kcic halim tegalluar whoosh masih 150 ribu exclude damri

KCIC Halim Tegalluar : Masih Promo 150 Ribu (Exclude Damri)

Perjalanan naik KCIC Halim Tegalluar di bulan November 2023. Pada saat masih menerapkan tarif promo Rp 150.000,00. Sempat ada pemeriksaan selepas Padalarang. Namun harga tiket tersebut belum termasuk Bus Damri menuju Kota Bandung

Pendahuluan

Pada perjalanan sebelumnya dari Bandung ke Halim, terlebih dulu naik Feeder KCIC menuju Stasiun Padalarang. Kemudian pindah ke Kereta Cepat Whoosh dan menikmati perjalanan selama kurang lebih 30 menit ke Halim.

Nah sekarang giliran rute sebaliknya. Hanya saja nggak mentok di Padalarang. Tapi mencoba fulltrip sampai dengan akhir Stasiun Tegalluar. Mumpung waktu itu harga tiketnya masih promo semua Rp 150.000,00. Hal yang membuat animo masyarakat sangat tinggi periode Oktober hingga awal November 2023.

Seperti apakah perjalanan dari Stasiun Halim ke Tegalluar? Gimana pula caranya menuju Kota Bandung dari sana? Apakah Rp 150.000,00 itu udah termasuk transportasi lanjutan?

Sebelum kita lanjut, konten tentang trip sebelumnya dari Bandung ke Jakarta telah dibahas dalam dua pembahasan ini: Feeder KCIC Bandung Padalarang (Sebelum Naik Whoosh), Whoosh Bandung Jakarta (Lanjut LRT Jabodebek Jatibening Baru).

KCIC Halim Tegalluar : Mumpung Masih Promo

saat trip masih berlaku tarif promo 150 ribu

Dari pertengahan Oktober ke awal November 2023 KCIC menerapkan tarif Promo Rp 150.000,00 untuk kereta cepat Whoosh. Sebelumnya ketika masa ujicoba telah menggratiskan moda transportasi canggih itu kepada masyarakat yang ingin menjajal. Terutama mereka yang terdampak proyek.

Ketika tarif Promo Rp 150.000,00 diterapkan untuk seluruh perjalanan, animo masyarakat saat itu sangat tinggi. Kereta terisi penuh di semua jadwal perjalanan. Memang jadwalnya pun telah ditambah dari semula hanya empat kali ketika periode ujicoba.

Nah selagi masih promo itulah coba untuk menjajal Kereta Cepat Whoosh untuk fulltrip sampai Tegalluar. Penasaran aja sih terlebih keberadaan stasiun Tegalluar pun nggak luput dari kontroversi. Lantaran posisinya yang jauh banget dari pusat kota.

KCIC Halim Tegalluar : Antri Panjang di Tap Gate

Pada perjalanan KCIC Halim Tegalluar ini menaiki kereta dengan nomor G1131 yang berangkat dari Stasiun Halim sekitar jam 13.01 WIB. Perjalanan ini nantinya akan ditempuh dalam waktu 45 menit. Sebelum masuk kereta terlebih dulu akan melewati tap gate untuk check in. Di sini antrian cukup panjang lantaran animo masyarakat sangat tinggi.

Perjalanan KCIC Halim Tegalluar : 45 Menit Melewati 11 Terowongan (Ada Razia Juga)

Berhasil melewati tap gate dan check in dinyatakan sukses, selanjutnya langsung menuju kereta bernomor G1131 itu. Kereta telah siap dan disini nggak bisa lama-lama. KCIC menerapkan standard tinggi. 5 menit sebelum berangkat pintu kereta udah ditutup.

Berangkat On Time dari Halim

Masuk ke dalam kereta cepat Whoosh nomor G1131 kondisi udah full seat. Semua tempat duduk terisi oleh penumpang. Hal ini dipengaruhi dua faktor yakni harga tiket masih Promo Rp 150.000,00 untuk semua perjalanan dan jadwalnya belum terlalu banyak. Singkat cerita kereta pun berangkat on time dari Halim. Siap untuk meluncur ke tujuan akhir Tegalluar.

Sejajar Tol Japek dan Top Speed 350 Km/Jam

Di etape awal kereta cepat whoosh terlebih dulu memasuki Tunnel Halim. Sedikit info panjang terowongan ini aja udah melebihi Sasaksaat. Kereta berpindah posisi jadi di sebelah selatan Tol Japek dan berjalan sejajar.

Kecepatan tinggi otomatis membuatnya tak tersusul oleh kendaraan apapun di sebelahnya. Sampailah di daerah Karawang, dimana kereta mencapai top speed (kecepatan maksimum 150 km/jam)

Menerobos 12 Terowongan Termasuk Cikalong Wetan (Tunnel 6)

Setelah menyeberangi Sungai Citarum, kereta cepat whoosh akan mulai memasuki 12 terowongan. Pertama adalah Tunnel 2 atau Jatiluhur. Sesuai dengan posisinya di daerah Jatiluhur. Lalu Tunnel 2 hingga 5.

Kemudian memasuki Tunnel 6 di Cikalong Wetan yang kini menjadi terowongan kereta terpanjang di Indonesia. Keluar dari sana masih ada Tunnel Walini, sampai akhirnya Tunnel 10 di Cihaliwung sesaat sebelum tiba di Padalarang.

Razia Selepas Stasiun Padalarang dan Tunnel 11

Stasiun Padalarang jadi satu-satunya pemberhentian pada perjalanan KCIC Halim Tegalluar ini. Di sini berhentinya 2 menit aja. Banyak penumpang tujuan Cimahi dan Kota Bandung yang turun untuk selanjutnya naik Feeder KCIC tujuan akhir Stasiun Bandung. Nah karena perjalanan kali ini fulltrip otomatis ya nggak turun di sini.

2 menit berlalu Kereta Cepat Whoosh G1131 diberangkatkan lagi. Tinggal satu terowongan lagi yakni Tunnel 11 menerobos Gunung Bohong di Cimahi. Uniknya bersamaan dengan kereta melintas Tunnel 11 ada razia dari petugas. Boleh jadi mencegah agar nggak ada penumpang yang kebablasan atau sengaja bablas-bablasin.

Tiba Stasiun Tegalluar, Kondisi Masih Sepi Banget

45 menit telah berlalu, Kereta Cepat Whoosh G1131 akhirnya tiba di Stasiun Tegalluar. Dalam proses keluar dari stasiun terminus tersebut kondisinya sangat kontras dengan Halim dan Padalarang. Stasiun ujung ini masih sepi banget. Nggak ditemukan ada toko dan semisalnya. Intinya sih masih kosong dari aktivitas komersial. Oke lanjut aja deh ke pintu keluar.

KCIC Halim Tegalluar : Lanjut Damri ke Kota Bandung, Sayang Nggak Gratis dan Lebih Dari 1 Jam!

Selesai Trip KCIC Halim Tegalluar langkah berikutnya adalah menemukan moda transportasi lanjutan yang mengarah ke Kota Bandung. Singkat cerita ketemulah sama bus Damri tujuan akhir Pool Kebon Kawung di depan Stasiun Bandung.

Apakah bus ini gratis layaknya Feeder? Ternyata nggak, Damri memasang tarif sebesar Rp 15.000,00 sekali jalan (waktu itu ya nggak tau sekarang). Ya udah lah tanpa menunggu waktu lama, naiklah ke Bus tersebut. Namun apa yang terjadi setelahnya?

Perjalanan dari Stasiun Tegalluar menuju Pool Kebon Kawung atau Stasiun Bandung memakan waktu lebih dari 1 jam. Sekitar 1 jam 30 menit gitu. Memang sih hal itu banyak dipengaruhi kondisi jalan raya. Terutama traffic light di daerah Kiaracondong.

Nah karena berbayar dan waktu tempuhnya lama, ini kurang direkomendasi. Terutama bagi kamu yang tujuannya ke Pusat Kota Bandung. Juga buat warga yang domisili di daerah Barat, Tengah dan Utara Kota Bandung.

Sama juga warga Cimahi. Lebih baik turun di Padalarang dan naik Feeder KCIC yang lebih cepat dan gratis. Bus Damri ini cocoknya buat warga di Timur dan Selatan Kota Bandung.

Seperti Apa Perjalanan Damri nya?

Nah buat kamu yang penasaran, detail perjalanan Damri nya akan dibahas situs Manglayang ID. Langsung aja ke sini, Naik Damri Tegalluar Bandung : Cover Selatan dan Timur

Kesimpulan

Perjalanan KCIC Halim Tegalluar naik kereta dengan nomor G1131. Waktu tempuh selama 45 menit dengan pemberhentian di Stasiun Padalarang. Turun di Tegalluar tersedia transportasi lanjutan Bus Damri ke Kota Bandung.

Namun sayang ini berbayar dan waktu tempuhnya lumayan lama. Penasaran kaya gimana? Langsung aja ke sini, Naik Damri Tegalluar Bandung: Cover Selatan dan Timur.