museum lawang sewu infografis koleksi miniatur dan replika

Museum Lawang Sewu : Infografis, Koleksi, Miniatur dan Replika

Museum Lawang Sewu dibuka pasca renovasi selesai. Menawarkan wisata edukasi seputar perkeretaapian Indonesia. Terdapat infografis, koleksi benda bersejarah, miniatur hingga replika loko uap, si bon bon, dan dua terowongan di Jawa Barat

Prologue

Salah satu destinasi wajib yang mesti dikunjungi manakala traveling ke Kota Semarang. Letaknya sangat strategis. Berada tepat di pusat kota. Percis di depan Tugu Pemuda yang jadi saksi sejarah pertempuran 5 hari untuk mempertahankan kemerdekaan. Destinasi wajib ini juga menawarkan wisata sejarah. Khususnya tentang dunia sepur.

Bangunan Bersejarah Sempat Terlantar

Bangunan bersejarah ini ialah Lawang Sewu Semarang. Mulai dibangun tahun 1904 dimana awalnya adalah kantor administratif operator kereta api NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij) yang memiliki jaringan rel kereta api Semarang – Surakarta, Lintas Kereta Api Mataram, hingga Batavia-Buitenzorg.

Seiring berjalannya waktu Lawang Sewu Semarang sempat beralih fungsi jadi markas militer dan kantor pemerintahan. Meski masih sempat juga dipakai untuk kantor kereta api hingga 1992. Namun setelahnya bangunan bersejarah ini sempat terlantar hingga menimbulkan kesan horor.  

Tahun 2010 Lawang Sewu Semarang direnovasi dan akhirnya dibuka lagi sebagai salah satu destinasi wisata sejarah perkeretaapian Indonesia. Keberadaannya telah menjadi semacam icon Kota Semarang dan destinasi wajib kala berkunjung ke sana.

Museum Lawang Sewu : Koleksi Benda Bersejarah

Jadi destinasi wisata sejarah perkeretaapian Indonesia, sah-sah aja bila menyebutnya sebagai Museum Lawang Sewu. Toh di dalamnya juga banyak mengoleksi benda-benda bersejarah. Tentunya yang berkaitan dengan si ular besi ya.

Museum Lawang Sewu : Infografis dan Timeline Kereta Api Indonesia

Sebagaimana lazimnya museum zaman sekarang yang banyak menampilkan infografis sejarah dalam bentuk timeline. Sama juga di sini. Bedanya lebih ke timeline Kereta Api Indonesia sejak pertama kali beroperasi melayani Semarang dan Tanggung.

Infografis sejarah Lawang Sewu itu sendiri, Stasiun Ambarawa yang sekarang juga udah dijadikan museum, hingga Stasiun Samarang (pertama di Indonesia). Nama terakhir ini bekasnya udah susah ditemukan. Terkepung perumahan penduduk. Masih ada lagi infografis dengan tema kereta api dan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Di bagian infografis ini turut menampilkan peta jalur kereta api di Indonesia. Terutama di pulau Sumatera, Jawa, dan Madura. Terutama peta berbahasa Belanda dan tentu saja mencakup lintas aktif dan non aktif. Koleksi Buku tentang Kereta Api juga ada dan dipajang.

Foto-Foto Kereta Api Jaman Dulu

Namanya aja museum masa iya nggak ngoleksi foto jadul? Nah di sini ada koleksi foto jadul tentang si ular besi. Termasuk foto sejarah Gerbong Maut Bondowoso, suatu peristiwa bersejarah yang terjadi pada saat Agresi Militer Belanda ke-1.

Peristiwa itu terjadi ketika tentara Belanda hendak memindahkan tawanan pejuang dan warga sipil dari Bondowoso ke Penjara Bubutan di Surabaya. Transportasi yang dipakai ialah kereta barang. Tentang ini pernah dibahas di Agresi Militer Belanda 1 dan Gerbong Maut Bondowoso.

Para tawanan dimasukkan ke gerbong barang dan setibanya di Surabaya banyak yang tewas karena kehabisan oksigen. Lebih detilnya bisa kamu baca di sini Tragedi Gerbong Maut Bondowoso Suatu Kebiadaban. Selain itu terdapat pula foto seputar perkeretaapian Indonesia.

Museum Lawang Sewu : Aneka Miniatur Kereta Api

Di sini juga terdapat koleksi aneka miniatur kereta api. Mulai dari lokomotif uap, kereta penumpang dan barang, hingga miniature bangunan Museum Lawang Sewu itu sendiri dan Stasiun Ambarawa yang juga telah menjadi destinasi wisata sejarah.

Namun untuk miniaturnya hanya sebatas pajangan ya. Nggak berjalan seperti yang ada di Floating Market Lembang. Namanya aja museum boleh jadi sebatas mengoleksi miniatur kereta jadul aja.

Replika Loko Uap, Si Bon Bon, Terowongan di Jawa Barat

Keberadaan Lokomotif Uap C2301 di halaman depan Museum Lawang Sewu, Replika Si Bon Bon di halaman dalam, hingga dua terowongan legendaris di Jawa Barat. Terowongan Lampegan sebagai yang tertua di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Juga Sasaksaat, termasuk salah satu terowongan aktif terpanjang.

Kesimpulan

Sempat terlantar dan menimbulkan kesan horor, bangunan bersejarah ini direnovasi tahun 2010 dan kini menjadi Museum Lawang Sewu, destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika traveling ke Kota Semarang.

Di sini menyimpan berbagai infografis dan timeline, foto-foto seputar Perkeretaapian Indonesia. Juga miniatur lokomotif, kereta, Stasiun Ambarawa, dan tentunya gedung museum itu sendiri.

Nggak ketinggalan di sini juga punya lokomotif uap C2301 yang dipajang di halaman depan. Replika si Bon Bon hingga dua terowongan legendaris di Jawa Barat yakni Terowongan Lampegan dan Sasaksaat.

Galeri Foto