Trip Tokyo ke Gunung Fuji Naik Kereta

Tokyo ke Gunung Fuji Naik Kereta

Trip naik kereta dari Tokyo ke Gunung Fuji. Berangkat dari Shinjuku Station dan mengakhiri perjalanan di Kawaguchiko Station. Mesti berganti kereta karena berbeda operator. Pake JR Pass dicover hingga Otsuki Station.

Gunung Fuji adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat traveling ke Jepang. Namun ada kalanya sang icon negeri Sakura nggak bisa dilihat gegara ketutupan kabut. Terlebih bila memilih trip pulang pergi dari Tokyo tanpa menginap di sekitarnya. Menyaksikan kemegahan gunung tersebut seperti memainkan lotere alias gambling.

Maka dari itu sangat dianjurkan bagi yang memasukan Gunung Fuji ke dalam itinerary untuk spend minimal semalam saja di Yamanashi Prefecture, sekitaran Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko. Alternatifnya bisa ke daerah lain untuk sekedar menyaksikan kemegahannya seperti Gotemba.

Before We Go

Sebelum kita lanjut pembahasan, konten Trip Report ini sebetulnya udah pernah dua kali tayang di dua halaman berbeda. Solo Traveling ID dan Manglayang ID. Terakhir di katagori Backpacker and Trip Report. Konten tersebut dibagi dua yakni Trip Report Tokyo Fuji via Chuo Line dan Fujikyu Railway Otsuki Kawaguchiko (Trip Report).

Nah trip ke Gunung Fuji tanggal 13 November 2018 tersebut seluruhnya menggunakan moda transportasi kereta. Seperti yang udah disebut beberapa kali, terutama di konten recycle dan repackage, terhitung mulai Juni 2022 pembahasan terkait dunia si ular besi dan roda besi difokuskan di Mugen ID.

Maka itu, dua konten tersebut juga dipindahkan ke halaman ini. Tentunya dengan pembaruan dan nggak lagi dibuat terpisah. Melainkan dijadikan satu konten artikel. Nggak hanya itu, trip nya pun dibikin pulang pergi. Nggak lagi one way sebagaimana ketika masih dipecah dua

Nah buat kamu yang penasaran artikel aslinya silakan buka di sini >> Trip Report Tokyo Fuji (Arsip Lama)

Trip Tokyo ke Gunung Fuji, dari Shinjuku Station

Perjalanan dimulai dari Shinjuku Station, stasiun kereta paling sibuk di Tokyo. Nah karena kebetulan pakai JR Pass, dari Local tinggal pindah peron aja dan menaiki Kaiji Limited Express tujuan Kofu. Melintas Chuo Main Line. Sedikit info, Kofu adalah ibukota Yamanashi Prefecture. Dari sini bisa aja liat Gunung Fuji atau menuju ke sana. Namun transportasi lanjutannya nggak selengkap Kawaguchiko. Jalur inipun masih kurang populer di kalangan traveler. Bahkan masih lebih populer Gotemba.

Kaiji Limited Express diberangkatkan dari Shinjuku. Karena limited express hanya berhenti di sebagian stasiun saja. Antara lain: Tachikawa, Hachioji, dan Takao. Untuk Tachikawa dan Hachioji, view-nya masih biasa-biasa aja. Masih daerah perkotaan sih. Nah baru setelah kereta meninggalkan Takao kita mulai disuguhi pemandangan alam. Kaiji Limited Express mulai masuk jalur pegunungan. Terutama ketika masuk Yamanashi Prefecture.

Di sini kereta banyak melewati terowongan. Mantap kan? Nggak cuma satu lho. Panjangnaya aja nyaris setara Terowongan Sasaksaat. Chuo Main Line layaknya jalur pegunungan Priangan.

Tiba di Otsuki, Transfer ke Fujikyu Railway

Kaiji Limited Express tiba di Otsuki Station. Nah berhubung ini trip Tokyo ke Gunung Fuji via Kawaguchiko otomatis mesti turun di sini. Selanjutnya berpindah ke kereta lokal punya Fujikyu Railway. Apakah pengguna JR Pass dikenakan biaya tambahan? Betul sekali. Karena JR Pass hanya mengcover trip sampai Otsuki Station.

Trainset Lokal yang dinaiki ialah Fujikyu 6000 Series. Keretanya udah nggak asing banget. Pasalnya ini adalah trainset JR 205. Seperti kebanyakan dipake di jalur Kereta Commuter Indonesia (KCI). Hanya saja kereta JR 205 di sini itu bekas Yamanote Line. Setelah menunggu kedatangan Fujisan View Express, kereta Lokal diberangkatkan dari Otsuki Station.

Perjalanan ke Kawaguchiko Station akan singgah di 15 stasiun. Karena ini adalah kereta lokal bukan express, pastinya berhenti di ke-15 stasiun ini:

  • Kamiotsuki Station
  • Tanokura Station
  • Kasei Station
  • Akasaka Station
  • Tsurushi Station
  • Yamuramachi Station
  • Tsurubunkadaigaku-mae Station
  • Tokaichiba Station
  • Higashikatsura Station
  • Mitsutoge Station
  • Kotobuki Station
  • Yoshiikeonsenmae Station
  • Shimoyoshida Station (Chuerito Pagoda)
  • Gekkoji Station
  • Mt. Fuji Station
  • Fuji Q Highland Station

Dari Otsuki Station sebetulnya terminusnya Mt Fuji (Fujisan) Station. Adapun lintas menuju Kawaguchiko itu lebih ke percabangan. Dimana terdapat Fuji Q Highlan Station. Hanya saja Danau Kawaguchiko masih jadi favorit bagi turis yang ingin menyaksikan keindahan Gunung Fuji.

Sepanjang perjalanan dari Otsuki ke Mt Fuji Station, viewnya lebih banyak pegunungan. Nah di Shimoyoshida Station terlihat ada sejumlah rangkaian kereta tersimpan. Salah satunya adalah ex Blue Train Japan. Diduga itu adalah Fuji Blue Train Japan yang legendaris.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut aslinya Hokuriku Blue Train yang dirubah jadi Fuji Blue Train. Sebab trainsetnya identik dengan aslinya. Rangkaian kereta non-aktif di Shimoyoshida itu ternyata outdoor museum.

Hmm, ini pelajaran nih harusnya tumpukan KRL dan Kereta Afkir di Stasiun Purwakarta dan Cikaum bisa dibikin jadi outdoor museum. Ketimbang menumpuk untuk selanjutnya dibesituakan. Paling nggak ada satu-dua yang diselamatkan dan dijadikan outdoor museum seperti di Yamanashi Prefecture ini.

Tanpa terasa kereta lokal pun tiba di Mt. Fuji Station. Di sini berhentinya lumayan lama karena aktivitas perpindahan masinis. Kereta diberangkatkan lagi ke tujuan akhir Kawaguchiko Station.

Kawaguchiko Station dan Perjalanan Pulang

Trip Tokyo ke Gunung Fuji naik Kereta berakhir di Kawaguchiko Station. Seiring berakhirnya perjalanan Fujikyu 6000 Series Local di sini. Perjalanan ke Danau Kawaguchiko dilanjutkan menggunakan bus. Namun sayang sekali Gunung Fuji nggak terlihat di hari itu. Ketutupan kabut tebal. Sedangkan nggak ada rencana menginap di situ.

Di sini dapat pelajaran lagi, kalo mau menyaksikan Gunung Fuji paling nggak sediakan waktu minimal semalam. Agar bisa menyaksikan keindahan icon Jepang itu. Cuma perjalanan pulang hari mah ibaratnya gambling dah. Dengan kata lain untung-untungan.

Hari pun mulai gelap. Bersiap-siap perjalanan pulang ke Tokyo. Nah Trip Tokyo ke Gunung Fuji kini memasuki fase berikutnya. Pulang ke tempat asal (bukan negara asal ya karena masih lama). Naik bus lagi ke Kawaguchiko Station.

Lagi-lagi Fujikyu 6000 Series udah menanti untuk mengantar pulang. Meski Cuma sampe Otsuki. Trip Tokyo ke Gunung Fuji kalo via Kawaguchiko memang harus transfer. Beda sama via Kofu atau Gotemba. Pake JR Pass tinggal gaskeun tanpa pindah kereta yang beda operator.

Keretanya mungkin sama, tapi beda di livery. Ketika Berangkat tadi livery-nya Thomas and Friends. Nah pulangnya pakai polosan. Tapi ada tulisan Fujikyu Railway Commuter. Sisi unik lain dari trainset ini ialah adanya tombol untuk membuka pintu. Pastinya itu berfungsi hanya pada saat kereta berhenti.

Singkat cerita kereta pun berangkat meninggalkan Kawaguchiko Station. Kurang puas sih karena nggak bisa liat Gunung Fuji. Tapi sedikit terobati karena ada pengalaman baru naik kereta di Jepang. Termasuk merasakan aktivitas transfer kereta beda operator.

Trip Tokyo ke Gunung Fuji, Udah Gelap Tidur Lah

Langit juga udah gelap. Nggak ada pemandangan yang bisa dilihat. Kecuali aktivitas turun naik di 15 stasiun yang disinggahi. Bedanya kali ini perjalanan ke arah Otsuki. Selanjutnya ke Tokyo lagi. Jadi Trip Tokyo ke Gunung Fuji pas perjalanan pulang ini lebih banyak tidur. Lagian juga 2 jam gegelapan. Nggak ada momen bisa diambil. Udah capek juga.

Tertidur dengan lelap di atas kereta lantaran kelelahan. Nggak terasa pas bangun udah mau nyampe aja di Otsuki Station. Enaknya ini adalah terminus. Jadi kalopun ketiduran paling juga dibangunin sama petugasnya.

Kembali Ke Tokyo

Trip Tokyo ke Gunung Fuji kini memasuki etape perjalanan pulang kembali ke Tokyo. Di Otsuki Station lagi-lagi melakukan aktivitas transfer alias pindah kereta. Nah sekarang naik kereta JR East ke Shinjuku Station. Di aplikasi menunjukkan kereta yang akan mengantar ialah Azusa Limited Express.

Nah sambil menunggu kedatangan Azusa Limited Express yang ternyata delay, seperti biasa mengabadikan beberapa momen. Salah satunya Super Azusa yang tengah melintas langsung. Kereta ini sedang menuju Matsumoto, Nagano Prefecture. Menggunakan Trainset E353 Series. Ini trainset tersebut jadi icon Limited Express nya JR East.

Azusa Limited Express yang ditunggu pun akhirnya datang. Beda dengan pas berangkat, kali ini kereta terisi penuh oleh penumpang. Untungnya masih mendapat seat. Kebanyakan penumpangnya juga tidur. Bisa jadi karena Lelah setelah beraktivitas.

Sama juga, pas naik kereta menuju pulang ini lebih banyak tidur nya daripada menikmati perjalanan. Maklum lah udah gelap dan masih capek juga. Abis perjalanan 2 jam dari Kawaguchiko. Pemberhentian nggak beda dengan waktu berangkat.

Nggak terasa ya udah nyampe aja lagi di Shinjuku Station. Sebenarnya sih tujuan akhir keretanya ke Tokyo Station. Tapi turun di Shinjuku karena lebih dekat dan mudah ke penginapan di daerah Harajuku, Shibuya. Selanjutnya pindah ke Yamanote Line.

Trip Tokyo ke Gunung Fuji, JR Pass + 2280 Yen

Soal biaya perjalanan Tokyo ke Gunung Fuji untuk kereta JR-nya baik Local Yamanote Line, Kaiji Limited Express dan Azusa Limited Express semuanya udah dicover JR Pass. Jadi nggak perlu lagi membeli tiket. Hanya saja untuk Fujikyu Railway Commuter dari Otsuki ke Kawaguchiko dan sebalinya habis 2280 Yen (kurang lebib Rp 307.800 dengan kurs Rp 135/Yen).

Biaya ini adalah hitungan di tahun 2018. Nah bagi kamu yang kepengen update harga tiket Fujikyu Railway Commuter bisa langsung cek di sini >> https://e.fujikyu-railway.jp/fare/

Galeri Foto

2 thoughts on “Tokyo ke Gunung Fuji Naik Kereta”

  1. Pingback: Otsuki Station Transfer ke Fujikyu Railway - Mugen ID

  2. Pingback: Kawaguchiko Station Terminus Utama Fujikyu Line - Mugen ID

Leave a Reply

%d bloggers like this: