sakura shinkansen dari kansai ke pulau kyushu

Sakura Shinkansen : Dari Kansai ke Pulau Kyushu (N700 Series)

Sakura Shinkansen adalah layanan kereta cepat di Jepang yang dioperasikan JR West bersama Kyushu Railway Company (JR Kyushu). Melayani rute Shin Osaka di Kansai (Honshu) ke Kagoshima Chuo di Pulau Kyushu. Setara dengan Hikari dan gunakan N700 Series. Pernah jadi latar film Holywood.

Pendahuluan

Shinkansen atau kereta cepat di Jepang pertama kali beroperasi tanggal 1 Oktober 1964. Saat itu jalur pertama ialah Tokaido Shinkansen Line. Menghubungkan Tokyo dan Shin-Osaka. Seiring berjalannya waktu, layanan Shinkansen semakin diperluas.

Tokaido Shinkansen Line diperluas hingga mencakup Sanyo Shinkansen Line. Paralel dengan jalur eksisting Tokaido-Sanyo Main Line (Jadi Tokaido Sanyo Shinkansen).

Bahkan jalurnya menyeberang Kanmon Tunel ke Pulau Kyushu. Semula berakhir di Hakata. Namun diperpanjang hingga Kagoshima-Chuo, Fukuoka.

Sebetulnya dari Tokyo ada layanan Shinkansen yang langsung ke Kyushu. Tahun 1970-an, Hikari Shinkansen pernah beroperasi di koridor Tokyo-Hakata. Hingga menyaingi Blue Train Asakaze yang sempat jadi primadona.

Tokaido Shinkansen dioperasikan oleh JR Central. Nah seolah nggak mau ketinggalan, Kyushu Railway Company menggandeng JR West mengoperasikan Shinkansen dari Shin-Osaka menuju Kagoshima Chuo. melintas Sanyo Shinkansen Line hingga tembus Kanmon Tunnel.

Sakura Shinkansen di Koridor Osaka – Fukuoka

Layanan tersebut dinamakan Sakura Shinkansen. Belum diketahui kapan mulai dinasnya. Namun yang pasti kereta cepat ini melayani koridor Osaka di pulau utama Honshu dan Fukuoka di Pulau Kyushu. Dari Shin Osaka Station menuju Kagoshima Chuo dan sebaliknya.

Sakura Shinkansen dioperasikan JR West dan Kyushu Railway Company

Dalam perjalanannya mengarungi Sanyo Shinkansen Line hingga menembus Kanmon Tunnel dan masuk Pulau Kyushu, kereta ini diopersikan oleh dua operator sekaligus. JR West dan Kyushu Railway Company (JR Kyushu) bekerja sama untuk mengoperasikan kereta cepat ini.

Selain Shin Osaka dan Kagoshima Chuo sebagai teminus, tercatat kereta ini berhenti di beberapa stasiun utama seperti Shin Kobe, Okayama, Fukuyama, Hiroshima, Sendai, dan Hakata.

Sakura Shinkansen Gunakan N700 Series dan Setara Hikari

Bila dilihat dari eksteriornya, sekilas kereta ini mirip dengan unit yang digunakan untuk Nozomi, Hikari, dan Kodama milik JR Central. Memang unit yang digunakan sebetulnya sama yakni N700 Series. Perbedaannya hanya di stripping dan interior.

N700 Series versi JR West dan Kyushu ini terlihat jauh lebih elegan. Terutama di bagian interior. Terlihat menggunakan interior berwujud kayu. Sehingga kesan mewah dan elegan sangat terlihat. Soal kenyamanan masih sama seperti milik JR Central.

Dalam operasionalnya melayani Shin Osaka hingga Kagoshima Chuo, trainset ini setara dengan Hikari. Dimana Hikari Shikansen berada di kasta kedua antara Nozomi dan Kodama. Berhenti di beberapa stasiun saja. Nah yang ini juga sama seperti Hikari di koridor Osaka Fukuoka.

Latar Film Holywood : The Wolverine (Franchise X-Men)

Sakura Shinkansen pernah menjadi latar film Holywood. Nggak main-main judul filmnya The Wolverine, salah satu part dalam franchise X-Men yang diproduksi Fox dan Marvel. Dibintangi oleh Hugh Jackman.

Film The Wolverine syutingnya 90% di Jepang. Tepatnya di Pulau Kyushu. Ada satu scene yang syuting di atas kereta ini. Ketika Logan (Wolverine) bersama Mariko berusaha melarikan diri dari kejaran Yakuza setelah pemakaman kakeknya.

Tujuan dari Logan dan Mariko ke Nagasaki. Namun karena layanan Shinkansen belum sampai ke sana, mereka melanjutkan perjalanan dengan bus. Di sini juga terlihat Logan mengagumi Shinkansen.

Kesimpulan

Dioperasikan JR West dan Kyushu, Sakura Shinkansen melayani rute dari Shin Osaka Station ke Kagoshima Chuo Fukuoka. Berarti dari Kansai di Pulau Honshu (utama) ke Pulau Kyushu. Kereta ini masih menggunakan N700 Series dengan interior kayu yang lebih elegan.

Kereta cepat ini pernah menjadi latar dalam film Holywood. Digunakan untuk syuting film The Wolverine, salah satu Franchise X-Men produksi Fox dan Marvel. Shinkansen ini ada di scene ketika Logan dan Mariko kabur dari kejaran Yakuza.

Galeri Foto