KA Lokal Garut Cibatuan melayani rute Purwakarta-Garut PP dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam. Itu kalo full trip. Meski ada rute yang mentok di Padalarang dan Cibatu, itu udah cukup menyebut Komuter rasa KAJJ.
Sebelum lintas Cibatu Garut direaktivasi, kereta ini merupakan KA Lokal Cibatuan. Juga dikenal dengan nama Elok Cibatu. Bukan barang baru memang karena kereta ini sejatinya telah ada sejak dekade 1980-an. Bahkan punya sejarah panjang.
Entah bagaimana asal usulnya, kereta ini di dekade 1990-an juga dikenal dengan nama KA Simandra. Apapun itu keberadaannya telah banyak menjadi penghubung antara Priangan Barat dan Timur. Meski mentok di Cibatu.
Dahulu kereta ini juga pernah menggunakan rangkaian K3 0 76 ex-KRD MCW 301 buatan Nippon Sharyo Jepang. Ongkosnya yang murah memudahkan masyarakat Purwakarta ke Bandung hingga Cibatu. Jangan heran bila kereta ini selalu penuh terutama di akhir pekan.
Pernah sebelum eranya penertiban penumpang sampai membludak ke atas atap. Terlebih bila ada pertandingan sepakbola yang melibatkan klub ikon Jawa Barat. Inimah harus udah siap menerima kemungkinan paling buruk.
Namun pasca penertiban di tahun 2013, nggak boleh ada lagi penumpang nangkring di atap. Semua wajib di dalam gerbong. Sekalipun masih boleh berdiri atau duduk lesehan.
KA Garut Cibatuan Alternatif Murah Jakarta Bandung
Oke itu mungkin singkat aja tentang Lokal Cibatuan. Nanti akan ada pembahasan tersendiri. Sekarang kita balik lagi ke KA Garut Cibatuan. Selain siap mengantar sampai ke Garut, kereta ini sering dijadikan alternatif murah dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya.
Caranya dengan memanfaatkan KRL Commuter Line ke Cikarang lebih dulu. Habis itu pindah ke KA Walahar ikut sampai Stasiun Purwakarta. Nah dari sana barulah melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan KA Garut Cibatuan.
Bila dihitung-hitung ongkosnya malah kurang dari Rp 25.000,00. Hanya saja waktu tempuh perjalanan jadi lebih lama daripada biasanya yang hanya kurang lebih 3 jam. Karena banyak berhenti dan berpindah kereta.
Andalan Pasca Reaktivasi Lintas Legendaris
Tahun 2019 dimulailah tahap reaktivasi lintas Cibatu-Garut. Wacananya bahkan telah ada sejak lama. Lintas tersebut dianggap penting. Khususnya karena Kota Garut sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Priangan Timur.
Lintas ini meskipun sejatinya bukanlah lintas cabang, namun memiliki sejarah panjang. Satu diantaranya ialah pernah dijajal oleh aktor sekelas Charlie Chaplin. Inilah yang membuatnya menjadi legendaris.
Proses pengerjaan dan pemasangan rel dimulai sejak tahun 2019 hingga akhirnya selesai di tahun 2020. Bersamaan dengan pemberlakuan Gapeka 2019. Sebagai rencana awal, lintas akan dioperasikan pada masa angkutan Lebaran 2020.
Namun sayang Pandemi Covid-19 membuyarkan segalanya. Padahal udah ada lho slot untuk lokalan Cibatu-Garut. Bahkan KA Garut Cibatuan sendiri sebetulnya udah terakomodasi di Gapeka 2019 itu.
Dua tahun setelah masa-masa sulit itu, lintas Garut Cibatuan dinyatakan aman untuk dioperasikan secara reguler. KA Garut Cibatuan jadi yang pertama mendapat kesempatan untuk melaju di jalur legendaris tersebut.
PT.KAI memang mengoperasikan juga KA Cikuray rute Garut-Jakarta Pasar Senen. Namun namanya kereta dengan tarif murah tetaplah menjadi andalan. Dengan KA Garut Cibatuan kamu hanya membayar Rp 14.000 untuk sekali jalan. Tersedia juga tarif Rp 7.000 dan 8.000.
Nggak hanya itu, selain rute Garut Purwakarta PP, juga tersedia rute Garut-Padalarang dan Padalarang-Cibatu PP. Tentunya beda rute beda pula tarifnya.
KA Garut Cibatuan Idelanya Punya Kereta Makan?
Resminya status KA Garut Cibatuan adalah kereta komuter. Dioperasikan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI/KAI Commuter). Namun bila dilihat waktu tempuhnya terutama dari Purwakarta ke Garut maupun sebaliknya, itu udah kaya Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Sekali jalan aja udah 7 jam.
Nah disitulah nggak sedikit yang ingin agar komuter yang satu ini punya kereta makan. Sebagaimana KAJJ pada umumnya. Minimal ya ada lah untuk cemilan ringan atau minuman doang.
Seperti halnya KA Lokal Bandung Raya, KA Garut Cibatuan kerap membawa rangkaian kereta makan pembangkit kelas 3. Baik itu tipe KMP3 maupun MP3. Nggak tentu juga sih. Mengingat adanya rollingan dengan KA Lokal Bandung Raya dan Walahar.
Malah nggak jarang juga bawa KP3 atau Kereta Penumpang dan Pembangkit Kelas 3. Walaupun bisa aja diakali dengan tetap menyediakan snack dan minuman. Seperti pernah terjadi di KA Galunggung yang rollingan dengan Lokalan.
Seharusnya sih pake aja ya. Apalagi kalo diamati penumpangnya juga ada yang bawa-bawa koper. Terutama untuk rute Garut-Bandung. Nah bawa-bawa gituan kan pastinya bukan “urang lembur” ya.
Yah, mungkin kita hanya bisa usul doang. Kebijakan ada atau nggaknya kereta makan itu tergantung operatornya. Dalam hal ini KCI atau KAI Commuter.
Galeri Foto
Jadwal Perjalanan KA Lokal Garut Cibatuan
Berikut adalah jadwal perjalanan KA Lokal Garut Cibatuan selengkapnya. Tersedia rute Garut-Purwakarta PP, Garut-Padalarang, dan Cibatu-Padalarang.
Stasiun | KA 448 | KA 442 | KA 482 | Stasiun | KA 447A | KA 451 | KA 441 |
Purwakarta (PWK) | 04.19 | 16.15 | Garut (GRT) | 06.05 | 10.55 | ||
Ciganea (CA) | 04.22 | 16.28 | Wanaraja (WNR) | 06.27 | 11.19 | ||
Sukatani (SUT) | 04.34 | 16.48 | Pasirjengkol (PSJ) | 06.40 | 11.32 | ||
Plered (PLD) | 04.43 | 16.57 | Cibatu (CB) | 04.40 | 06.55 | 11.46 | |
Cikadongdong (CD) | 05.01 | 17.15 | Leuwigoong (LO) | B/S | B/S | B/S | |
Rendeh (RH) | 05.15 | 17.39 | Karangsari (KRAI) | 05.11 | 07.11 | 12.01 | |
Maswati (MSI) | 05.24 | 17.49 | Leles (LL) | 05.22 | 07.22 | 12.11 | |
Sasaksaat (SKT) | 05.37 | 18.08 | Nagreg (NG) | 05.46 | 07.54 | 12.35 | |
Cilame (CLE) | 05.50 | 18.18 | Cicalengka (CCL) | 06.05 | 08.11 | 12.52 | |
Padalarang (PDL) | 06.03 | 06.32 | 21.30 | Haurpugur (HRP) | 06.15 | 08.24 | 12.59 |
Gadobangkong (GK) | B/S | Ls | B/S | Rancaekek (RCK) | 06.36 | 08.44 | 13.19 |
Cimahi (CMI) | 06.16 | 18.42 | 21.43 | Cimekar (CMK) | 06.44 | 08.54 | 13.27 |
Cimindi (CMD) | 06.23 | 18.49 | 21.50 | Gedebage (GDB) | Ls | Ls | Ls |
Ciroyom (CIR) | 06.33 | Ls | 22.02 | Kiaracondong (KAC) | 06.59 | 09.13 | 13.40 |
Bandung (BD) | 06.43 | 19.20 | 22.15 | Cikudapateuh (CTH) | 07.06 | 09.20 | 13.46 |
Cikudapateuh (CTH) | 06.51 | 19.36 | 22.24 | Bandung (BD) | 07.15 | 09.46 | 14.21 |
Kiaracondong (KAC) | 06.58 | 19.45 | 22.41 | Ciroyom (CIR) | 07.23 | 09.55 | Ls |
Gedebage (GDB) | 07.11 | 19.58 | Ls | Cimindi (CMD) | 07.33 | 10.05 | 14.31 |
Cimekar (CMK) | 07.17 | 20.05 | 22.54 | Cimahi (CMI) | 07.40 | 10.12 | 14.38 |
Rancaekek (RCK) | 07.39 | 20.13 | 23.07 | Gadobangkong (GK) | B/S | B/S | Ls |
Haurpugur (HRP) | 07.47 | 20.22 | 23.19 | Padalarang (PDL) | 07.51 | 10.23 | 14.48 |
Cicalengka (CCL) | 08.12 | 20.30 | 23.45 | Cilame (CLE) | 15.05 | ||
Nagreg (NG) | 08.33 | 20.47 | 00.03 | Sasaksaat (SKT) | 15.19 | ||
Leles (LL) | 08.57 | 21.10 | 00.26 | Maswati (MSI) | 15.39 | ||
Karangsari (KRAI) | 09.27 | 21.19 | 00.36 | Rendeh (RH) | 16.09 | ||
Leuwigoong (LO) | Ls | B/S | B/S | Cikadongdong (CD) | 16.19 | ||
Cibatu (CB) | 09.42 | 21.35 | 00.50 | Plered (PLD) | 16.39 | ||
Pasirjengkol (PSJ) | 09.55 | 21.35 | Sukatani (SUT) | 16.49 | |||
Wanajara (WNR) | 10.08 | 22.01 | Ciganea (CA) | 17.04 | |||
Garut (GRT) | 10.29 | 22.23 | Purwakarta (PWK) | 17.15 |
Leave a Reply