Ketika Kereta Api Pangrango melintasi petak Batutulis-Maseng. Disitulah mulai Membelah Lembah Cisadane Bogor. Baru sepertiga penelusuran Jalur Kereta Bogor Bandung sudah disuguhi pemandangan eksotis di lintasan yang sedikit ekstrem. Kini telah double track dan diberi beton pengaman.
Pendahuluan
Sebelum lanjut ke Jalur Kereta Bandung Bogor 2 yang akan mengambil judul Ular Besi Masuk Sukabumi, ada yang tertinggal dari bagian pertama. Padahal ini bagian dari eksotisme jalur bersejarah tersebut. Meskipun kini telah upgrade ke Double Track dan ada beton pengaman dari pergerakan tanah.
Ketika perjalanan Kereta Api Pangrango baru sepertiganya, saat itu pula kita mulai dimanjakan dengan sebuah eksotisme di jalur yang agak sedikit ekstrem. Jalur ini tepat berada di sisi Sungai Cisadane. Setelah melewati Stasiun Ciomas, jalur kereta menyeberangi sungai itu dan berpindah posisi. Jalur eksotis yang masih di wilayah Bogor Raya.
Lembah Cisadane Bogor di Petak Batututulis-Maseng
Perjalanan Kereta Api Pangrango telah tiba di Stasiun Batutulis. Stasiun tersebut masih masuk Kota Bogor di bagian selatan. Stasiun yang dulunya merupakan Halte ini sejatinya memiliki pemandangan eksotis. Khususnya di sisi kanan jendela arah Sukabumi. Bila cuaca cerah kita bisa menyaksikan Gunung Salak dan Sungai Cisadane dalam satu frame.
Namun sayangnya perjalanan kali ini menempati sisi sebelah kiri dan cuaca juga sedang mendung. Sehingga Gunung Salak tak bisa terlihat. Padahal sebenarnya sejak dari Stasiun Bogor udah bisa melihat salah satu gunung yang jadi favorit para pecinta alam di sekitaran Jabodetabek.
Nggak lama setelah berhenti untuk menambah penumpang, kereta Api Pangrango berangkat lagi. Kali ini dengan posisi Sungai Cisadane berada di sisi kanan Jalur Kereta Bogor Bandung. Sekarang jalur tersebut dikenal sebagai Jalur KA Manggarai Padalarang.
Selepas Stasiun Batutulis, Kereta Api Pangrango bergerak menembus perbukitan di Lembah Cisadane Bogor. Dengan mayoritas dinding bukit telah dipasang beton yang merupakan bagian dari pembangunan double track dan upgrade rel ke R54 standard lintas utama.
Kebagian jendela kiri mesti sedikit bersabar nih. Langsung berhadapan dengan dinding bukit sampai menjelang masuk Stasiun Ciomas. Nah di stasiun paling selatan di Kota Bogor itu, Kereta Api Pangrango melintas langsung. Duh, kenapa nggak berhenti ya? Padahal stasiunnya udah renovasi.
Lembah Cisadane Bogor : Ganti Sisi Kiri Sampai Jelang Stasiun Maseng
Kereta Api Pangrango menyeberangi Jembatan Sungai Cisadane. Nah sekarang sungai yang nantinya tembus ke wilayah Tangerang Raya itu ada di sebelah kiri Segmen Pertama Cicurug. Wah cukup adil bukan? Mau di kanan atau kiri juga kebagian view Cisadane. Cuma bedanya kalo ngambil sebelah kanan bisa satu frame sama Gunung Salak.
Oke kita lanjut yah. Kondisi Lembah sekarang udah dikasih tembok beton. Waduh berarti eksotismenya berkurang dong? Di satu sisi memang benar. Tapi itu juga buat keselamatan perjalanan kereta api saat melintas di situ. Secara lintasan di Lembah Sungai Cisadane cukup ekstrem. Betonisasi juga untuk mencegah agar tanahnya nggak sampai longsor.
Meskipun begitu seiring berjalannnya kereta dan sampai mulai mendekati Stasiun Maseng, pelan-pelan Sungai Cisadane juga terlihat. Meski masih ada pohon rimbun yang menghalangi. Tapi setidaknya masih bisa disaksikan.

Tiba di Stasiun Maseng
Setelah melintasi Lembah Cisadane Bogor, perjalanan Kereta Api Pangrango akhirnya tiba di Stasiun Maseng. Masih merupakan bagian dari lembah tersebut. Stasiun ini menjadi akses utama bagi yang ingin berwisata rafting di Sungai Cisadane.
Langsung ke Jalur kereta Bogor Bandung 2 : Ular Besi Masuk Sukabumi
Dengan tibanya perjalanan kita di Stasiun Maseng, maka ini sekalgus menjadi akhir dari Lembah Cisadane Bogor. Jadi ini merupakan spin off dari Jalur Kereta Bogor Bandung 1 : Segmen Pertama Cicurug.
Kalo di buku bacaan, terutama textbook, ini ibaratnya Appendix atau semacam Bahasan Tambahan dari Satu Bab. Khusus membahas petak Batutulis-Maseng dengan pemandangan Sungai Cisadane dan Gunung Salak-nya.
Setelah ini langsung ke Jalur Kereta Bogor Bandung 2 : Ular Besi Masuk Sukabumi. Sedikit bocoran, dari Cicurug ke Sukabumi itu masih single track meski juga udah upgrade ke R54. Sistem persinyalannya masih mekanik. Oke sampai jumpa di bagian ke-2.
Leave a Reply