kereta senja utama solo perjalanan malam dari vortenslanden ke jakarta

Kereta Senja Utama Solo Berhenti Dimana Saja? (Jadwal Malam)

Opsi perjalanan malam dari Vortenslanden ke Jakarta. Kereta Senja Utama Solo berhenti dimana saja? Berikut jadwal perjalanannya, disertai sejarah ketika memakai kereta bisnis buatan Yugoslavia hingga jadi Stainless Steel campuran eksekutif dan premium.

Pendahuluan

Kereta yang satu ini pernah memiliki sisi unik yakni beroperasi dengan rangkaian kereta bisnis asal Yugoslavia. Trainset ini berbeda dengan yang umumnya ada di Indonesia waktu itu.

Perbedaan paling nyata ialah hanya memiliki 8 jendela dan celah ventilasi di atas masing-masing jendela tersebut. Juga kursi yang paten berhadapan layaknya KA Ekonomi Plus Kemenhub.

Seiring berjalannya waktu banyak terjadi dinamika. Mulai dari perubahan titik keberangkatan, penambahan kereta eksekutif, hingga penggantian trainset ke Stainless Steel. Seperti halnya KA Fajar Utama Yogya, kereta ini beroperasi di lintas tengah dan selatan.

Namun yang membedakan ialah waktu operasional dan cakupannya. Bila layanan Fajar dan Senja sebelumnya mentok dan mulai jalan dari Stasiun Tugu Jogja, nah kereta senja yang satu ini justru start dari Surakarta.

Sehingga mencakup Vortenslanden secara keseluruhan. Kereta apakah yang dimaksud? Berhenti dimana saja?

Sejarah Singkat Kereta Senja Utama Solo : Dari GOSA Yugoslavia ke INKA Madiun

Yang dimaksud ialah Kereta Senja Utama Solo. Waktu perjalanannya di malam hari.dimulai dari Stasiun Solo Balapan di wilayah Surakarta. Seperti apakah sejarahnya?

Kereta Senja Utama Solo Mulai Beroperasi 14 Oktober 1978

Sebetulnya layanan kereta senja telah ada di awal 1970-an. Namun pada saat itu rutenya masih mentok di Stasiun Tugu Jogja. Jadi belum mencakup Surakarta Hadiningrat.

Di tanggal 14 Oktober 1978 Kereta Senja Utama Solo hadir seolah mengisi kekosongan segmen Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden). Dengan memulai perjalanan dari Solo Balapan.

Gunakan Kereta Bisnis Buatan Yugoslavia

Awal dinas menggunakan kereta bisnis (BW)1 buatan GOSA Yugoslavia. Dimana terdapat sisi unik dibandingkan dengan trainset asal pabrikan lain pada saat itu. Kereta bisnis ini hanya memiliki 8 jendela dengan sedikit tambahan ventilasi di bagian atas masing-masing jendela.

Disamping itu susunan tempat duduknya berbeda. Bila pada umumnya kereta bisnis itu kursinya bisa dibuat mengikuti arah kereta maupun berhadapan, maka di rangkaian ini kursinya paten dan berhadapan 2-2. Layaknya KA Ekonomi Plus Kemenhub. Meskipun secara kapasitas tetap 64 penumpang.

Format kursi kereta bisnis seperti ini hanya ada di dua pabrikan. Selain buatan GOSA, trainset asal Kinki Sharyo Jepang pun memiliki interior seperti ini. Bahkan susunan jendelanya pun sama 8 buah. Beda hanya di kisi ventilasi.

Perjalanan Malam dari Surakarta ke Jakarta

Kereta Senja Utama Solo menghadirkan layanan perjalanan malam dari Solo Balapan ke Stasiun Gambir Jakarta. Berbeda dengan layanan senja yang lain, kereta ini telah mencakup seluruh wilayah Vortenslanden2. Bukan hanya Jogja, tapi juga Klaten dan Surakarta (Solo).

Pindah ke Stasiun Jakarta Pasar Senen

Memasuki dekade 2000-an, Kereta Senja Utama Solo mengalami dinamika perubahan terminus ke Stasiun Jakarta Pasar Senen. Pemindahan ini mengikuti layanan Fajar dan Senja Utama Yogya yang juga telah dipindah.

Sepertinya pemindahan ini lebih disebabkan ingin mengurai kepadatan di Stasiun Gambir Jakarta Pusat. Namun pada akhirnya memang stasiun tersebut lebih dikhususkan untuk kereta-kereta eksekutif. Kecuali jarak menengah tetap dibolehkan yang kelasnya campuran.

Tapi untuk full bisnis mesti pindah ke Stasiun Jakarta Pasar Senen. Nah kereta ini kebetulan masih dengan layanan full kereta bisnis di awal dekade 2000-an. Sehingga harus pindah.

Penambahan Kereta Eksekutif Tahun 2018

Sejak awal dinas 14 Oktober 1978, kereta ini tetap setia dengan layanan full kereta bisnis. Dinamika baru terjadi di tahun 2018, sekitaran bulan Maret. Kereta ini mulai ditambahkan layanan kereta eksekutif. Awalnya hanya 2 kereta. Namun perkembangan selanjutnya jadi 4 kereta. Sehingga berubah jadi campuran eksekutif-bisnis

2019 Stainless Steel PT. INKA Madiun : Eksekutif-Premium

Puncak dari segala dinamika ialah tahun 2019. kereta ini kebagian trainset baru berbody stainless steel dari PT. INKA Madiun. Trainset baru tersebut ialah campuran kereta eksekutif dan ekonomi premium. Nah sejak saat itu berakhirlah kiprah kereta bisnis yang telah eksis selama kurang lebih 41 tahun.

Jadwal Kereta Senja Utama Solo : Perjalanan Malam dari Vortenslanden

Setelah membahas sedikit tentang sejarahnya, Untuk menjawab pertanyaan keretanya berhenti dimana saja seperti pada judul di atas, berikut adalah jadwal perjalanan berdasarkan Gapeka 2023 yang berlaku 1 Juni 2023.

Kereta Senja Utama Solo Berhenti Dimana Saja? Ini Jadwalnya (Gapeka 2023)

Perjalanan Malam dari Vortenslanden Berhenti di Karanganyar dan Sumpiuh

Kereta Senja Utama Solo menyediakan layanan perjalanan malam dari Vortenslanden ke Jakarta. Memulai perjalanannya dari Stasiun Solo Balapan. Namun ada sedikit keunikan. Di Kabupaten Kebumen, kereta ini justru berhenti di Stasiun Karanganyar. Bukan Kebumen atau Gombong.

Padahal dua stasiun tersebut banyak disinggahi kereta-kereta komersial. Secara kereta ini juga termasuk yang statusnya komersial. Selain itu juga turut mengakomodasi warga Banyumas Selatan via Stasiun Sumpiuh.

Kereta Senja Utama Solo Tetap Layani Stasiun Utama

Namun demikian, kereta ini tentunya tetap melayani stasiun-stasiun utama yang ada di Lintas Selatan dan Tengah. Diantaranya Stasiun Tugu Jogja, Kutoarjo, Kroya, Stasiun Kereta Api Purwokerto, dan Cirebon.

Kesimpulan

Mulai dinas 14 Oktober 1978 dengan layanan full kereta bisnis dan menggunakan rangkaian buatan GOSA Yugoslavia, kereta ini mengalami beberapa dinamika dalam sejarahnya. Terutama perubahan layanan, rangkaian kereta, hingga terminus (titik akhir).

Lantas Kereta Senja Utama Solo berhenti dimana saja? Dalam perjalanannya dari Vortenslanden ke Jakarta, kereta ini berhenti di stasiun-stasiun utama seperti Stasiun Tugu Jogja, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, dan Cirebon.

Bagi masyarakat Kabupaten Kebumen bisa naik dari Karanganyar dan Banyumas Selatan dilayani di Stasiun Sumpiuh.

Galeri Foto

Video


  1. Sebelum tahun 1986, rangkaian kereta diklasifikasikan sebagai AW untuk kereta eksekutif (kelas 1), BW untuk kereta bisnis (kelas 2/utama), dan CW untuk kereta ekonomi (kelas 3). W di sini artinya Wagon atau disebut juga kereta penumpang. ↩︎
  2. Vortenslanden (bahasa Belanda) artinya tanah raja-raja. Istilah ini merujuk pada dua wilayah utama Kesultanan Mataram yakni Ngayogyakarta Hadiningrat (Jogjakarta) dan Surakarta Hadiningrat yang di dalamnya juga mencakup Klaten dan sekarang disebut juga Solo Raya. ↩︎