lagi momen saat perjalanan naik kereta api

Mengawali kehadirannya sebagai situs pemesanan makanan, Mugen ID kemudian berubah menjadi Blog Kereta Api yang khusus membahas seputar dunia perkeretaapian. Baik dalam bentuk edukasi maupun berbagi pengalaman perjalanan naik Kereta Api.

  • Stasiun Karawang Dibangun Hanya Untuk Dijual ke SS

    Cerita Kelam dari Stasiun Karawang : “Langsung” Diserahkan ke SS

    Siapa sangka Stasiun Karawang ternyata menyimpan cerita kelam. Bukan gegara PLH dan sejenisnya. Melainkan pada proses pembangunannya dulu di era kolonial. Stasiun ini dibangun oleh operator swasta BOS, namun hanya untuk diserahkan ke Staats Spoorwegen (SS).

  • 01 Stasiun Kedunggedeh _ Paling Timur di Bekasi dan Terminus BOS

    Mengenal Stasiun Kedunggedeh : Stasiun Paling Timur di Bekasi

    Stasiun Kedunggedeh mulai beroperasi tahun 1891 dibawah BOS. Awalnya stasiun terminus operator swasta tersebut. Hingga jalur kereta diperpanjang ke Karawang dan terjadi pengambilalihan oleh Staats Spoorwegen (SS). Merupakan stasiun paling timur di Bekasi. Kini layani perjalanan Commuter Line Walahar dan Jatiluhur.

  • Anomali KA Pasundan New Generation (Tarif Komersial Jiwa PSO)

    Anomali KA Pasundan New Generation : Tarif Komersial Jiwa PSO

    Tarif Komersial Jiwa PSO. Inilah anomali KA Pasundan New Generation. Ternyata upgrade sarana aja nggak cukup memuaskan calon pelanggan. Mereka tetap ingin lebih dari sekedar itu. Lantas gimana solusinya?

  • 01 Inikah Kereta Api Bangunkarta Asli (Ganti Nama Jadi Brawijaya)

    Inilah Kereta Api Bangunkarta Asli (Ganti Nama Jadi Brawijaya)

    Kereta Api Bangunkarta pertama beroperasi 1985 dan beberapa kali mengalami dinamika. Termasuk perubahan rute perjalanan. Di Gapeka 2021, kereta ini bahkan ganti nama jadi Brawijaya. Di saat bersamaan, nama Bangunkarta juga hadir dari rebranding Anjasmoro.

  • 01 Divisi pelayaran PJKA Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom Banyuwangi

    Dinas Pelayaran PJKA : Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom

    Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry penyeberangan untuk mendukung konektivitas dengan kereta api. Salah satunya pernah ada di Banyuwangi. Namun pada tahun 1989 divisi ini dibubarkan dan seluruh armada kapal dialihkan ke ASDP.

  • Ujung Rel Pulau Jawa di Pelabuhan Boom Banyuwangi (Sisakan Plang Asset KAI)

    Ujung Rel di Pelabuhan Boom Banyuwangi? (Sisa Plang Asset KAI)

    Sampai tahun 1985, ujung rel Pulau Jawa berada di Pelabuhan Boom Banyuwangi. Rel ini merupakan kelanjutan dari Stasiun Banyuwangi Lama. Namun pasca pemindahan aktivitas pelabuhan penyeberangan ke Ketapang, berakhir juga era kejayaan si ular besi di sini. Tinggal sisakan plang Asset KAI. Pelabuhannya juga lebih dikenal sebagai Wisata Pantai Boom Marina.

Twenty Twenty-Five

Designed with WordPress