kereta api manahan penerus kereta tambahan gambir solo

Kereta Api Manahan : Lanjutan Kereta Tambahan Gambir Solo

Di Gapeka 2023 Kereta Api Manahan adalah salah satu pemain baru. Merupakan kelanjutan dari layanan kereta tambahan rute Gambir Solo Balapan. Kereta ini menggunakan dua jenis sarana berbeda. Salah satunya merupakan ex- KA Turangga.

Pendahuluan

Gapeka 2023 yang berlaku mulai tanggal 1 Juni 2023 ternyata memunculkan beberapa pemain baru. Keberadaan pemain baru tak lepas dari surplus sarana yang digunakan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu yang berbagi ialah Kereta Api Turangga.

Jika di Gapeka sebelumnya punya sarana sendiri, di sini harus berbagi dengan KA Argo Wilis. Namun ada sisi positif dari sini yakni kemunculan rangkaian baru. Asalnya kereta ini punya dua sarana. Nah salah satunya digunakan untuk layanan baru di rute berbeda.

Before We Go : Berkaitan dengan KA Turangga

Sebelum lanjut perlu sedikit info bahwa pembahasan ini sebetulnya masih berkaitan dengan KA Turangga. Mengapa demikian? Seperti diketahui bahwa kereta tersebut telah dimutasi ke Daop 2 Bandung dan berbagi sarana dengan KA Argo Wilis.

Sedangkan sarana aslinya kemudian dimutasi ke Dipo Bandung (BD) dan Jakarta Kota (JAKK) dari tempat asalnya Sidotopo (SDT). Jadi kereta baru yang akan dibahas ini memang berkaitan langsung dengan KA Turangga. Terutama soal pemakaian salah satu sarananya.

Tentang Turangga sendiri telah ada dua pembahasan yakni : Kereta Api Turangga: Dari Campuran, Satwa, ke Setengah Argo dan Jadwal KA Turangga 2024 : Berbagi Trainset dengan Skema 3-4.

Kereta Api Manahan, Dinas 1 Juni 2023

Kereta yang dimaksud ialah Kereta Api Manahan rute Gambir – Solo Balapan PP. Mulai dinas pada 1 Juni 2023 dengan layanan full kereta eksekutif. Boleh dibilang kereta baru ini seangkatan dengan reinkarnasinya Eendaagsche Express, KA Argo Semeru.

Kereta Api Manahan, Kelanjutan dari Argo Lawu dan Dwipangga Fakultatif

Sebetulnya sebelum kereta ini dinas telah ada tambahan perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Solo Balapan dan sebaliknya. Koridor tersebut merupakan koridor wisata. Mengingat adanya persinggahan di Stasiun Tugu Jogja yang notabene destinasi wisata unggulan di Jalur Selatan.

Dua perjalanan tambahan itu ialah KA Argo Lawu Fakultatif dan KA Argo Dwipangga Fakultatif. Namanya aja demikian pastinya fasilitas yang ada pun berbeda dengan perjalanan reguler. Biasanya kedua kereta itu menggunakan sarana jadul berbody mild steel.

Karena tingginya penumpang pada koridor tersebut, perjalanan tambahan itupun jadi berasa reguler. Meski dijalankannya hanya di weekend atau libur nasional. Nah dari sinilah kemudian memunculkan kereta baru di Gapeka 2023. Terlebih dengan adanya mutasi sarana dari Sidotopo ke Jakarta Kota.

Dengan demikian tertanggal 1 Juni 2023 lahirlah Kereta Api Manahan. Sama seperti para pendahulunya, perjalanan kereta ini bersifat Fakultatif.

Dua Sarana Berbeda dari Beda Dipo: Salah Satunya Bekas Turangga

Ada hal unik dari segi sarana yang dimiliki oleh kereta ini. Perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menggunakan rangkaian berbody stainless steel milik Dipo Jakarta Kota (JAKK). Sarana ini sebelumnya pernah digunakan oleh Kereta Api Turangga.

Setelah KA Argo Wilis dan Turangga berbagi sarana, rangkaian aslinya dimutasi dari Dipo Sidotopo (SDT). Satu trainset ke Bandung untuk dijadikan cadangan (trainset ke-3). Sedangkan satunya lagi ke Jakarta Kota (JAKK). Nah inilah yang dipakai oleh Manahan.

Adapun perjalanan sebaliknya justru malah memakai sarana mild steel milik Dipo Solo Balapan (SLO). Rangkaiannya sekilas terlihat jadul. Dengan kereta retrofit berjendela pesawat dan lainnya.

Kesimpulan

Kereta Api Manahan merupakan satu dari beberapa pemain baru di Gapeka 2023. Merupakan kelanjutan dari KA Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif yang notabene layanan tambahan. Namun sekarang pun status kereta ini Fakultatif.

Ketika dinas menggunakan sarana berbeda. Salah satunya bekas KA Turangga untuk perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta ke Solo Balapan. Adapun sebaliknya gunakan rangkaian jenis mild steel yang lebih jadul.

Galeri Foto

Video

Lanjut ke Pola Operasional dan Jadwal Perjalanan

InSyaaAlloh pembahasan tentang Kereta Api Manahan masih akan lanjut dengan pembahasan Pola Operasional yang akan lebih ke sarananya. Juga jadwal perjalanan untuk mengetahui kereta ini berhenti di mana saja.