Lokomotif CC 206 Narik KA Lokal Jarang Jarang Nih

Lokomotif CC 206 Narik KA Lokal Jarang Jarang Nih

Pada umumnya Lokomotif CC 206 narik KAJJ Unggulan. Meskipun ada yang rutin, si Puong bawa KA Lokal Baraya bener-bener jarang lho. Hmm, kapan ya?

Pendahuluan

Lokomotif CC 206 alias Si Puong mulai berdinas dan menghiasi jagad perkeretaapian Indonesia di tahun 2013. Awal kedatangannya sebetulnya diproyeksikan untuk menarik rangkaian kereta barang seperti Kontainer ataupun pengangkut batubara.

Meski demikian pada akhirnya si Puong juga bawa kereta penumpang. Nah sebagai loko paling baru saat itu didinaskan di kereta-kereta komersial. Utamanya yang unggulan atau paling nggak kereta eksekutif.

Seiring berjalannya waktu, Si Puong jadi lebih identik dengan KAJJ Komersial dan unggulan. Ketimbang kereta barang sebagaimana proyeksi awal. Namun pernah ada satu momen dimana si Puong malah nguli lokalan. Lho kok bisa?

Lokomotif CC 206 Ada Alokasi Untuk Lokal Perintis

Sebetulnya Lokomotif CC 206 membawa KA Lokal itu bukan sesuatu yang aneh. Karena si lokal itu memang mendapatkan alokasi. Contohnya ialah KA Siliwangi yang statusnya KA Lokal Perintis.

Lokalan yang melayani rute Sukabumi-Ciranjang PP ini dari awalnya memang selalu dibawa si Puong. Kondisi lintasan yang ada sepertinya lebih bisa ditaklukkan si anak baru ini. Ketimbang gunakan CC 201 atau CC 203.

Nah dalam kasus ini sepertinya udah jadi hal biasa. Jadi udah nggak aneh lagi lah. Ditambah kondisi lintasan juga dan masih kena taspat (pembatasan kecepatan) pula. Makanya KA Siliwangi dibawa Puong mah nggak aneh.

Nguli KA Lokal Bandung Raya? Jarang Banget!

Nah di tahun 2019 beberapa kali si Puong kedapatan membawa KA Lokal Bandung Raya. Inilah kejadian yang amat jarang terjadi. Terlebih bila melihat kondisi lintasan Padalarang – Cicalengka itu semuanya lurus.

Bukan tipikal lintas seperti Cianjuran. Malah jalur yang dilewati KA Elok Cibatu (kini KA Lokal Garut Cibatuan) jelas-jelas pegunungan nyaris belum pernah kebagian dibawa Puong.

Nggak hanya di 2019, menjelang akhir 2018 pun pernah terjadi Lokomotif CC 206 membawa dinas KA Lokal Bandung Raya. Dimana kala itu situasinya lagi banyak delay. Bahkan Lokal yang ditarik Puong itupun termasuk yang kena delay.

Adapun di 2019 kejadian Si Puong nguli Lokal Baraya biasanya karena nggak ada lagi alokasi CC 201 atau CC 203. Ketika armada keduanya sedang dalam status perawatan di Dipo Lokomotif Bandung.

Kebetulan ada si Puong nganggur jadilah nguli lokal. Lantas gimana dengan KAJJ nya? Biasanya KAJJ itu memakai Puong dari Dipo lain. Nggak jarang bahkan sering punya Dipo Jatinegara (sekarang Cipinang), Jogja hingga Sidotopo dipake.

Lokomotif CC 206 Nguli Lokal di 2019

Jadi kesimpulannya Lokomotif CC 206 pernah membawa dinas KA Lokal Bandung Raya di tahun 2019. Walaupun jarang-jarang tapi udah cukup jadi momen tersendiri. Karena si Puong dipake akibat ketiadaan sarana yang biasa dipake sama KA Lokal.

Galeri Foto

Leave a Reply

%d bloggers like this: