Stasiun Blok M BCA Aslinya Rencana Lama

Stasiun Blok M BCA Aslinya Rencana Lama

Stasiun Blok M BCA sejatinya udah direncanain sejak dekade 1990-an. Banyak wacana tentang format kereta. Namun pada akhirnya baru bisa ditembus si ular besi di tahun 2019. Lama banget ya?

Pendahuluan

Tahun 1990-an kawasan Blok M merupakan tongkrongan favorit kaum muda ibukota. Kesan tongkrongan elite juga sangat melekat di sini. Setiap akhir pekan daerah ini selalu ramai pengunjung.

Sayangnya transportasi umum ketika itu masih sebatas ban karet. Khususnya bus kota dengan segala variannya. Ya tau sendiri lah kaya gimana sih kondisi bus kota di Jakarta pada dekade 1990-an.

Memang sih ada yang dibilang lumayan seperti bus RMB. Cuma rutenya itu nggak menjangkau semua kawasan. Walaupun ada rute menuju Blok M. Sehingga kendaraan pribadi tentunya sangat dominan

Sukses Lintas Elevated Manggarai Jakarta Kota

Di tahun 1992 perkeretaapian ibukota memasuki babak baru. Lintas elevated atau jalur layang berhasil terbangun menghubungkan Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota.

Pembangunan lintas elevated bertujuan agar perjalanan kereta api, khususnya perkotaan seperti KRL Jabodetabek, nggak mengalami hambatan. Pasalnya perlintasan (JPL) yang ada kerap menimbulkan kemacetan.

Sukses terbangunnya lintas elevated membuka wacana pembangunan jalur kereta api baru dari Jakarta Kota ke Blok M. Awalnya wacana perluasan layanan KRL Jabotabek. Kemudian berkembang jadi LRT dan MRT.

Bahkan pernah ada wacana jalur double deck di sepanjang jalur Blok M-Kota. Double deck yang dimaksud ialah Jalan Tol di atas jalan protokol eksisting dan di paling atas dibangun jalur LRT

Lebih Dulu Dilayani Transjakarta

Sayang sekali hanya sebatas wacana. Sampai terjadi krisis ekonomi 1998 yang mengakibatkan terjadinya transisi pemerintahan. Baru di 2004 koridor Blok M – Kota bisa ditembus transportasi umum layak. Itupun masih ban karet.

Ban karet yang dimaksud ialah layanan Transjakarta atau Busway. Pemprov DKI kala itu lebih memilih yang investasinya nggak terlalu tinggi, tanpa pembebasan lahan, dan masih bisa memanfaatkan jalan yang ada.

Maka dipilihlah Busway yang diadaptasi dari sistem layanan transportasi bus di Kota Bogota Kolombia. Meski telah ada busway, wacana Blok M ditembus si ular besi masih terus bergulir, khususnya MRT Jakarta.

MRT Jakarta dan Stasiun Blok M BCA

Hingga akhirnya di tahun 2019 si ular besi bisa menapaki roda besinya di kawasan Blok M. Di bulan Maret 2019 MRT Jakarta resmi beroperasi. Diawali dengan tahap ujicoba dimana masyarakat bisa menggunakan secara gratis.

Tentunya nggak asal gratis. Tapi daftar lewat sebuah marketplace ternama untuk selanjutnya membawa semacam boarding pass dari situ. Adapun MRT Jakarta yang beroperasi itu ialah Fase 1 Bundaran HI – Lebak Bulus.

Blok M adalah bagian dari Fase 1 tersebut. Dimana terdapat Stasiun Blok M BCA (pada masa ujicoba namanya masih Blok M tanpa embel-embel). Setelah menunggu hampir 3 dekade, akhirnya kawasan Blok M ditembus si ular besi.

Terhubung Blok M Plaza

Di antara nilai tambah dari Stasiun Blok M BCA ialah terhubung langsung dengan Blok M Plaza. Nah mall ini juga telah eksis sejak awal dekade 1990-an. Makanya nggak heran kalo stasiun itu hampir selalu ramai.

Stasiun Blok M BCA seperti telah “menghidupkan kembali” Blok M Plaza. Pasalnya di akhir dekade 1990-an, pamor Blok M Plaza kian meredup. Terlebih setelah ada pusat perbelanjaan lainnya di kawasan senayan yang jadi pesaingnya.

Stasiun Blok M BCA ke Terminal dan Melawai

Meski nggak terintegrasi secara langsung seperti halnya Stasiun Lebak Bulus Grab, Terdapat akses juga menuju Terminal Bus Blok M dan pusat perbelanjaan lainnya seperti Blok M Square di Melawai yang masih satu kawasan.

Nah di Terminal Blok M ini bisa mengakses layanan Transjakarta. Namun untuk mendapatkan tarif integrasi disarankan menggunakan layanan Transjakarta BRT yang dalam koridor. Misalnya Koridor 1 Blok M – Kota.

Kesimpulan

Stasiun Blok M BCA secara resmi beroperasi tahun 2019 bersamaan dengan MRT Jakarta. Namun sejatinya si ular besi telah diwacanakan ke Blok M sejak awal dekade 1990-an. Itu artinya baru benar-benar ditembus hampir 3 dekade.

Stasiun ini terhubung langsung dengan Blok M Plaza. Juga terdapat akses menuju Terminal Blok M dan pusat perbelanjaan lainnya di sekitaran Melawai yang masih dalam satu kawasan Blok M.

Galeri Foto

Video Stasiun Blok M BCA

InSyaaAlloh video tentang Stasiun Blok M BCA akan mulai tayang hari Jum’at tanggal 4 November 2022. Ditunggu aja ya!!