Otsuki Station Transfer ke Fujikyu Railway

Otsuki Station Transfer ke Fujikyu Railway

Otsuki Station adalah stasiun transit bagi yang akan melakukan perjalanan ke Gunung Fuji via Kawaguchiko. Di sini aktivitasnya adalah transfer ke kereta yang berbeda operator. Dimana ke Kawaguchiko (biasanya) menggunakan Fujikyu Railway Commuter.

Stasiun ini telah ada sejak 1902. Udah tua juga ya? Sama juga dengan perkeretaapian di negeri Sakura memang telah ada sejak modernisasi negara itu di era Meiji. Otsuki sendiri aslinya merupakan sebuah kota di Yamanashi Prefecture. Namun bagi kalangan traveler, kota kecil itu nggak ubahnya tempat transit.

Bicara tempat transit, kalo di Jaw aitu kita mengenal Kutoarjo. Terletak di Kabupaten Purworejo dan jadi gerbang masuk ke kota-kota tujuan wisata. Bahkan telah memiliki moda transportasi lanjutan terintegrasi menuju Borobudur di Magelang. Nah Otsuki di Jepang itu ibaratnya Kutoarjo.

Cuma yang membedakan antara Otsuki dan Kutoarjo ialah keretanya. Stasiun ini dioperasikan oleh dua operator sekaligus: East Japan Railway Company (JR East) dan Fujikyu Railway.

Otsuki Station antara Chuo Main Line dan Terminus Fujikyu Line

Otsuki Station merupakan bagian dari Chuo Main Line. Kereta-kereta lokal dan rapid yang melayani Chuo Main Line berhenti di sini. Juga layanan limited express seperti Kaiji Limited Express dan Azusa Limited Express. Keduanya melayani rute dari Shinjuku Tokyo ke Kofu, ibukota Yamanashi Prefecture, sampai dengan Matsumoto di Nagano Prefecture.

Nah itu kalo dari sisi JR East-nya. Adapun dari sisi lainnya, ini merupakan titik terminus dari Fujikyu Line. Jalur kereta milik operator swasta Fujikyu Railway. Jalur ini seluruhnya berada di Kaki Gunung Fuji. Bila cuaca baik dan tanpa kabut, sepanjang perjalanan mungkin kita bisa menyaksikan kemegahan Gunung Fuji dari sini.

Fujikyu Line sendiri hanya punya dua Jalur (Line) yakni Otsuki – Fujisan dan Fujisan – Kawaguchiko. Dimana titik terminusnya ada di 3 stasiun: Otsuki Station, Fujisan (Mt. Fuji) Station, dan Kawaguchiko Station. Rata-rata merupakan destinasi wisata. Makanya jangan heran banyak turis memanfaatkan layanan Fujikyu Railway.

Aktivitas Transfer Trip Tokyo ke Gunung Fuji

Otsuki Station boleh dibilang punya aktivitas rutin yakni transfer trip Tokyo ke Gunung Fuji dari Kereta JR ke Kereta Fujikyu Railway. Memang ada kereta yang langsung ke Kawaguchiko sehingga kita nggak perlu melakukan aktivitas transfer di sini.

Kereta itu ialah layanan Limited Express dengan nama Fuji Exursion. Menggunakan trainset kebanggaan JR East, E353 Series. Biasanya layanan ini jadi satu dengan Kaiji Limited Express.

Begitu nyampe Otsuki Station, separuh rangkaian melanjutkan perjalanan ke Kofu sebagai Kaiji Limited Express. Adapun sisanya, biasanya antara 3-4 kereta, melintas di Fujikyu Line sebagai Fuji Exursion. Memang jalurnya sendiri ada percabangan antara milik JR East dan Fujikyu Railway.

Di sini penumpang yang sedari awal ingin ke Fujisan atau Kawaguchiko nggak perlu turun di Otsuki. Tetapi menempati rangkaian yang akan menuju Kawaguchiko. Penumpang juga akan dikenakan tarif untuk Fujikyu Line-nya. Nah makanya kalo kamu pegang JR Pass mesti siapkan tambahan uang.

Sama seperti kita transfer ke Fujikyu Railway Commuter, di sini JR Pass dan JR East Pass hanya mengcover sampai Otsuki Station. Selanjutnya untuk Fujikyu Line dikenakan biaya tambahan.

Galeri Foto