.

Galeri Foto

Comments

Leave a Reply