KA Commuter Line Dhoho : Tanpa Rangkaian Pisah (Rapih)

KA Commuter Line Dhoho Tanpa Rangkaian Pisah

Mulai Gapeka 2023 nggak ada lagi dua arah satu tujuan. Sebagai gantinya KA Commuter Line Dhoho siap layani Surabaya Kota – Blitar via Kertosono PP. Balik lagi namun tanpa ada embel Rapih (Rangkaian Pisah). Seperti apa pola perjalanan dan jadwalnya?

Pendahuluan

Di Gapeka yang lalu kita mengenal adanya Kereta Api Penataran Dhoho. Ini adalah layanan komuter wilayah 8 Surabaya. Kereta ini terlihat cukup unik. Meski rutenya Surabaya Kota – Blitar, jalur yang dilewatinya berbeda. Satu lewat Stasiun Malang. Sedangkan lainnya memutar dulu ke Kertosono.

Sisi unik lainnya ialah bisa merasakan sensasi memutar sepertiga Jawa Timur. Misalnya mengambil titik keberangkatan Stasiun Surabaya Gubeng lantas kembali lagi dengan kereta yang sama. Bahkan dari Wonokromo ke Stasiun Surabaya Gubeng bisa memutar dulu.

Nah mulai Gapeka 2023 keunikan tersebut nggak akan terjadi lagi. Sebagai operator, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI/KAI Commuter) memberlakukan pola perjalanan baru.

Seperti apakah pola perjalanan baru ini? Juga jadwal perjalanan selengkapnya?

Nggak Ada Lagi Dua Arah Satu Tujuan

Sebelumnya telah dibahas tentang Jadwal KA Penataran Dhoho: Dua Arah Satu Tujuan. Dimana masih mengacu pada Gapeka 2021 dan pakai pola lama. Dimana sangat dimungkinkan untuk keliling sepertiga Jawa Timur. Misalnya berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dan kembali lagi ke situ dengan satu kereta.

Namun bagi kamu yang udah biasa banget gegabutan kaya gitu. Untuk tujuan apapun. Misalnya buat bikin konten viral di medsos. Tertanggal 1 Juni 2023 kamu nggak bisa lagi kaya gitu ya. Mengingat pola perjalanannya berubah.

KA Commuter Line Dhoho : Pemisahan

Jika sebelumnya pola operasi Jadwal KA Penataran Dhoho : Dua Arah Satu Tujuan. Dimana kamu bisa merasakan sensasi loop line. Di Gapeka 2023 nggak ada lagi Kereta Api Penataran Dhoho. Sebagai gantinya PT. KCI mengembalikan pola perjalanan tersebut seperti sediakala.

Disini keduanya dipisahkan. Sehingga mulai saat ini kondisinya balik lagi seperti ketika lokalan jalur kantong itu dioperasikan untuk pertama kalinya. KA Penataran dan KA Dhoho dipisahkan sendiri-sendiri. Nah di kesempatan ini akan lebih dulu dibahas KA Commuter Line Dhoho.

KA Commuter Line Dhoho : Seperti Kembali ke Khitah

Dioperasikannya KA Commuter Line Dhoho seperti menghidupkan lagi layanan lama yakni KA Rapih Dhoho. Jadi terlihat seperti kembali ke khitah. Namun bedanya kini nggak pake embel-embel Rapih (Rangkaian Pisah). Bahkan rutenya pun nggak mentok di Kertosono. Kereta ini meneruskan perjalanan hingga Surabaya Kota.

Memang sih ada jadwal perjalanan yang cuma sampai di Kertosono. Sekilas mirip dengan KA Dhoho tempo dulu. Namun juga ada yang Surabaya Kota – Kertosono. Wah berarti meniadakan KRD Kertosono dong? Boleh jadi demikian.

KA Commuter Line Dhoho : Berakhir di Stasiun Blitar

Kalo sebelumnya ketika masih menyatu tiba di Stasiun Blitar lantas melanjutkan perjalanan melalui arah berbeda. Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2023 semua perjalanan berakhir di sana. Termasuk juga kereta ini yang seperti udah disinggung sebelumnya kembali seperti ketika awal dinas di dekade 1970-an.

Sempat Wajib Transit dan Transfer di Stasiun Blitar

Pola perjalanan baru yang diterapkan KCI di awal Gapeka 2023 tanggal 1 Juni 2023 mengharuskan penumpang untuk transit dan transfer (pindah kereta) di Stasiun Blitar.

Sekilas nampak stasiun tersebut akan jadi seperti Manggarai. Kabar baiknya, penumpang dari Stasiun Kediri ke Stasiun Malang misalnya cukup membeli satu tiket saja.

Dari Stasiun Kediri ke Blitar naik KA Commuter Line Dhoho. Selepas itu pindah kereta untuk meneruskan perjalanan ke Stasiun Malang naik KA Commuter Line Penataran.

Untuk posisi gerbong dan tempat duduk nggak ada perubahan. Jadi misalnya di Ekonomi 4/22A tetap di posisi itu ketika berganti kereta.

KA Commuter Line Dhoho : Kembali ke Pola Lama (Hanya Ganti Plang)

Namun sayangnya pemberlakuan kebijakan wajib transit di Stasiun Blitar justru lebih banyak kekurangannya. Seperti stasiun yang jadi lebih padat dan menyulitkan. Apalagi pernah terjadi insiden ketinggalan kereta atau salah naik. Hal yang membuat operator akhirnya mengevaluasi kebijakan tersebut.

Alhasil mulai 15 Juli 2023 balik lagi ke pola lama. Sehingga penumpang KA Commuter Line Dhoho misalnya dari Stasiun Kediri hendak ke Stasiun Malang nggak perlu lagi transit. Cukup menaiki kereta yang sama. Di Stasiun Blitar hanya ada pergantian plang dari Dhoho ke Penataran.

Lho berarti sama dong kaya KA Penataran Dhoho : Dua Arah Satu Tujuan? Nggak juga sih! Dua arah satu tujuan itu tanpa mengganti plang. Jadi misalnya kereta Dhoho Penataran via Kertosono tetap dengan nama itu juga. Hal yang sama juga berlaku di Penataran Dhoho via Stasiun Malang.

Nah di pola perjalanan baru yang telah direvisi tanggal 15 Juli 2023, terjadi pergantian plang di Stasiun Blitar. Hal ini karena KA Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Penataran sejatinya merupakan dua kereta yang berbeda. Namun penumpangnya nggak harus ganti kereta. Tinggal duduk manis dan nikmati perjalanan.

Jadwal KA Commuter Line Dhoho

Untuk lebih jelasnya seperti apa pola perjalanan baru ini, berikut adalah jadwal perjalanan selengkapnya:

A. Surabaya Kota – Kertosono – Blitar

StasiunKA 422KA 411/412KA 413/414KA 415/416KA 417/418KA 419/420KA 423
Surabaya Kota04.2007.4010.3515.0017.4520.55
Surabaya Gubeng04.3207.5110.4815.1217.5821.06
Wonokromo04.4108.0410.5815.2618.0821.15
Sepanjang04.5008.1311.0715.3718.2221.25
BoharanLsLsLs15.52Ls21.40
Krian05.0508.2911.2216.0518.4821.49
KedindingLs08.51LsLsLsLs
Tarik05.1709.0311.5016.2519.0022.02
Mojokerto05.3309.1512.0416.4019.1222.16
Curahmalang05.4109.2312.1216.4819.2022.25
Sumobito05.5009.3112.2316.5919.2922.50
Peterongan05.5909.4012.3217.0819.3822.57
Jombang06.0910.0612.4417.2019.4723.10
Sembung06.2010.1712.5717.3119.5923.21
Kertosono04.3507.0511.0013.4018.1520.3423.30
Purwoasri04.4707.1711.1113.5218.2720.44
Papar04.5607.2611.2014.0118.4420.53
MinggiranLsLsLsLs18.58Ls
SusuhanLsLsLsLsLsLs
Kediri05.1507.4311.3814.2019.2721.13
Ngadiwulih05.2707.5512.0114.3219.3921.25
Kras05.3608.0412.1115.0019.4821.34
Ngujang05.4808.2112.2115.1119.5821.44
Tulungagung05.5908.3212.3115.2220.0821.53
Sumbergempol06.0808.4112.4015.3120.1822.01
Ngunut06.1808.5112.5015.4120.3622.13
Rejotangan06.2809.0213.0015.5920.4722.23
Blitar06.4209.1513.13 16.1321.0022.36

B. Stasiun Bliter ke Surabaya Kota via Kertosono

StasiunKA 424KA 401/402KA 403/404KA 405/406KA 407/408KA 409/410KA 421
Blitar04.3007.2009.4513.3517.0021.40
Rejotangan04.5107.3509.5913.4917.1521.55
Ngunut05.0207.5010.1914.0317.2522.07
Sumbergempol05.1708.0010.3014.1417.3522.21
Tulungagung05.2708.0910.3914.2417.4522.29
Ngujang05.4608.1910.4914.5017.5522.39
Kras05.5708.2910.5915.0218.2222.49
Ngadiwulih06.0608.3811.1415.1118.3222.58
Kediri06.1908.5211.4015.2418.4523.09
SusuhanLsLsLsLsLsLs
MinggiranLsLsLsLsLsLs
Papar06.3609.1511.5915.4119.0223.32
Purwoasri06.5109.2512.1015.5019.1132.41
Kertosono04.2507.3010.0012.5816.4019.48
Sembung04.3707.4110.1113.1016.5220.17
Jombang04.4907.5210.2313.2317.0420.30
Peterongan04.5708.0010.3113.3117.1220.38
Sumobito05.2508.1010.4113.4217.2220.49
Curahmalang05.3308.1810.4913.5017.3020.57
Mojokerto05.4308.2711.0114.0617.4021.08
Tarik05.5508.4211.1714.1717.5521.20
KedindingLsLs11.39LslsLs
Krian06.1408.5711.4814.3318.0721.33
BoharanLsLsLs14.45LsLs
Sepanjang06.2909.1712.0314.5618.3621.49
Wonokromo06.3809.2912.1515.1218.4721.59
Surabaya Gubeng06.4809.3912.2515.2218.5922.09
Surabaya Kota06.5609.4712.3315.3019.0722.17

Kesimpulan

Di Gapeka 2023 pola perjalanan seperti Jadwal KA Penataran Dhoho: Dua Arah Satu Tujuan udah nggak berlaku lagi. KCI mengembalikannya seperti di dekade 70-an. Untuk segmen Surabaya Kota – Blitar via Kertosono dioperasikan KA Commuter Line Dhoho. Perjalanannya berakhir di Stasiun Blitar.

Tanggal 1 Juni 2023, sempat ada kewajiban untuk transit dan pindah kereta ke Commuter Line Penataran. Namun karena dinilai lebih banyak minusnya, per 15 Juli 2023 pola perjalanan kembali seperti sediakala.

Penumpang dari Stasiun Kediri ke Stasiun Malang nggak perlu pindah kereta. Jadi di Stasiun Blitar hanya ada pergantian plang dari Dhoho ke Penataran.

Galeri Foto

InSyaaAlloh Lanjut KA Commuter Line Penataran

Karena KCI udah memisahkan, mengembalikan pola operasi seperti di dekade 70 dan 80-an dulu, dan memberlakukan Transit di Stasiun Blitar, rasanya nggak lengkap kalo tanpa membahas KA Commuter Line Penataran. Yuk, langsung cus aja ke sini Commuter Line Penataran : Kembali ke Dekade 80an.

Comments

One response to “KA Commuter Line Dhoho : Tanpa Rangkaian Pisah (Rapih)”

  1. KaptenTekno Avatar

    Kereta lokal langganan, terbaik emang Penataran-Dhoho

Leave a Reply