stasiun ka tasikmalaya stasiun utama di kota santri

Stasiun KA Tasikmalaya : Stasiun Utama dan Terbesar Kota Santri

Stasiun KA Tasikmalaya adalah stasiun utama dan terbesar di kota santri. Dengan 6 jalur dan sistem persinyalan elektrik. Pernah memiliki percabangan ke Singaparna. Kini melayani semua perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Pendahuluan

Pembangunan jalur kereta dari Garut ke Cilacap yang menyambung dengan Jalur kereta Cilacap Jogja melewati beberapa kota penting di Priangan Timur. Salah satunya ialah Tasikmalaya. Sebetulnya di daerah ini terdapat beberapa stasiun lagi. Namun hanya satu yang dijadikan pintu masuk utama.

Dengan memiliki 6 jalur kereta, stasiun ini merupakan yang terbesar sekaligus stasiun utama di wilaah Kota Santri tersebut. Saat ini disinggahi semua kereta api jarak jauh (KAJJ). Terutama untuk rute Bandung atau yang melewati jalur selatan Jawa Barat.

Posisinya cukup strategis. Nggak terlalu jauh dengan Alun Alun Kota Tasikmalaya. Begitupun Masjid Agung Kota Tasikmalaya hanya berjarak kurang lebih 1,5 km. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Stasiun KA Tasikmalaya : Mulai Dibuka Tahun 1894

Seperti halnya stasiun lainnya di koridor lintas dari Garut ke Cilacap, Stasiun KA Tasikmalaya mulai dibuka tahun 1894. Sejak saat itu menjadi bagian dari Westerlijnen atau Lintas Barat Transjawa yang terhubung hingga Stasiun Tugu Jogja. Keberadaan stasiun ini tentu sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat dan perekonomian Tasikmalaya.

Stasiun KA Tasikmalaya : Stasiun Utama dan Terbesar

Sebenarnya di wilayah Tasikmalaya terdapat beberapa stasiun kereta seperti Stasiun CIrahayu. Sayangnya posisinya sangat terpencil. Juga yang lainnya nggak ubahnya hanya stasiun kelas 3.

Bahkan di tahun 1894 boleh jadi masih berupa halte atau Stopplast. Nah Stasiun KA Tasikmlaya menjadi stasiun utama dan terbesar di sini. Posisi sebagai stasiun utama juga terlihat dari jumlah lintasan dan fasilitas yang ada. Di sini terdiri dari 6 jalur.

Bukan hanya fasilitas untuk angkutan penumpang. Juga tersedia gudang untuk angkutan barang. Saat ini stasiun telah menggunakan sistem persinyalan elektrik. Padahal mayoritas di Priangan TImur masih persinyalan mekanik.

Pintu Masuk Kota Santri

Stasiun inipun menjadi pintu masuk utama Kota Santri. Posisinya sangat dekat dengan pusat kota. Makanya dijadikan stasiun utama. Bahkan sekarang aja melayani semua perjalanan KAJJ jalur selatan yang lewat Bandung.

Jadwal Stasiun KA Tasikmalaya

kurang lengkap rasanya kalo nggak sekalian menyertakan jadwal perjalanan kereta api di Stasiun Tasikmalaya. Dimana stasiun utama ini melayani semua perjalanan KAJJ lintas selatan Jawa Barat. Terdapat 30 perjalanan, masing-masing 15 arah barat dan 15 ke timur. Berikut Jadwal Lengkapnya:

Stasiun Tasikmalaya Arah Barat (Bandung sampai Jakarta)

Stasiun Tasikmalaya Arah Timur (Purwokerto, Yogyakarta sampai Surabaya)

Alun Alun dan Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Terdapat dua objek wisata dekat Stasiun KA Tasikmalaya. Pertama Alun Alun Kota Tasikmalaya. Di sini juga terdapat kantor bupati. Selain taman rekreasi untuk masyarakat.

tak jauh dari alun alun dan masjid agung kota tasikmalaya

Kedua, Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Namun di sini posisi masjid dan Alun Alun sedikit berjauhan. Berbeda dengan alun-alun utama pada umumnya dimana masjid agung berada di dekatnya. Untuk masjid akses dari stasiun tinggal lurus sejauh kurang lebih 1,5 km.

Kesimpulan

Stasiun KA Tasikmalaya merupakan stasiun utama dan terbesar yang ada di Tasikmalaya. Juga merupakan pintu masuk Kota Santri tersebut. Di sini melayani perjalanan KA Jarak Jauh di jalur selatan jawa Barat. Tercatat 30 perjalanan setiap harinya. 15 arah barat dan 15 arah timur. Dua objek wisata terdekat: Alun Alun dan Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Galeri Foto