1 2 3 4 5 6

Perjalanan Naik Kereta Api (PNKA)

Inti dari Traveling by Train is My Adventure. Apalagi kalo bukan perjalanan naik kereta api. Konten trip report bersama si roda besi dalam bentuk narasi (artikel). Jadi berasa karangan di zaman SD dulu.

Dulu dan Sekarang Intinya Perjalanan

Tagline sebelumnya maupun yang sekarang ”traveling by train is my adventure” intinya tetap satu yakni Perjalanan Naik Kereta Api. Nggak lucu kan judulnya aja udah “traveling by train” kok naik moda transportasi lainnya? Makanya konteks di sini tetap satu yakni kekeretaan.

Perjalanan Naik Kereta Api – Bagian Utama Mugen ID

Ini juga merupakan bagian utama dari situs Mugen ID dari awal transformasi menjadi tema kereta api. Sampai trip naik kereta komuter pun dibikin konten dalam bentuk artikel. Nah kalo komuter aja dibuat trip report, harusnya yang jarak jauh bisa lebih dari itu. Situs ini memang edukasi kereta api. Namun yang jadi inti utama tetaplah Trip Kereta Api nya.

Perjalanan Naik Kereta Api : Dalam Bentuk Artikel

Cukup aneh memang di saat yang lain kebanyakan membuat trip report dalam bentuk video, tapi disini malah membuatnya dalam bentuk artikel. Walaupun tetap menyertakan foto sebagai dokumentasi pendukung. Sejujurnya justru di sinilah sensasinya. Membuat trip report dalam format yang dianggap nggak biasa, konten artikel.

Sebenarnya model trip report begini bukanlah hal baru. Flashback lagi terutama buat kamu generasi 90-an, setiap kali sekolah kamu mengadakan karyawisata (sekarang disebut Field Trip) besoknya langsung dikasih tugas sama guru Bahasa Indonesia untuk membuat karangan tentang kegiatan karyawisata itu. Nah sadar atau nggak itu sebenarnya Trip Report.

Sama juga misalnya setelah libur panjang guru Bahasa Indonesia ngasih tugas ke kamu untuk buat karangan tentang liburan kamu. Itupun sama Trip Report. Jadi membuat Trip Report dalam bentuk konten artikel sejatinya udah ada dari dulu.

Apalagi di tahun 1990-an jangankan foto, buat bikin video aja hanya orang tertentu aja yang bisa. Maka jadilah trip report-nya tanpa foto apalagi video. Dengan adanya Perjalanan Naik Kereta Api, bukan sekedar turut merasakan sensasi ngetrip nya. Lebih dari itu bagi generasi 90-an membawa kembali kenangan waktu sekolah dulu dikasih tugas mengarang.

Luar Negeri, Kunjungan Museum, Penelusuran

Nah yang membedakan dengan konten edukasi lainnya di Mugen ID ”dibuang” ke wisata, khusus Perjalanan Naik Kereta Api turut menghadirkan trip report luar negeri. Jadi bisa ikut merasakan sensasi kekeretaan di negeri orang. Selain itu kunjungan ke museum kereta api turut dimasukkan ke sini. Walaupun dalam kondisi nggak naik kereta api.

Begitupula penelusuran sejarah kereta api ikut dimasukkan ke dalam katagori ini. Misalnya menelusuri jalur kereta api non-aktif, juga kunjungan ke sarana-sarana kereta api yang pernah ada dan udah non-aktif.