JR 115 Series Setouchi Usia Bukan Halangan

JR 115 Series Setouchi : Usia Bukan Halangan

JR 115 Series Setouchi masih gagah beroperasi di Sanyo Main Line milik JR West. Ketika banyak trainset seangkatannya yang udah purnatugas. Termasuk satu unit dimuseumkan di Shimoyoshida Station, Yamanashi Prefecture. Bukti bahwa usia tua bukanlah halangan untuk tetap dinas di jalur utama

Sanyo Main Line, jalur utama milik JR West ini membentang antara Kobe dan Shimonoseki. Nggak hanya itu bahkan terintegrasi dengan layanan ferry internasional tujuan Pusan, Korea Selatan, via Shimonoseki.

Jalur ini merupakan perpanjangan dari Tokaido Main Line. Masih sejalur cuma bedanya Tokaido menghubungkan Tokyo dan Kobe. Kedua jalur tersebut punya sejarah panjang dan telah eksis sejak sebelum Perang Dunia ke-2. Tokaido misalnya cikal bakal udah ada ketika si ular besi pertama kali diperkenalkan di Jepang.

Kebanyakan rangkaian kereta yang kita jumpai sekarang-sekarang adalah trainset baru. Tapi jangan heran bahwa sebenarnya masih ada trainset lama yang beroperasi di lintas milik Japan Railway Group (JR Group). Trainset peninggalan pendahulunya, Japanese National Railway (JNR).

JR 115 Series Setouchi milik JR West

JR 115 Series Setouchi di Hiroshima Station

Salah satu peninggalan JNR yang masih eksis dan dinas hingga kini ialah JR 115 Series Setouchi. Rangkaian EMU (Electric Multiple Unit) dengan corak livery berwarna kuning ini masih gagah beroperasi di salah satu jalur utama penting milik JR West.

Trainset jenis ini sebelumnya pernah ada di JR East. Dengan ciri khas livery berwarna hijau tua kombinasi orange. Namun di JR East kini lebih dominan trainset baru. Bahkan sekelas Kaiji Limited Express E257 Series aja di Chuo Main Line akhirnya dimutasi dan digantikan E353 Series yang lebih baru.

JR 205 juga udah hampir semuanya pension. Seperti kita ketahui trainset terakhir kini telah berdinas sebagai KRL Joglo, dan mendominasi armada KRL Commuter Line di Jabodetabek. Trainset lainnya ex-Yamanote Line kini telah menjadi milik Fujikyu Railway dan direbranding jadi Fujikyu 6000 Series.

Bagaimana dengan 115 Series? Udah nggak ada lagi. Bahkan satu unit nangkring di Shimoyoshida Station dekat Blue Train Japan. Adapun di JR West masih bisa dijumpai, salah satunya di Sanyo Main Line ini.

Masih Gagah Meski Udah Tua

Beroperasi di Sanyo Main Line

JR 115 Series Setouchi masih gagah meski dari segi usia udah setengah abad. Dilihat dari pertama kali trainset ini beroperasi tahun 1960-an. Di saat kawan seangkatan banyak yang udah pensiun bahkan dimonumenkan di kaki Gunung Fuji.

JR 115 Series Setouchi tetap setia beroperasi melayani segmen Rapid di Shimonoseki Area, dengan livery berwarna kuning. Kereta ini tentu dilengkapi fasilitas AC dan tempat duduk yang membuat penumpang nyaman.

Keberadaan sang legenda yang masih berdinas di JR West ini membuktikan bahwa dengan perawatan yang bagus, armada tua pun masih bisa dinas. Kuncinya memang disitu.

JR 115 Series Setouchi Lebih Tua dari KRL Ekonomi Dulu

Satu lagi yang special ialah, trainset ini lebih tua dari KRL Ekonomi yang dulu pernah beroperasi di Indonesia. Paling tua, KRL Ekonomi tersebut produksi tahun 1976 yakni Rheostatic Batch-1. Namun kini semua telah dirucat di Purwakarta dan Cikaum. Untuk JR 115 sendiri batch pertamanya diproduksi tahun 1963. Secara bertahap terus berjalan hingga tahun 1983.