Gapeka 2023 Mulai 1 Juni dan Ada Kereta Baru

Gapeka 2023 Mulai 1 Juni dan Ada Kereta Baru

PT. KAI InSyaaAlloh mulai menerapkan Gapeka 2023 tertanggal 1 Juni 2023. Di sini jadwal perjalanan jadi lebih cepat dari sebelumnya. Juga diramaikan oleh kereta baru. Apa saja itu?

Pendahuluan

Hingga tulisan ini dibuat yang masih berlaku ialah Gapeka 2021. Ini direlease ketika masih masa kritis Pandemi Covid-19 dimana transportasi ikut terkena dampak. Terkhusus kereta api terlihat sekali imbasnya.

Salah satu contoh aja waktu itu masih ada syarat testing yang mengakibatkan pelanggan berpikir dua kali naik kereta api. Barulah ketika mulai dilonggarkan jelang lebaran 2022 kereta api mulai bangkit.

Terlebih dengan status darurat dicabut WHO dan persyaratan sudah kembali seperti sediakala (kecuali masker) akan lebih merangsang minat untuk menggunakan lagi si ular besi.

Kebangkitan ini seolah direspon dengan pembaruan jadwal perjalanan kereta api. Tentunya dengan memaksimalkan sarana yang ada khususnya trainset. Mengingat Gapeka 2021 masih ”peninggalan” jaman gelap.

Gapeka 2023 Perjalanan Lebih Cepat

Diberlakukannya Gapeka 2023 ditandai dengan semakin cepatnya perjalanan kereta api. Ambil contoh salah satunya Kereta Api Cikuray rute Jakarta Pasar Senen – Garut PP.

Sebelumnya untuk segmen Stasiun Jakarta Pasar Senen ke Bandung aja waktu tempuhnya kurang lebih 4 jam. Namun di sini dipercepat jadi hanya 3 jam 12 menit. Bahkan untuk arah sebaliknya 3 jam 2 menit.

Gapeka 2023 Diramaikan Sejumlah Kereta Baru.

Tak hanya percepatan waktu tempuh perjalanan, Gapeka 2023 turut diramaikan sejumlah kereta baru. Tercatat ada 5 kereta baru, antara lain:

  • KA Argo Semeru : Gambir – Surabaya Gubeng
  • Manahan : Gambir – Solo Balapan PP
  • Pandhulungan : Gambir – Jember via Surabaya Pasar Turi
  • Argo Merbabu : Gambir – Semarang Tawang PP
  • Banyubiru : Semarang Tawang – Solo Balapan PP

Di jadwal baru ini KA Pandhulungan mencatat rekor rute terjauh melampaui pencapaian KA Krakatau sebelumnya di rute Merak – Blitar PP. Sekarang KA Krakatau telah berganti jadi Singasari.

Dari kelima itu nama terakhir, KA Banyubiru, sejatinya bukanlah pemain baru. Sebelumnya juga pernah melayani koridor Semarang – Solo. Menambah pilihan perjalanan kereta api mengingat pasca dihentikannya KA Kalijaga praktis tinggal Joglosemarkerto aja di sini.

Masih Berbagi Rangkaian Kereta

Namun karena memanfaatkan sarana yang ada, beberapa masih berbagi rangkaian kereta. Nah urusan berbagi ini ada dua kereta eksekutif koridor Bandung Surabaya yang akhirnya harus menjalani ritual seperti ini.

KA Turangga kini nggak lagi punya rangkaian sendiri. Sehingga akan berbagi kereta dengan KA Argo Wilis Si Raja Selatan. Sebelumnya punya rangkaian sendiri-sendiri. Bahkan rangkaiannya pun kerap dipinjam KA Argo Parahyangan.

Kesimpulan

Gapeka 2023 InSyaaAlloh mulai diberlakukan tertanggal 1 Juni 2023. Dimana perjalanan kereta api jadi lebih cepat dari sebelumnya. Seperti terjadi di Kereta Api Cikuray.

Turut meramaikan sejumlah kereta baru. Tercatat ada 5 meskipun nggak semuanya baru. KA Banyubiru di rute Semarang Tawang – Solo Balapan sebenarnya pemain lama namun baru muncul lagi sekarang.

Di sini juga Kereta Api Turangga harus merasakan berbagi rangkaian dengan KA Argo Wilis si Raja Selatan. Padahal sebelumnya punya sendiri bahkan dipinjam untuk dinas KA Argo Parahyangan.

Galeri Foto