jadwal ka malabar 2024 perubahan susunan rangkaian gerbong

Jadwal KA Malabar 2024 : Perubahan Susunan Rangkaian

Berikut adalah Jadwal KA Malabar 2024 untuk perjalanan sore (reguler). Berlaku mulai 1 Juni 2023. Sekitar bulan Oktober tahun lalu terjadi perubahan susunan rangkaian ekonomi plus dan eksekutif

Pendahuluan

KA Malabar kembali mengalami dinamika. Khususnya berkaitan dengan susunan rangkaian gerbong. Sejak pindah kembali menghuni Dipo Kereta Api Bandung (BD), satu kereta bisnis dihilangkan. Begitu Gapeka 2023 mulai berlaku, kereta bisnis benar-benar dihapus.

Sehingga apa yang jadi sisi unik dari KA Malabar ini otomatis hilang. Dengan tinggal menyisakan kereta ekonomi new image dan eksekutif saja. Ditambah dua gerbong barang.

Berarti sama aja kebanyakan kereta lain sekarang. Nggak ada lagi layanan multikelas. Kalopun ada itu di Kereta Cepat Whoosh punya KCIC yang sedari awal memang multikelas: First Class, Business Class, Premium Ekonomi.

Di awal Gapeka 2023 susunan rangkaian gerbong masih belum mengalami perubahan. Hanya kereta bisnis nya aja nggak ada. Namun memasuki bulan Oktober, susunan rangkaian kembali mengalami dinamika. Seperti apakah dinamikanya?

Jadwal KA Malabar 2023 Masih Perjalanan Sore

Nah sebelum menjelaskan dinamikanya, jadwal KA Malabar 2023 dulu ya. Di Gapeka 2023 nggak mengalami perubahan cukup signifikan. Perjalanannya pun masih di sore hari. Baik dari Bandung maupun Malang. Berikut Detailnya:

Jadwal KA Malabar 2023 : Bandung – Malang (KA 122)

Jadwal KA Malabar 2023 : Dari Malang ke Bandung (KA 121)

Perubahan Susunan Rangkaian Gerbong

Di Jadwal KA Malabar 2024 ini semula susunan rangkaian gerbong KA Malabar nggak ada perubahan. Masih sama dengan sebelumnya dengan hanya meniadakan layanan kereta bisnis.

Namun memasuki bulan Oktober 2023 KA Malabar mengalami perubahan susunan rangkaian. Kereta eksekutif yang awalnya ditaruh di sisi timur setelah Kereta Pembangkit dipindah ke barat. Sementara kereta ekonomi yang kini pakai New Image dipindah ke timur.

Sehingga susunannya menjadi Kereta Pembangkit, 2 ekonomi new image, kereta makan, 4 eksekutif, 2 gerbong barang. Ini adalah perubahan cukup signifikan sejak kereta ini kembali ke Dipo Kereta Api Bandung (BD).

Kesimpulan

Di Jadwal KA Malabar 2024, kereta ini kembali mengalami dinamika. Di awal Gapeka 2023 layanan kereta bisnis dihapus. Kemudian memasuki Oktober 2023 terjadi perubahan susunan rangkaian gerbong. Kereta Ekonomi New Image diposisikan di timur. Kereta eksekutif nya pindah ke barat. Untuk jadwalnya masih berangkat sore dari Bandung maupun Malang.

Galeri Foto

Video