1 2 3 4 5 6 7 8 9

Sarana Kereta Api

Tanpa ada sarana dan pra sarana bagaimana kereta api bisa beroperasi? Tentu paling vital di sini ialah keberadaan jaringan rel dan stasiun atau pos pemberhentian. Namun ada juga fasilitas lain yang tak kalah penting demi kelancaran operasional moda transportasi favorit ini.

Kereta (Gerbong), Jembatan, dan Terowongan

Tanpa unit gimana kereta mau beroperasi? Terlihat jelas betapa pentingnya sarana perkeretaapian. Biasanya unit itu terdiri dari kereta atau gerbong. Letak perbedaannya ialah kereta untuk angkutan penumpang dan gerbong untuk barang. Walapun kadang untuk penumpang pun disebut gerbong.

Semuanya membentuk satu rangkaian kereta. Disebut rangkaian kereta api atau trainset. Begitupula dengan gerbong untuk angkutan barang. Bila dirangkaikan dinamakan rangkaian kereta barang.

Sarana penting kedua ialah jembatan kereta api. Biasanya jembatan ini menghubungkan dua titik yang dipisahkan aliran sungai atau objek lainnya. Juga penghubung dua lembah seperti Jembatan Kereta Cikubang. Terakhir ialah terowongan. Ini juga sarana penting terutama di jalur pegunungan. Kesulitan membangun lintasan curam bisa diatasi dengan terowongan.

Museum dan Sarana Edukasi Kereta Api

Museum adalah sarana terutama berkaitan dengan edukasi sejarah kereta api. Pembangunan jaringan perkeretaapian dimanapun itu tak bisa lepas dari faktor sejarah. Begitupula pengoperasian biasanya ada latar belakang sejarah. Fungsi museum untuk mempelajari sejarah perkeretaapian.

Terkadang ada museum yang juga menyajiikan wisata kereta api seperti di Museum Kereta Api Ambarawa. Di sini bukan sekedar menawarkan nostalgia berwisata dengan kereta kuno. Tapi tetap ada spirit edukasi perkeretaapian Indonesia.

Ada juga objek wisata dengan kereta api kuno sebagai wahananya namun bukan seperti Museum Ambarawa. Meski begitu tetap bisa belajar tentang sejarah perkeretaapian di sana. Contohnya Agrowisata Sondokoro Tasikmadu di Kabupaten Karanganyar Solo.

Stasiun Kereta Api

Pastinya sarana yang satu ini wajib ada, kalo nggak ada dimana kereta api bisa melayani penumpang? Minimal ada semacam pos pemberhentian kecil itu udah bisa disebut sarana dalam bentuk Stasiun Kereta Api.

Dalam konteks ini menyajikan profil Stasiun Kereta Api yang ada di Indonesia. Tentunya stasiun tersebut harus aktif melayani penumpang. Kalo statusnya non-aktif nggak bisa masuk ke sini, tapi di sejarah.

Bagaimana dengan Luar Negeri?

Untuk katagori Stasiun Kereta Api jelas yang ada dan beroperasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Statusnya pun masih aktif. Jadi untuk konten stasiun luar negeri masuknya ke Museum dan Wisata Kereta Api. Karena kan dikunjungi saat sedang berwisata ke luar negeri. Semua yang luar negeri mau stasiun atau apapun dihitung Wisata.