Jalur Kereta Pertamina Malang adalah satu-satunya yang tersisa di Jagalan dari peninggalan Malang Stroomtram (MS) Maatschappij. Jalur ini dikenal dengan nama Sepur Minyak karena aktivitas langsiran dari Depot Pertamina ke Stasiun Malang Kotalama.
Pendahuluan
Siapa sangka ternyata perjalanan Kereta Pertamina Malang merupakan perjalanan reguler berjadwal. Kereta ini berangkat dari Depot Pertamina di Jagalan menuju Stasiun Benteng di Surabaya dan sebaliknya. Kereta Pertamina Malang biasanya langsir menuju Stasiun Malang Kotalama.
Dari Depo Pertamina, posisi lokomotif menarik rangkaian kereta ketel sampai dengan percabangan dekat bekas Stasiun Malang Jagalan. Kemudian bergerak mundur (langsir) ke Stasiun Malang Kotalama. Barulah dari situ berangkat ke Surabaya.
Nah sebenarnya lintasan kereta dari Depo Pertamina ke Stasiun Malang Kotalama ini telah ada sejak era kolonial. Merupakan sisa dari Jalur Trem Malang milik Malang Stroomtram Maatschappij (MS). Kini lantaran aktivitas langsiran tersebut, warga menyebutnya Sepur Minyak.
Jalur Kereta Pertamina Malang : Asalnya Jalur Trem
Jalur Kereta Pertamina Malang merupakan percabangan dari Stasiun Malang Kotalama ke Depo Pertamina Malang. Sehari-harinya digunakan untuk aktivitas langsiran Kereta Pertamina Malang. Namun sejatinya percabangan ini telah ada sejak 1898. Asalnya ini adalah Jalur Trem Malang yang dioperasikan Malang Stroomtram Maatschappij (MS)
Jalur Kereta Pertamina Malang : Satu-Satunya yang Tersisa
Jalur Trem Malang dinonaktifkan tahun 1979. Persaingan dengan moda transportasi jalan raya jadi salah satu alasan. Meskipun mayoritas jalur telah dibongkar, namun masih menyisakan sedikit di sekitaran bekas Stasiun Malang Jagalan.
Dinamakan Sepur Minyak Lantaran Kereta Pertamina Malang
Aktivitasnya sekarang hanya melangsir Kereta Pertamina Malang dari Depo Pertamina ke Stasiun Malang Kotalama dan sebaliknya. Atas dasar itulah sisa peninggalan Jalur Trem Malang ini dinamakan Sepur Minyak oleh warga sekitar. Sekali lagi itu karena Kereta Pertamina Malang jadi satu-satunya layanan yang ada di sana.
Sepur Minyak ini adalah nama lain dari Jalur ini. Meskipun begitu tetap aja ini warisan sejarah yang mesti dijaga. Terlebih ini jadi satu-satunya yang tersisa di Jagalan. Secara bekas Stasiun Malang Jagalan telah berubah fungsi jadi rumah penduduk.
Kesimpulan
Jalur Kereta Pertamina Malang adalah percabangan dari Stasiun Malang Kotalama ke Depo Pertamina via Jagalan. Sejatinya jalur ini telah ada sejak 1898 sebagai bagian dari Jalur Trem Malang.
Setelah penutupan tahun 1979, jalur ini jadi satu-satunya yang tersisa dari Trem Malang. Juga satu-satunya yang tersisa di Jagalan. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Sepur Minyak. Karena aktivitas langsiran Kereta Pertamina Malang setiap harinya.
Leave a Reply