Ranggajati Ekonomi New Generation Modifikasi : Maksimal 100 kpj
Tanggal 24 November 2024 Ranggajati Ekonomi New Generation modifikasi gantikan kereta bisnis yang telah 8…
Sarana Lokomotif KA Lodaya 2025 : Nggak Lagi CC206 (Defisit)
Sarana Lokomotif KA Lodaya di Gapeka 2025 mengalami perubahan. Akibat defisit, Sang Macan nggak lagi…
KA Lodaya Stainless Steel G1 : Dua Wajah Setelah Upgrade Sarana
KA Lodaya Stainless Steel G1 mulai dinas akhir tahun 2018. Menggantikan sarana sebelumnya campuran bisnis…
Kereta Logawa Ekonomi Premium : Demi Nyampe Banyuwangi
Kereta Logawa Ekonomi Premium. Nggak mungkin balik Jember. Demi tembus terowongan Grahan dan nyampe Banyuwangi,…
Jadwal KA Logawa New Generation : Lebih dari Ekonomi Plus
Berikut adalah Jadwal KA Logawa New Generation rute Purwokerto Jember PP. Terhitung mulai 18 Agustus…
Kenapa Kereta Bisnis Dihapus? Kini Hanya Tersisa di 3 Kereta Saja!
Kenapa Kereta Bisnis Dihapus? Sebetulnya wacana ini telah ada sejak tahun 2012. PT. KAI disebut…
Sisa Tragedi Bintaro K306601BD : Terancam Jadi Satu Satunya
Kereta Sisa Tragedi Bintaro K306601BD adalah salah satu sarana yang biasa dipakai Commuter Line Bandung…
Kereta Api Lodaya Bisnis : 5 Tahun Untuk Kembalikan Rasa Nyaman
Kereta Api Lodaya Bisnis secara resmi hilang di awal tahun 2019. Sayang penggantinya waktu itu…
KA Ciremai Ekspres : Satu dari Dua Non PSO Tersisa di Priangan
Bersama dengan Pasundan, KA Ciremai Ekspres merupakan rangkaian KA Jarak Jauh yang masih menggunakan sarana…
Railbus Batara Kresna : Sayang Sering Trouble (Padahal Unik)
Railbus Batara Kresna merupakan sarana utama KA Batara Kresna rute Purwosari Wonogiri PP. Memiliki bentuk…
KA Jayabaya New Generation : Sayonara Tembok Ratapan
Tertanggal 17 Oktober 2024 KA Jayabaya New Generation resmi meluncur. Menempatkan kereta dengans sejarah panjang…
KA Dharmawangsa New Generation : Nggak Lagi Serba Tanggung
Bersama Brantas, KA Dharmawangsa New Generation mulai beroperasi 17 Oktober 2024. Menjadikannya kini nggak lagi…
Sarana Kereta Api
Tanpa ada sarana bagaimana kereta api bisa beroperasi? Tentu paling vital di sini ialah keberadaan kereta, gerbong, dan lokomotif demi kelancaran operasional moda transportasi favorit yang satu ini.
Kereta dan Gerbong
Tanpa unit kereta gimana mau beroperasi? Terlihat jelas betapa pentingnya sarana perkeretaapian. Biasanya unit itu terdiri dari kereta dan gerbong. Letak perbedaannya ialah kereta untuk angkutan penumpang dan gerbong untuk barang. Walapun kadang untuk penumpang pun disebut gerbong.
Semuanya membentuk satu rangkaian kereta. Disebut rangkaian kereta api atau trainset. Begitupula dengan gerbong untuk angkutan barang. Bila dirangkaikan dinamakan rangkaian kereta barang.
Lokomotif
Sarana kereta api berikutnya adalah lokomotif. Kebanyakan rangkaian kereta yang ada di Indonesia itu masih butuh lokomotif sebagai penarik. Karena lintas yang belum sepenuhnya terelektrifikasi. Hampir semuanya merupakan lokomotif diesel. Hanya sedikit lokomotif uap dan itupun sebatas untuk kebutuhan pariwisata
Kereta Rel Listrik (KRL)
Kereta Rel Listrik adalah rangkaian kereta yang dijalankan dengan gunakan tenaga listrik. Baik berupa satu rangkaian utuh maupun lokomotif listrik. Sebagai penggerak, listrik tersebut dialirkan lewat pantograf.
Di Indonesia, kereta rel listrik masih dominan untuk angkutan perkotaan atau komuter. Baik berupa rangkaian kereta seperti KRL Jabodetabek, KRL Joglo, MRT Jakarta, hingga LRT yang menggunakan listrik aliran bawah. Untuk antarkota baru ada Kereta Cepat Whoosh.
Kereta Rel Diesel (KRD)
Meski sama-sama nggak butuh lokomotif sebagai penarik, Kereta Rel Diesel berbeda dengan KRL. Sarana yang satu ini digerakkan oleh mesin diesel. Sama seperti KRL, rangkaian KRD juga dipakai untuk kebutuhan angkutan perkotaan. Meski dalam jumlah lebih sedikit.
Saat ini KRD yang masih beroperasi diantaranya: KA Kedungsepur, Commuter Line Prameks, Commuter Line Surokerto, dan Gresik Sidoarjo.
Kereta Inspeksi
Sarana ini hanya dipakai untuk kebutuhan inspeksi. Baik dari sisi operator atau regulator. Hampir semua kereta inspeksi bentuknya KRD, mau punya KAI atau DJKA. Selain itu PT. KAI juga masih punya lori inspeksi yang bentuknya mirip mobil atau dresin.
Kalopun ada yang formatnya rangkaian kereta ditarik lokomotif itu hanya milik DJKA. Kereta dinas dengan lokomotif CC 300 berwarna merah. Meski begitu masih ada satu rangkaian kereta full yakni unit kereta cepat berwarna orange milik KCIC.
Peralatan Khusus Perkeretapian
Masih ada peralatan khusus perkeretaapian lainnya seperti kereta ukur jalan rel (KUJR), kereta penolong, kereta pemeliharaan yang terdiri dari MTT dan PBR. Juga kereta khusus macam Railclinic dan kereta derek yang salah satunya adalah Kirow.
Kereta-kereta ini hanya ada di momen tertentu. Terutama untuk pemeliharaan maupun bila ada suatu kejadian luar biasa.
Bagaimana dengan Luar Negeri?
Sarana kereta api yang dibahas di sini semuanya ada di Indonesia. Mulai untuk angkutan penumpang, barang, sampai kereta-kereta khusus untuk inspeksi dan pemeliharaan. Adapun luar negeri itu masuknya ke wisata. Karena sekali lagi foto atau konten yang ada di sini diambil dari kegiatan perjalanan naik kereta api. Seluruh perjalanan lebih banyak di Indonesia.






