Stasiun Kutoarjo Purworejo Cerita Tempat Transit

Stasiun Kutoarjo Purworejo Cerita Tempat Transit

Stasiun Kutoarjo Purworejo sekilas memang biasa aja. Namun demikian punya nilai strategis sebagai tempat transit. Terutama dari Bandung ke Jogja dan Solo dengan ongkos murah. Juga akses termudah dan hemat ke kawasan wisata Borobudur dan sekitarnya.


Konten ini sebelumnya pernah tayang di situs Manglayang ID dengan Judul Stasiun Kutoarjo, Akses Ke Kota Tujuan Wisata. Sehubungan dengan situs tersebut akan diperuntukkan konten Pariwisata dan Transportasi Umum non-Kereta Api, maka semua konten kereta api nya diarsipkan dan direpackage di sini.

Bagi kamu yang penasaran dan membaca konten lama tersebut bisa di download di sini:


Biasa aja dan nggak terlalu istimewa. Begitulah gambaran singkat tentang kota kecil Bernama Kutoarjo. Sebagai bagian dari Kabupaten Purworejo. Tempat yang bisa dibilang objek wisata pun paling sebatas Alun Alun Kutoarjo.

Namun bagi traveler yang biasa naik kereta api lewat jalur selatan. Mungkin tempat ini udah nggak asing lagi. Sebab kereta api dari Jakarta dan Bandung via selatan pastinya akan lewat sini. Bukan sekedar lewat tapi juga berhenti di sini.

Stasiun Kutoarjo Purworejo, Layani Semua Perjalanan Kereta Api

Stasiun Kutoarjo Purworejo memang bukan stasiun kecil nan sakti seperti Cipeundeuy di Kabupaten Garut. Stasiun ini termasuk stasiun besar dengan fasilitas standard. Terdapat tempat untuk menyimpan rangkaian kereta api yang bisa dibilang sebagai Dipo.

Secara sering kita jumpai ada rangkaian kereta stempelnya KTA yang notabene adalah kode Stasiun Kutoarjo. Nggak hanya untuk kereta, stasiun ini juga punya sub dipo Lokomotif.

Nah karena termasuk stasiun besar rasanya nggak afdhol kalo layanannya pun terbatas. Maka dari itu di sini melayani semua perjalanan kereta api. Termasuk kereta-kereta komersial menengah ke atas yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Kebanyakan kereta api tersebut rutenya nggak berakhir di stasiun ini. Meski ada juga yang memang terminusnya di Stasiun Kutoarjo Purworejo. Untuk komersial sebut aja KA Kutojaya Utara dan KA Sawunggalih dari Jakarta Kota dan Jakarta Pasar Senen.

Sedangkan untuk layanan kereta ekonomi PSO, satu-satunya yang masih jalan ialah KA Kutojaya Selatan dari Stasiun Kiaracondong Kota Bandung. Cuma itu aja kereta ekonomi PSO yang perjalanannya berakhir di Kutoarjo.

Stasiun Transit Menuju Jogja dan Solo

Ngomong-ngomong soal KA Kutojaya Selatan, kereta ini merupakan alternatif perjalanan murah dari Bandung ke Jogja hingga Solo. Tarifnya Rp 62.000 saja dan bila dilanjut naik KA Prameks ke Jogja atau mau nyambung lagi ke Solo naik KRL Joglo maka totalnya bahkan masih dibawah KA Kahuripan.

Karena itu Stasiun Kutoarjo Purworejo punya nilai strategis dari sisi tempat transit ini. Nggak hanya itu, dari sini juga bisa mengakses Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo naik KA Prameks dan berhenti di Stasiun Wojo.

Memang hingga saat ini belum ada layanan kereta bandara ke sini. Layanan KA bandara masih berangkat dari Jogja dan Wates. Kita harapkan aja ke depannya akan ada KA Bandara YIA jurusan Kutoarjo.

Oh iya, dulu Stasiun Kutoarjo punya percabangan menuju Purworejo Kota. Dimana ada Stasiun Purworejo yang aslinya juga stasiun besar. Namun sayangnya stasiun berikut jalurnya kini udah non-aktif. Beredar kabar KRL Joglo nantinya akan diperpanjang ke Kutoarjo dan Stasiun Purworejo akan difungsikan untuk Dipo KRL.

Stasiun Kutoarjo Purworejo ke Borobudur

Nilai strategis lainnya stasiun ini sebagai penghubung ke objek wisata di kawasan Borobudur. Bahkan udah dari dulu nggak sedikit yang turun di sini tujuannya ke Candi Borobudur. Nah sekarang terdapat akses transportasi murah dan nyaman menuju situs warisan budaya tersebut.

Transportasi lanjutan tersebut ialah layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Kutoarjo-Borobudur. Layanan ini telah ada sejak pertengahan 2020. Tarifnya murah di bawah Rp 15.000,00.

Karena itu memang udah sepantasnya Stasiun Kutoarjo Purworejo dapat predikat sebagai tempat transit. Baik untuk transit ke Jogja dan Solo (lanjut KA Prameks dan KRL Joglo), juga untuk transit ke Kawasan Wisata Borobudur dan sekitarnya. Lanjut naik Bus Trans Jateng.

Galeri Foto