KA Lokal Bandung Raya Komuter Priangan Barat

KA Lokal Bandung Raya Komuter Priangan Barat

KA Lokal Bandung Raya adalah kereta lokal yang melayani wilayah Bandung Raya mulai dari Padalarang, Bandung, Cicalengka dan sebaliknya. Bahkan tersedia juga rute ke Purwakarta . Pilihan praktis dan murah penunjang aktivitas harian warga Bandung. Juga alternatif untuk traveling murah dan hemat.

Bandung sebagai kota metropolitan di Jawa Barat memang wajib punya layanan kereta komuter untuk menunjang aktivitas warganya. Terutama mobilitas dari daerah pinggiran di Barat dan Timur menuju Pusat Kota. Biar bagaimanapun juga kereta komuter jelas merupakan moda transportasi murah, cepat dan aman. Tentunya punya keunggulan dibanding angkutan jalan raya yakni bebas macet.

Bila di wilayah Jabodetabek punya KRL Commuter Line, Bandung Raya juga punya layanan serupa. Namun bedanya dalam bentuk kereta konvensional layaknya untuk angkutan jarak jauh. Kereta ini ditarik lokomotif. Boleh dibilang masih agak ketinggalan jaman.

Pasalnya di negara maju seperti Jepang jangankan komuter, untuk jarak jauh saja sudah menggunakan kereta listrik. Baik untuk layanan Limited Express ,lebih-lebih Shinkansen (Super Express). Bahkan untuk jalur yang belum terelektrifikasi angkutan penumpang tak lagi membutuhkan lokomotif. Tapi menggunakan kereta diesel dengan teknologi mutakhir.

Karenanya jangan heran bila Jepang menjadi salah satu kiblat perkeretaapian dunia. Balik lagi ke Bandung Raya, sebagai kawasan metropolitan dimana Kota Bandung disokong oleh daerah-daerah pinggiran di wilayah Barat dan Timur, keberadaan kereta komuter perkotaan jelas merupakan satu kebutuhan. Sebuah angkutan massal yang cepat dan efisien dengan ongkos murah.

Pendahuluan

Konten ini sudah pernah tayang di situs Manglayang ID katagori Transportasi Umum dengan Judul KA Lokal Bandung Raya Komuter Tanah Priangan. Dikarenakan situs tersebut difokuskan untuk konten Pariwisata dan Transportasi Non Kereta Api, maka otomatis konten diarsipkan untuk kemudian direlease ulang di situs ini.

Tentunya dengan beberapa perubahan. Mengingat adanya sedikit perubahan operasional setelah beroperasinya lintas Cibatu-Garut. Ditambah lagi KA Lokal Bandung Raya kini dioperasikan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Bandara yang juga operator KRL Commuter Line Jabodetabek.

Nah jadi konten ini memang bukanlah konten baru melainkan Repackage. Adapun pembahasan tentang commuter wargi Bandung ini memang baru ada satu di situs ini yakni Lokal Bandung Raya 469. Itupun aslinya lebih ke Trip Report. Bagi yang penasaran dan kepengen konten asli bisa di download di sini >> Komuter Tanah Priangan

KA Lokal Bandung Raya Awalnya Gunakan KRD

Belum ada informasi resmi kapan kereta komuter ini mulai beroperasi dan melayani masyarakat Bandung Raya. Namun satu hal yang pasti ialah Pemerintah melakukan modernisasi angkutan berbasis rel di tahun 1970-an. Boleh jadi transportasi perkotaan berbasis rel telah ada sejak era Kolonial Belanda hingga ke zaman Orde Lama. Namun teknologinya bisa jadi sudah ketinggalan zaman. Misalnya masih menggunakan kereta kayu dan lokomotif uap.

Tahun 1976 pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mendatangkan sejumlah armada kereta rel listrik (KRL) dan kereta rel diesel (KRD) dari Nippon Sharyo Jepang. Kereta-kereta baru ini akan dinas menggantikan armada lama yang bahkan sudah beroperasi sejak zaman Kolonial Belanda.

Karena masih terbatas, KRL hanya akan dioperasikan untuk koridor Jakarta Kota-Bogor dan jalur lingkar Jakarta yang sudah terelektrifikasi. Adapun sisanya menggunakan KRD, termasuk di Bandung Raya.

KRD pertama yang beroperasi adalah jenis MCW 301, mempunyai 2 pintu dan cocok untuk peron pendek. Sayang umur KRD ini nggak lama karena minimnya perawatan dan sering mengalami kerusakan mesin. Akhirnya terpaksa ditarik lokomotif. Bahkan seiring berjalan waktu malah dimodifikasi jadi kereta biasa dengan kode K3 76. Kereta ini baru benar-benar pensiun di tahun 2017 dan sekarang telah di rucat di Purwakarta dan Cikaum.

Di tahun 1980-an, kereta buatan Jepang kembali datang, kali ini MCW 302. Kereta ini pernah beroperasi sebagai KRD Lokal Bandung Raya. Sebagian lagi beroperasi sebagai KRD Patas Bandung Raya. Di tahun 2000-an, giliran KRDE ex-BN Holec dioperasikan di koridor ini sebagai KRD Baraya Geulis dan KRD Rencang Geulis. Masa dinasnya memang nggak lama karena ternyata armada modifikasi ini justru sering mengalami masalah.

Sebaliknya justru MCW 302 yang malah lebih awet dan beroperasi hingga tahun 2014 sebagai KRD Patas Bandung Raya Non-AC. Sebelum dihentikan operasionalnya di pertengahan tahun yang sama dalam rangka penyederhanaan layanan. Terutama setelah KA Lokal Bandung Raya dilengkapi fasilitas AC Split.

Pertama kali beroperasi sebagai KRD makanya jangan heran bila banyak orang sering menyebut kereta komuter ini sebagai KRD. Bahkan orang KAI sendiri menyebutnya demikian. Meski sudah menggunakan armada kereta konvensional.

Spirit Bandung Metropolitan Area

KA Lokal Bandung Raya melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka PP. Benar-benar sesuai dengan namanya bahkan menjadikannya sebagai Spirit Bandung Metropolitan Area. Jelas sekali kereta ini membuktikan Kota Bandung yang disokong kota-kota satelit di sekitarnya seperti Padalarang, Cimahi, Rancaekek hingga Cicalengka. Mengingat kawasan kota sudah sedemikian padat, pemukiman warga mulai bergeser ke kawasan pinggiran.

Banyak sekali pekerja Kota Bandung yang justru tinggal di daerah pinggiran. Jelas sekali membutuhkan dukungan moda transportasi massal yang memadai (aman, cepat dan murah).

Bayangkan jika setiap harinya puluhan kendaraan bermotor memadati jalan-jalan dari kawasan pinggiran menuju Kota Bandung sebagai pusat perniagaan. Kebayang deh macetnya kaya gimana. Makanya itu keberadaan kereta api jelas sangat membantu warga di pinggiran supaya mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Untuk jalurnya sendiri masih menggunakan jalur utama Padalarang-Kasugihan sampai dengan Stasiun Cicalengka. Sebenarnya ini merupakan jalur utama yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya via Bandung. Termasuk bagian dari jalur KA Jakarta Bandung via Cianjur yang pertama kali beroperasi di tahun 1884. Malah di bulan September 1884 jalurnya sudah sampai Cicalengka. Dimana saat ini Stasiun Cicalengka jadi terminus untuk layanan komuter Bandung Raya.

Kereta komuter yang punya sejarah panjang walaupun belum jelas kapan awal mula beroperasi. Jalurnya pun bagian dari jalur legendaris yang pertama kali dibangun untuk menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan wilayah Timur Pulau Jawa.

Tersedia Rute ke Purwakarta

Ternyata rute kereta ini nggak berhenti sampe di Stasiun Padalarang dan Stasiun Cicalengka. Tersedia rute menuju Stasiun Purwakarta . Perluasan rute ini mulai berlaku di Gapeka 2014. Tentunya dengan destinasi akhir yang semakin diperluas bukan cuma kaum penglaju (komuter) yang terlayani. Kereta ini sangat membantu kalangan Backpacker yang ingin berwisata dengan harga murah.

Misalnya dari Bandung ke Purwakarta atau sebaliknya. Rute ini dilayani KA Argo Parahyangan (dua kali), KA Serayu (satu kali), KA Ciremai Ekspres, KA Harina, KA Malabar dan KA Mutiara Selatan. Kadang untuk harga tiketnya dihitung penuh dari Jakarta ke Bandung. Kalopun ada tarif parsial biasanya di kisaran Rp 50.000,00. Jelas lumayan menguras dompet.

Karenanya keberadaan KA Lokal Bandung Raya sangat membantu para Backpacker yang ingin bepergian dari Bandung ke Purwakarta dan sebaliknya. Rangkaian kereta yang rutenya ke Purwakarta tersedia Cicalengka-Purwakarta.

Bagaimana dengan rute Cibatu? Seiring dengan mulai beroperasinya jalur Kereta Api Cibatu-Garut, untuk rute Cibatu dijadikan satu paket dengan KA Garut Cibatuan. Untuk KA 482 keberangkatan dari Padalarang udah nggak lagi dihitung sebagai Perka KA Lokal Bandung Raya. Namun lebih ke Cibatuan. Untuk KA Garut Cibatuan, inSyaaAlloh akan ada pembahasannya tersendiri.

Balik lagi ke sini, keberadaan rute ke Purwakarta meskipun hanya ada satu Perka yakni KA 477 cukup membantu dan memberikan alternatif perjalanan murah. Terutama bagi penupang tujuan Cilame, Sasaksaat, Maswati, Cikadongdong, Plered, Sukatani, Ciganea hingga Purwakarta. Cukup dengan tarif Rp 7.000,00 saja.

Karenanya sah-sah aja bila menyebut KA Lokal Bandung Raya sebagai Komuter Priangan Barat. Destinasi-destinasi tadi itu semua terletak di Priangan Barat.

Harga Tiket Mulai Rp 4.000,00

Kereta komuter pastinya harus murah dong. Nah kereta komuter Priangan ini tarifnya dipatok mulai Rp 4.000,00. Apakah dengan uang segitu kita udah bisa ngelancong sampe ke Purwakarta? Eits tunggu dulu. Biasanya tarif itu dipatok berdasarkan rute yang ditempuh kereta. Untuk tarif Rp 4.000,00 biasanya di Padalarang-Kiaracondong/Bandung PP atau Cicalengka-Kiaracondong/Bandung PP. Untuk full dari Padalarang ke Cicalengka tarifnya Rp 5.000,00.

Sementara itu Cicalengka-Purwakarta Rp 7.000,00. Jadi tarifnya cukup bervariasi. Meski demikian tarif yang diberlakukan di sini adalah single rate. Mau jauh atau dekat tetap segitu. Misalnya dari Kiaracondong ke Bandung tapi naiknya yang jurusan Purwakarta tetap kena Rp 7.000,00.

jadi kalo sobat traveler nggak kepengen kantongnya terkuras karena bayar lebih mahal perlu cek lagi rutenya. Kalo cuma Padalarang-Bandung doang sih disarankan naik jurusan Cicalengka yang Rp 5.000,00. Malah kalo beruntung bisa dapat jurusan akhir Kiaracondong dengan tarif Rp 4.000,00. Kesimpulannya harga tiket KA Lokal Bandung Raya dipatok berdasarkan terminus atau stasiun tujuan akhir.

Yang jelas tarif murah jelas sangat menguntungkan para komuter yang sehari-harinya sangat mengandalkan kereta ini. Demikian pula buat Backpacker yang ingin wisata murah ke Purwakarta dan Bandung.

Jadwal KA Lokal Bandung Raya di Gapeka 2021

Sobat Traveler, pengen rasain sensasi traveling murah meriah naik KA Lokal Bandung Raya? Berikut jadwal perjalanan lengkapnya (Gapeka 2021):

A. Cicalengka – Padalarang – Purwakarta

Stasiun443A445A449A453B455A457A459A461B463A465B467B469B471A473A475A477C479A481483
Cicalengka (CCL)04.2505.1506.4008.5009.4010.5511.5013.1014.0014.4515.4516.3518.0518.5519.4520.5022.0023.10
Haurpugur (HRP)04.3505.2306.4808.5909.4911.0911.5913.2514.1414.5715.5916.5018.1519.2219.5421.0122.0823.29
Rancaekek (RCK)04.4405.3106.5709.0709.5811.2112.0713.3314.2415.0816.0717.1218.2319.4020.0821.1122.2023.37
Cimekar (CMK)04.5205.3907.0509.1510.0711.2912.1513.4714.3815.1316.1617.3818.4519.5220.3021.2122.2823.45
Kiaracondong (KAC)05.0605.5107.2209.4210.3211.5212.3014.0714.5115.3316.4717.5919.0020.0921.0521.3522.4223.5923.20
Cikudapateuh (CTH)05.1305.5807.2909.5010.4011.5912.3714.1414.5815.4016.5518.0619.0720.1621.1221.4222.4900.0623.27
Bandung (BD)05.2506.0707.5510.1910.5812.1512.5014.2315.1015.4917.1718.1819.1720.2621.2122.3422.5700.1823.37
Ciroyom (CIR)05.3506.1508.1010.2811.1512.2513.0514.3115.1815.5817.2718.2719.2720.3421.2922.42LsLsLs
Cimindi (CMD)05.4506.2608.2110.3811.2812.3513.1514.4115.2816.1017.3718.3719.3720.4421.3922.5223.07Ls23.47
Cimahi (CMI)05.5206.3408.2810.4511.3412.4213.2214.4815.3516.1817.4418.4419.4420.5121.4622.5923.1400.3123.54
Gadobangkong (GK)B/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SLsLsLsLs
Padalarang (PDL)06.0306.4508.3910.5611.4512.5313.3314.5915.4616.2917.5518.5519.5521.0221.5723.0923.2200.3900.02
Cilame (CLE)23.29
Sasaksaat (SKT)23.42
Maswati (MSI)23.58
Rendeh (RH)00.05
Cikadongdong (CD)00.12
Plered (PLD)00.31
Sukatani (SUT)00.39
Ciganea (CA)00.52
Purwakarta (PWK)01.02

Harga Tiket: Selama stasiunnya berada di rute Cicalengka – Padalarang dikenakan tarif Rp 5.000. Begitupula di rute Kiaracondong – Padalarang tarifnya Rp 4.000 jauh atau dekat. Adapun Harga Tiket untuk Cicalengka – Purwakarta Rp 7.000,00 berlaku untuk perjalanan jauh maupun dekat. Bahkan yang rutenya sepetak pun seperti Bandung – Cikudapateuh dan Padalarang – Cilame.

B. Padalarang – Cicalengka

Stasiun444446A450A452A454B456A458A460B462B464B466A468B470B472B474A476478A480A484486488
Padalarang (PDL)04.4506.4007.1508.3009.2010.5011.3512.3513.2514.2015.2016.2017.1518.2019.2020.3522.2022.3500.30
Gadobangkong (GK)B/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SB/SLsLsLs
Cimahi (CMI)04.5806.5307.2808.4309.3311.0311.4812.4813.3814.3315.3316.3317.2818.3319.3320.4822.3000.0500.40
Cimindi (CMD)05.0507.0007.3508.5009.4011.1011.5512.5513.4514.4015.4016.4017.3518.4019.4020.5522.37LsLs
Ciroyom (CIR)Ls07.1507.4609.0009.5411.2012.0513.1413.5514.4815.5616.5017.4518.5019.5121.05LsLsLs
Bandung (BD)05.1607.2907.5609.0810.1511.2912.2613.3014.1014.5916.0517.1518.0018.5820.1021.1422.4700.2000.55
Cikudapateuh (CTH)05.2407.3708.0409.1810.2511.3612.3413.3814.1815.0716.1317.2318.0819.0520.1821.2222.55LsLs
Kiaracondong (KAC)03.3004.0005.3107.5208.1109.3010.4011.4312.4913.4714.2515.1516.2017.3918.1819.1220.3421.3423.0000.3001.05
Cimekar (CMK)LsLs05.5308.0508.3509.4510.5311.5613.0214.0114.4015.3016.3217.5418.4319.4920.5721.47
Rancaekek (RCK)03.4804.1706.0108.1308.4610.0011.0112.0913.1514.0914.4915.4716.4018.0218.5120.0221.0921.55
Haurpugur (HRP)Ls04.3306.1208.2108.5810.1411.1112.1713.2314.1714.5915.5816.4818.1319.0320.1521.1722.10
Cicalengka (CCL)03.5804.3906.1908.2709.0410.2011.1712.2313.2914.2315.0516.0216.5418.1919.0920.2121.2322.16

Harga Tiket: Selama stasiunnya berada di rute Padalarang-Cicalengka dikenakan tarif Rp 5.000. Begitupula di rute Padalarang-Kiaracondong dan Kiaracondong-Cicalengka tarifnya Rp 4.000 jauh atau dekat.

Integrasi Antar Moda

Sebagai kereta komuter perkotaan sudah seharusnya jadwal dan rute KA Lokal Bandung Raya terintegrasi dengan sesama lokalan maupun Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Stasiun yang mendukung integrasi ini antar kota antaralain: Stasiun Purwakarta, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Cibatu. Stasiun Purwakarta melayani integrasi dengan KA Walahar Ekspres rute Purwakarta – Cikarang PP.

Untuk integrasi dengan moda transportasi lainnya, tersedia di hampir semua stasiun yang melayani perjalanan KA lokal Bandung Raya. Terutama moda transportasi angkot. Integrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT) yakni Trans Metro Pasundan (TMP) dan Trans Metro Bandung (TMB).

Bus ini tersedia di Stasiun Bandung yakni TMP Koridor 5 Dago-Leuwipajang. Ditambah dua rute TMB: Cicaheum-Cibeureum (arah Cicaheum), dan St. Hall – Antapani. Kemudian di Stasiun Cikudapateuh untuk rute Cicaheum-Cibeureum (TMB) dan Cibiru-Kebon Kalapa (Damri).

Dukungan Untuk Pariwisata

KA Lokal Bandung Raya merupakan alternatif paling pas untuk berwisata dengan harga murah. Sejumlah tempat wisata bisa diakses dengan kereta ini. Walaupun mesti lanjut naik transpiortasi lainnya seperti bus, angkot hingga transportasi online. Berikut tempat wisata yang bisa diakses KA Lokal Bandung Raya

  • Alun Alun Bandung (jalan kaki kurang lebih 10 menit dari Stasiun Bandung)
  • Alun Alun Ujung Berung (Damri Cibiru-Kebon Kalapa dari Stasiun Cikudapateuh ambil arah Cibiru)
  • Saung Angklung Mang Udjo (TMB Cicaheum-Cibeureum dari Stasiun Cikudapateuh ambil arah Cicaheum)
  • Trans Studio Bandung (angkot/transpirtasi online dari Stasiun Kiaracondong)
  • Situ Ciburuy (angkot jurusan Rajamandala dari Stasiun Padalarang)
  • Stone Garden (angkot jurusan Rajamandala dari Stasiun Padalarang)
  • Curug Cimahi (transportasi online dari Stasiun Padalarang)
  • Bendungan Cirata (naik angkot/ojek dari Stasiun Rendeh)
  • Sentra kerajinan Keramik Plered (dekat dengan Stasiun Plered)
  • Situ Wanayasa (angkot/transportasi online dari Stasiun Purwakarta)

Galeri Foto KA Lokal Bandung Raya


Comments

Leave a Reply