Rekonstruksi Ulang Sejarah KA Parahyangan : Ternyata Beda Kereta
Kembali dinas mulai 1 Februari 2025, sejarah KA Parahyangan ternyata harus direkonstruksi ulang. Apalagi setelah…
Gapeka 2025 dan 2019 : Banyuwangi vs Jakarta Addict
Gapeka 2025 dan 2019 punya satu kesamaan yakni perpanjangan relasi KA Jarak Jauh. Memang hanya…
Cerita Tawang Jaya Premium : Downgrade Duksar 2019
Apa yang dialami KA Logawa ternyata pernah juga terjadi di Tawang Jaya Premium. Kereta yang…
Jalur KA Cikampek Cirebon : Ketika SS Ramaikan Lintas Pantura
Staats Spoorwegen (SS) membangun shortcut kedua yakni Jalur KA Cikampek Cirebon tahun 1912-1917 sebagai bagian…
Kereta Api Jakarta Tegal : Mulai Beroperasi 1984 (Rute Khusus)
Kereta Api Jakarta Tegal dengan rute khusus tersebut mulai beroperasi tahun 1984 sebagai KA Ekspres…
Jalur Kereta Api Cirebon Kadipaten : Saksi Kejayaan Pabrik Gula
Jalur Kereta Api Cirebon Kadipaten merupakan percabangan yang dibangun SCSM tahun 1901. Faktor ekonomi jadi…
Sejarah Si Ular Besi
Kata presiden pertama kita Jasmerah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah) atau kamu akan ditelan olehnya. Tentunya di sini yang berkaitan dengan dunia perkeretaapian, khususnya di Indonesia. Dimana roda besi pertama kali berputar pada tahun 1867.
Edukasi Sejarah Perkeretaapian Indonesia
Konten artikel pada katagori ini tentunya berkaitan erat dengan edukasi sejarah perkeretaapian Indonesia. Seperti diketahui, perkeretaapian Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai dari Semarang pada tahun 1867 kemudian semakin berkembang seiring berjalannya waktu.
Kereta Api sangat penting dalam menunjang kegiatan perekonomian masyarakat. Berkat keberadaan moda transportasi tersebut perekonomian suatu wilayah bisa berkembang pesat. Pertama kali ada di Indonesia juga nggak bisa dilepaskan dari faktor ekonomi. Khususnya dalam hal pengangkutan hasil bumi. Disamping untuk angkutan penumpang juga.
Sejarah Kereta Api Berkaitan Dengan Peradaban
Dalam sejarahnya kereta api dimanapun itu turut membangun peradaban di suatu daerah. Adanya kereta api membuat pola transportasi masyarakat jadi berubah. Sebagai contoh di suatu daerah masih mengandalkan gerobak buat moda transportasi. Namun ketika kereta api hadir semuanya itu berubah. Di sinilah terjadi perubahan budaya yang berdampak pada peradaban suatu wilayah.
Dengan adanya kereta api, kegiatan mengangkut hasil bumi misalnya jadi lebih efektif dan efisien. Ketimbang masih harus dibawa gerobak apalagi kuli panggul yang sangat terbatas. Kereta api merupakan moda transportasi modern. Maka dari itu ketika dibuka jaringannya disebuah daerah disitulah turut merubah peradaban menjadi lebih modern.
Karena pengoperasian kereta api untuk kali pertama mempengaruhi peradaban suatu daerah, maka dipandang perlu bila di situs ini ada pembahasan tentang sejarah si ular besi. Khususnya di Indonesia.
Peristiwa Luarbiasa Hebat (PLH) Juga Masuk Walaupun Dark
Jika berbicara di konteks ini, sejumlah peristiwa bersejarah pun bisa dimasukkan. Salah satu yang masuk ke sini ialah konten tentang beberapa Peristiwa Luarbiasa Hebat (PLH) yang pernah terjadi di Indonesia. Walaupun terdengar menyerampan dan dikatagorikan sebagai Dark History, sejarah tetaplah demikian. Nggak boleh dilupakan. Namun di sini kita hanya mengambil pelajaran saja. Bukan menceritakan sisi lain, misalnya yang menyeramkan
Bagaimana Dengan Luar Negeri?
Apakah sejarah kereta api luar negeri bisa dimasukkan ke sini? Secara kontekstual jelas bisa. Namun karena pokok bahasan telah dibatasi hanya Indonesia saja, untuk luar negeri tetap dimasukkan di katagori wisata.