Kaiji Limited Express E257 Series Kini Telah Tergantikan

Kaiji Limited Express E257 Kini Telah Tergantikan

Kaiji Limited Express E257 tadinya merupakan alternatif moda transportasi cepat dan nyaman ke Otsuki dan Kofu. Biasa digunakan traveler yang hendak ke area Gunung Fuji. Kadang berbagi nama dengan Azusa. Namun meski masih eksis trainset telah tergantikan E353 Series yang lebih baru.

Area Gunung Fuji adalah destinasi wajib traveler yang liburan ke Jepang. Ditempuh dalam waktu kurang lebih 2-3 jam dari Tokyo. Tergantung moda transportasi apa yang dipilih.

Biasanya pilihan untuk ke Yamanashi Prefecture, khususnya sekitaran Gunung Fuji seperti Kawaguchiko jelas kereta. Sebab itu adalah transportasi umum utama di Jepang. Jaringan kereta tersebar luas di seantero negeri. Bahkan operatornya pun nggak cuma satu.

Bandingkan sama Indonesia yang sekalipun nggak lagi monopoli tapi PT.KAI masih mendominasi pengoperasian kereta api terutama di daerah-daerah. Kalo di Jakarta sih udah ada operator lain.

Balik lagi ke sini, ada banyak cara memang untuk bepergian ke sekitaran Gunung Fuji. Pertama lewat Otsuki terus lanjut Fujikyu Railway via Fujikyu Line. Kedua lewat Kofu dan ketika lewat Shizuoka naik Tokaido Shinkansen. Pilihan pertama adalah favorit traveler karena aksesnya lebih dekat meski harus berganti kereta.

Kaiji Limited Express E257 Pilihan Cerdas.

Kaiji Limited Express E257 Shinjuku ke Kofu

Untuk menuju Otsuki bisa diakses dari Shinjuku Station melalui Chuo Main Line. Di jalur ini jelas tersedia layanan kereta lokal. Namun pastinya ini nggak terlalu disaranin karena akan memakan waktu lebih lama. Kabar baiknya ada kereta Limited Express yang waktu tempuhnya lebih cepat ke Otsuki.

Ada dua alternatif yakni Kaiji Limited Express dan Azusa Limited Express. Kedua kereta itu sama-sama menuju Kofu. Dan di tahun 2018 masih menggunakan trainset E257 Series.

Kaiji Limited Express E257 Series memulai perjalanannya dari Shinjuku Station di Tokyo. Nah inilah yang biasa dijadikan pilihan oleh traveler yang mau ke Gunung Fuji dan sekitarnya. Termasuk mau mengunjungi monument Fuji Blue Train Japan di Shimoyoshida Station.

Pilihan smart karena namanya juga Limited Express dalam perjalanannya hanya berhenti di beberapa stasiun saja. Chuo Main Line didominasi oleh jalur pegunungan. Seperti halnya jalur di Daop 2 Bandung.

Meski bukan trainset baru, interior E257 series cukup nyaman. Tempat duduknya bisa diputar atau mengikuti arah kereta. Percis kaya kereta eksekutif di Indonesia. Tapi jangan salah lho, kereta model gini di Jepang itu jatuhnya malah kelas ekonomi (ordinary class).

Di belakang seat-nya ada meja lipat. Wow serasa di pesawat gitu ya. Beda banget sama di Indonesia ya, yang mejanya berada di sandaran tangan berupa meja lipat. Cuma satu yang membedakan, di E257 Series Ordinary Car nggak ada TV. Tapi walaupun begitu udah cukup nyaman kok.

Apa Bedanya sama Azusa?

Seperti udah disinggung tadi, nggak mudah untuk membedakan Kaiji Limited Express E257 Series dengan Azusa Limited Express. Trainset yang dipake sama, jalurnya sama, bahkan destinasinya pun sama.

Makanya di tahun 2018 itu ada lagi namanya Super Azusa pake E353 Series yang lebih baru. Namun tujuan akhir kereta ini Matsumoto, Nagano Prefecture.

Namun sekarang Super Azusa udah dihapus. Terlebih karena E257 Series udah nggak dipake lagi untuk layanan Limited Express di Chuo Line dan telah dimutasi ke jalur lainnya. Ada yang bilang ke Tokaido Main Line untuk segmen JR East.

Kini E257 Series telah tergantikan oleh E353 Series yang lebih baru. Baik Kaiji Limited Express maupun Azusa Limited Express. Satu diantaranya digunakan untuk Fuji Exursion yang digabungkan Kaiji. Nantinya dua rangkaian ini dipisah di Otsuki. Fuji Exursion lanjut ke Kawaguchiko via Fujikyu Line.


Interior Kaiji Limited Express E257 Series. Meski nggak ada TV-nya udah cukup nyaman. Foto ini adalah trainset E257 Series ketika digunakan sebagai Azusa Limited Express dengan Tujuan Akhir Chiba. Sekarang semua trainset E257 di Chuo Main Line telah digantikan oleh E353 Series yang lebih baru