Kali ini jadwal kereta lokal Gubeng. Mulai dari Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Kertosono, Malang, hingga Blitar. Berikut rinciannya.
- Stasiun Surabaya Gubeng Merupakan Titik Sentral
- Jadwal KAJJ Udah Banyak.
- Jadwal Kereta Lokal Gubeng Juga 4 Segmen
- Jadwal Kereta Lokal Gubeng Loop Line
- Kesimpulan
- Galeri Foto
Rupanya pembahasan seputar Stasiun Surabaya Gubeng belum habis. Ternyata nggak cukup hanya dua pembahasan. Apa yang menyebabkan pembahasannya melebihi ekspektasi? Jadi lebih panjang gitu?
Pembahasan sebelumnya yakni Jadwal Kereta Stasiun Gubeng Dalam 4 Segmen ternyata hanya mentok di Perka Jarak Jauh saja.
Stasiun Surabaya Gubeng Merupakan Titik Sentral
Di Kota Pahlawan sendiri terdapat 4 stasiun besar. Urutannya mulai dari utara yakni Surabaya Pasar Turi, Surabaya Kota, Surabaya Gubeng, dan Wonokromo. Diantara keempat itu Stasiun Surabaya Gubeng adalah titik sentral.
Disinilah titik awal dan terminus seluruh perjalanan KAJJ arah Bandung/Jakarta via Selatan dan Jember/Banyuwangi. Ditambah lagi persinggahan kereta dari arah utara seperti KA Blambangan Ekspres dan KA Jayabaya. Semua perjalanan KA Lokal pun ikut dilayani di sini. Kebayang banget kaya gimana sibuknya stasiun ini.
Jadwal KAJJ Udah Banyak.
Pembahasan jadwal kereta Stasiun Gubeng semula direncanakan untuk KAJJ dan KA Lokal. Namun giliran udah dieksekusi KAJJ aja banyak banget. Bila ditambah lokal kebayang deh panjangnya kaya apa dan kamu nggak bakal betah lama-lama.
Sehingga diputuskan yang lokalan dibuat lagi pembahasan tersendiri dengan judul Jadwal Kereta Lokal Gubeng. Pasalnya kereta lokal juga sangat banyak. Apalagi rata-rata cuma singgah aja di Stasiun Surabaya Gubeng.
Jadwal Kereta Lokal Gubeng Juga 4 Segmen
Seperti pembahasan sebelumnya, Jadwal Kereta Lokal Gubeng juga dibagi dalam 4 segmen. Utara, Timur, Selatan dan Barat. Segmen Utara terminusnya di Stasiun Indro (IDO), Gresik.
Segmen timur di jalur pertama Staats Spoorwegen (SS) dimana tujuan akhirnya Stasiun Pasuruan. Selatan di Malang (ML) dan Blitar (BL). Barat ujungnya di Stasiun Kertosono (KTS).
Napak Tilas Jalur Pertama Staats Spoorwegen (SS) – Timur
Pertama adalah segmen timur antara Surabaya dan Pasuruan lewat Bangil. Inilah jalur kereta api pertama yang dibangun oleh Staats Spoorwegen (SS), operator KA milik Pemerintah Kolonial Belanda.
Jalur legendaris itu kini dilayani oleh KA Lokal Pasuruan rute Stasiun Surabaya Kota – Stasiun Pasuruan. Tentunya singgah di Stasiun Surabaya Gubeng. Berikut jadwalnya:
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
681 | Lokal Pasuruan | Surabaya Gubeng – Pasuruan | 03.10 | |
682 | Lokal Pasuruan | Pasuruan – Surabaya Kota | 07.24 | 07.30 |
683 | Lokal Pasuruan | Surabaya Kota – Pasuruan | 11.38 | 11.41 |
684 | Lokal Pasuruan | Pasuruan – Surabaya Kota | 17.41 | 17.44 |
685 | Lokal Pasuruan | Surabaya Kota – Pasuruan | 18.49 | 18.54 |
686 | Lokal Pasuruan | Pasuruan – Surabaya Kota | 23.10 | 23.13 |
Searah Jarum Jam menuju Malang dan Blitar – Segmen Selatan
Dari Stasiun Bangil terdapat percabangan arah Malang hingga Blitar. Segmen ini dilayani dua kereta yakni KA Penataran Dhoho dan Kereta Api Tumapel. Sederhana saja cara membedakan keduanya.
Kereta Api Tumapel hanya sebatas segmen Surabaya Malang. Adapun KA Penataran Dhoho itu memutar balik lagi ke Surabaya lewat Tulungagung, Kediri, Kertosono. Jadi searah jarum jam.
Selain kereta jurusan Malang dan Blitar, lokalan yang mentok Stasiun Sidoarjo dan Porong juga dimasukkan ke segmen selatan.
KA Penataran Dhoho
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
367 | Penataran Dhoho | Surabaya Kota – Malang – Blitar | 04.23 | 04.28 |
367 | Penataran Dhoho | Blitar – Kertosono – Surabaya Kota | 15.19 | 15.23 |
369 | Penataran Dhoho | Surabaya Kota – Malang – Blitar | 07.18 | 07.21 |
369 | Penataran Dhoho | Blitar – Kertosono – Surabaya Kota | 18.32 | 18.36 |
370 | Penataran | Blitar – Malang – Surabaya Kota | 09.19 | 09.23 |
371 | Penataran Dhoho | Surabaya Kota – Malang – Blitar | 11.18 | 11.21 |
371 | Penataran Dhoho | Blitar – Kertosono – Surabaya Kota | 21.27 | 21.31 |
373 | Penataran | Surabaya Kota – Malang – Blitar | 17.38 | 17.42 |
Kereta Api Tumapel
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
368 | Tumapel | Malang – Surabaya Kota | 07.04 | 07.08 |
375 | Tumapel | Surabaya Gubeng – Malang | 20.45 |
Lokalan Sidoarjo dan Porong
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
621 | KRD Lokal | Surabaya Gubeng – Porong | 03.32 | |
7125 | KRD Lokal | Surabaya Pasar Turi – Sidoarjo | 03.34 | 03.45 |
622 | KRD Lokal | Porong – Surabaya Kota | 06.45 | 06.48 |
403 | Ekonomi Lokal | Surabaya Kota – Sidoarjo | 08.08 | 08.11 |
675 | KRD Lokal | Surabaya Pasar Turi – Sidoarjo | 08.31 | 08.34 |
7129 | KRD Lokal | Indro – Sidoarjo | 09.36 | 09.40 |
677 | KRD Lokal | Indro – Sidoarjo | 13.44 | 13.52 |
627 | KRD Lokal | Surabaya Kota – Sidoarjo | 14.18 | 14.21 |
628 | KRD Lokal | Sidoarjo – Surabaya Kota | 16.32 | 16.34 |
406 | Ekonomi Lokal | Surabaya Pasar Turi – Sidoarjo | 17.28 | 17.33 |
7133 | KRD Lokal | Indro – Sidoarjo | 17.49 | 17.52 |
629 | KRD Lokal | Surabaya Gubeng – Porong | 18.03 | |
630 | KRD Lokal | Porong – Surabaya Kota | 21.09 | 21.12 |
Go West dan Berlawanan Jarum Jam – Segmen Barat
Berikutnya ialah segmen barat. Ini adalah jalur kereta api yang lumayan padat karena tersambung langsung ke Bandung dan Jakarta via Yogyakarta. Untuk layanan lokalan sebetulnya berakhir di Kertosono.
Namun ternyata ada lagi KA Dhoho Penataran, Beda dengan sebelumnya, ini berlawanan jarum jam. Dari Surabaya ke Blitar via Kertosono. Lalu balik lagi mengambil arah Malang, Bangil dan Sidoarjo
KA Dhoho Penataran
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
351 | Dhoho | Blitar – Kertosono – Surabaya Kota | 09.31 | 09.34 |
359 | Dhoho Penataran | Surabaya Kota – Kertosono – Blitar | 05.08 | 05.12 |
359 | Dhoho Penataran | Blitar – Malang – Surabaya Kota | 16.06 | 16.10 |
361 | Dhoho Penataran | Surabaya Kota – Kertosono – Blitar | 09.29 | 09.32 |
361 | Dhoho Penataran | Blitar – Malang – Surabaya Gubeng | 20.13 | |
363 | Dhoho Penataran | Surabaya Kota – Kertosono – Blitar | 12.08 | 12.12 |
363 | Dhoho Penataran | Blitar – Malang – Surabaya Kota | 22.21 | 22.25 |
365 | Dhoho | Surabaya Kota – Kertosono – Blitar | 18.18 | 18.21 |
KA Jenggala
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
625 | Jenggala | Surabaya Kota – Mojokerto | 07.28 | 07.33 |
626 | Jenggala | Mojokerto – Surabaya Kota | 13.34 | 13.36 |
“KRD Kertosono”
Dulu kereta ini punya nama KRD Kertosonoi. Namun kini nama resminya KA Ekonomi Lokal. Melayani rute Surabaya Kota – Kertosono PP. Berikut jadwalnya di Stasiun Surabaya Gubeng:
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
401 | Ekonomi Lokal | Surabaya Kota – Kertosono | 20.58 | 21.01 |
402 | Ekonomi Lokal | Kertosono – Surabaya Kota | 07.15 | 07.20 |
Meramaikan Shortcut Surabaya Pasar Turi – Utara
Hampir semua kereta api lokal terminusnya di Stasiun Surabaya Kota yang posisinya berada di sisi utara Stasiun Surabaya Gubeng. Namun untuk segmen ini akan mengambil terminus Stasiun Indro (IDO), kabupaten Gresik.
Kereta tujuan Indro pasti lewat Stasiun Surabaya Pasar Turi. Begitu juga beberapa perka KRD Sidoarjo ada yang berakhir di stasiun yang dibangun oleh NISM itu.
No Perka | Nama KA | Rute | Datang | Berangkat |
7126 | KRD Lokal | Sidoarjo – Indro | 06.13 | 06.15 |
404 | Ekonomi Lokal | Sidoarjo – Surabaya Pasar Turi | 10.25 | 10.28 |
678 | KRD Lokal | Sidoarjo – Indro | 10.56 | 11.00 |
7130 | KRD Lokal | Sidoarjo – Indro | 13.43 | 13.45 |
676 | KRD Lokal | Sidoarjo – Surabaya Pasar Turi | 17.06 | 17.14 |
7134 | KRD Lokal | Sidoarjo – Surabaya Pasar Turi | 19.35 | 19.39 |
Jadwal Kereta Lokal Gubeng Loop Line
Ada hal unik di sini, apalagi kalo bukan KA Penataran Dhoho dan KA Dhoho Penataran. Keduanya mengisi jalur kantong atau Loop Line Jawa Timur. Bedanya yang pertama searah jarum jam dan kedua berlawanan.
Namun disini kita bisa naik dari Stasiun Surabaya Gubeng dan balik lagi ke stasiun yang sama dengan cara memutar Jawa Timur. Itulah mengapa Jadwal Kereta Lokal Gubeng yang ini menjadi sangat unik.
Terutama bila hendak booking langsung secara online. Mesti agak teliti. Jangan sampe salah. Masa iya niatan cuma dari Surabaya Gubeng ke Wonokromo atau Sidoarjo tapi malah ngambil yang memutar via Tulungagung?
Kabar baiknya supaya kamu nggak kena yang memutar itu dibedakan dari harga tiketnya. Biasanya jalur memutar lebih mahal daripada yang langsung. Contoh Gubeng Sidoarjo normalnya Rp 12.000 tapi kalo memutar bisa Rp 24.000.
Kesimpulan
Stasiun Surabaya Gubeng merupakan titik sentral dan salah satu stasiun utama di Kota Pahlawan. Kebayang kaya gimana sibuknya. Begitu juga masalah Jadwal Kereta Lokal Gubeng sampe harus dibuat pembahasan sendiri.
Meski demikian ada hal unik di sini. Apalagi kalo bukan keberadaan jalur loop line Jawa Timur (kantong). Dimana kamu bisa berangkat dari Gubeng lalu balik lagi ke stasiun yang sama dengan cara memutar ke Tulungagung dan Malang.
Leave a Reply