Jembatan Kereta Cikubang : Masih Terpanjang Di Indonesia (Aktif)

Jembatan Kereta Cikubang Masih Terpanjang di Indonesia (Aktif)

Siapa yang nggak tau jembatan kereta Cikubang? Naik kereta api ke Bandung pasti bakalan lewat. Berdiri kokoh sejak 1906, hingga kini masih jadi yang terpanjang di Indonesia untuk jembatan aktif. Karena masih ada yang lebih panjang.

Pendahuluan

Pembangunan jalur KA Cikampek Padalarang di tahun 1902 tujuannya untuk mempersingkat waktu tempuh dan konektivitas Jakarta (Batavia) – Surabaya. Walaupun lebih pendek daripada sebelumnya, kontur alam di lintas ini banyak didominasi perbukitan dan lembah yang sangat curam.

Dibutuhkan banyak sekali jembatan agar bisa menyeberangi satu lembah dengan lainnya. Makanya itu kita banyak menemukan ada banyak sekali jembatan kereta api di sepanjang lintas ini. Semua dipengaruhi oleh kontur alam di sana. Mau dibilang ekstrem pun nggak salah. Untuk ukuran Priangan Barat memang demikian.

DI antara jembatan menyeberangi lembah itu terdapat 3 yang berukuran tinggi dan cukup panjang. Ketiganya adalah Cisomang, Cikubang, dan Cibisoro. Manakah di antara ketiganya yang paling panjang?

Before We Go

Sebenarnya konten ini pernah tayang di situs Manglayang ID. Namun karena adanya pemindahan dan juga dirasa bahwa itu sangat banyak kekurangan, diputuskan untuk merelease ulang di sini dengan pembahasan yang lebih fokus dan memperbaiki beberapa kesalahan yang ada di sana.

Penasaran konten lama? Klik Jembatan Cikubang dan Sejarah Kereta Jakarta Bandung. Selain daur ulang atau revisi, konten ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Jalur Kereta Karawang Cikampek dan Jalur KA Cikampek Padalarang

Jembatan Kereta Cikubang : Melintas Lembah Cikubang

Dari ketiganya Jembatan Kereta Cikubang adalah yang terpanjang. Untuk bisa menyeberangi satu bukit dengan bukit di seberangnya ternyata terdapat lembah yang cukup lebar dan dalam. Bahkan dari arah Sasaksaat pun udah dibangun jembatan sedang bernama Cirengge.

Nah dari Cirengge ada satu bukit lagi sebelum dipisahkan Lembah Cikubang yang sangat lebar dan dalam itu. Dan di sinilah oleh Staats Spoorwegen (SS) dibangun jembatan dengan rangka baja yang tinggi dan berukuran panjang sampai ke bukit di seberangnya.

Jembatan Kereta Cikubang : Awalnya Tanpa Lengkung Bawah

Saat ini kita menjumpai jembatan ini dan yang lainnya punya ciri khas yakni adanya lengkung di bagian bawah. Nah sebetulnya ketika awal dibangun dan dioperasikan tahun 1906 itu tanpa adanya baja melengkung di bawahnya. Namun seiring berjalannya waktu barulah konstruksinya dirubah dengan penambahan lengkungan itu.

Jembatan Kereta Cikubang : Terdapat Sleko Untuk Pejalan Kaki

Bagi sebagian pejalan kaki memang nggak mau ribet harus memutari lembah Cikubang lebih dulu. Ada kalanya untuk mempersingkat waktu justru lebih memilih menyeberangi jembatan panjang ini.

Padahal risikonya sangat tinggi. Juga harus memperhatikan jadwal perjalanan kereta api yang melintas. Namun di jembatan telah ada sleko untuk memfasilitasi pejalan kaki apabila mengetahui akan ada kereta yang melintas.

Masih Jadi Jembatan Aktif Terpanjang di Indonesia

Meski menyeberangi lembah yang begitu luas, Jembatan Kereta Cikubang sejatinya bukanlah yang terpanjang di Indonesia. Secara mengejutkan jembatan kereta api terpanjang di Indonesia bukan di jalur utama melainkan lintas cabang yakni Banjar Cijulang. Jembatan Cikacepit inilah yang sebenarnya terpanjang di Indonesia.

Namun sayangnya sejak awal 1980-an jembatan tersebut berstatus non-aktif bersamaan dengan penutupan lintas cabang Banjar Cijulang. Dengan demikian predikat terpanjang di Indonesia untuk jembatan aktif dipegang oleh Jembatan Kereta Cikubang. Bahkan hingga saat konten ini dibuat.

Semula diperkirakan akan ada jembatan yang lebih panjang lagi untuk Whooosh (Kereta Cepat Jakarta Bandung). Namun sayang jembatan yang dipake Whooosh itu Cipada yang sebelahan dengan Jembatan Tol. Walaupun panjang belum bisa mengalahkan Cikubang. Predikat terpanjang belum ada yang mematahkan.

Jembatan Kereta Cikubang: Tercatat Dilintasi 7 Kereta Reguler

Saat ini tercatat 7 kereta melintas secara reguler di sini setap harinya. Dari ketujuh itu, 5 diantaranya adalah KAJJ dan 2 lainnya Commuter Line. Rangkaian KAJJ yang melintas di sini: KA Argo Parahyangan, Kereta Api Cikuray, Ciremai, Harina, dan Serayu. Ditambah Kereta Commuter Line Bandung Raya (rute Purwakarta) dan Garut.

Kesimpulan

Jembatan Kereta Cikubang dibangun pada 1902 dan mulai beroperasi 1906. Sebagai bagian dari Jalur KA Cikampek Padalarang yang mempersingkat konektivitas Jakarta dan Surabaya.

Hingga saat ini masih jadi jembatan kereta api aktif terpanjang di Indonesia. Setiap harinya ada tujuh perjalanan kereta api reguler melintas di sini. Lima diantaranya KAJJ ditambah dua Commuter Line.

Galeri Foto

Comments

Leave a Reply