KA Argo Semeru Nieuw Eendaagsche Express

KA Argo Semeru Niew Eendaagsche Express?

Bersamaan Gapeka 2023 tanggal 1 Juni, KA Argo Semeru beroperasi perdana. Melayani Jakarta – Surabaya via selatan. Bakal jadi Niew Eendaagsche Express kah?

Pendahuluan

Pasca dikembalikannya KA Bangunkarta seperti sediakala, nggak ada lagi alternatif perjalanan dari Jakarta ke Surabaya via koridor selatan. Khususnya dengan layanan full eksekutif.

KA Bangunkarta sendiri waktu itu memang nggak full selatan. Tapi dari Semarang belok ke jalur selatan via Kedungjati dan Stasiun Solo Jebres. Perjalanannya berakhir di Stasiun Surabaya Gubeng.

Namun setelah rutenya dikembalikan seperti semula yakni Stasiun Jakarta Pasar Senen – Jombang. Praktis terhentilah layanan eksekutif untuk koridor selatan dari Jakarta ke Surabaya. Khususnya keberangkatan Stasiun Gambir.

Sejarah Awal Justru via Selatan

Kembali ke era Staats Spoorwegen (SS), Ketika seluruh Pulau Jawa telah terkoneksi jaringan kereta api ternyata masih sisakan masalah.

Dimana bila tiba di Lintas Kereta Api Mataram (Voortenslanden) maka harus berganti kereta dulu. Setelah itu berganti lagi ke kereta SS di Stasiun Solo Jebres. Pasalnya Lintas Kereta Api Mataram waktu itu dioperasikan NISM, perusahaan swasta.

Nah ketika solusi sudah ditemukan, maka dimulailah perjalanan kereta api langsung dari Batavia hingga Surabaya. Dengan kereta api Eendaagsche Express atau KA Ekspres Siang.

Perjalanan kereta api Eendaagsche Express melalui jalur selatan sepenuhnya. Dari Batavia ke Cirebon lalu melewati Purwokerto, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun dan berakhir di Stasiun Surabaya Kota. Nah perjalanan perdana kereta ekspres justru via selatan.

Eendaagsche Express, Perjalanan Siang Hari

Selain melewati jalur selatan, perjalanan kereta api Eendaagsche Express sepenuhnya dilakukan pada siang hari. Sesuai namanya juga yang kalo diterjemahkan ialah Ekspres Siang.

Makanya itu agak aneh kalo sampe nggak ada perjalanan siang hari yang melayani rute Jakarta – Surabaya. Udah itu lewat Jogja dan Solo. Ditambah layanannya full kereta eksekutif. Secara Eendaagsche Express sendiri kereta elite di masanya.

KA Argo Semeru Sebuah Jawaban

Perjalanan siang itu bukannya nggak ada. KA Gaya Baru Malam Selatan yang bila diurut silsilahnya masih ada keterkaitan dengan Eendaagsche Express memang jadwalnya siang. Tapi sayang kedatangan di Stasiun Surabaya Gubeng nya malam hari.

KA Gaya Baru Malam Selatan bahkan pernah jadi kereta rakyat. Sebelum elite lagi dengan campuran kereta ekonomi plus dan eksekutif. Walaupun ada keterikatan silsilah belumlah bisa dikatakan sebagai Eendaagsche Express di masa kini.

Maka dari itu kelahiran KA Argo Semeru pada tanggal 1 Juni 2023 seolah memberi jawaban. Mengingatkan kita akan keberadaan sebuah kereta elite di era kolonial yang bahkan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

KA Argo Semeru Dari Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Nama KA Argo Semeru seperti kita tahu itu diambil dari nama sebuah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan titik tertingginya bernama Mahameru. Gunung yang menjadi impian bagi siapapun untuk ditaklukkan. Namun kini kondisinya lagi nggak stabil setelah beberapa kali erupsi.

KA Argo Semeru Nggak Gunung Kereta Pun Jadi

Untuk mendaki gunung Semeru bukanlah hal mudah. Apalagi kondisi sekarang yang jauh dari stabil. Beberapa kali gunung yang juga dianggap sakral ini mengalami erupsi. Pernah pula terjadi letusan besar.

Kalopun dalam kondisi normal nggak akan bisa sampai Puncak Mahameru. Pihak pengelola membatasi kegiatan pendakian hanya sampai Pos Kalimati. Nah kalo gitu kenapa nggak dicoba aja ya naik KA Argo Semeru? Nggak bisa naik gunung, kereta nya pun jadi.

KA Argo Semeru Bolehlah Dibilang Versi Baru

Dengan adanya alternatif perjalanan kereta eksekutif argo di siang hari dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Stasiun Surabaya Gubeng, bolehlah kereta ini kita sebut sebagai Niew Eendaagsche Express atau KA Ekspres Siang Versi Baru.

Perjalanan via Selatan Jadi Komplit

Nah dengan hadirnya Niew Eendaagsche Express ini maka perjalanan siang hari dari Jakarta ke Surabaya via selatan jadi makin komplit. Sebelumnya telah ada KA Gaya Baru Malam Selatan dan Kereta Api Jayakarta.

Kesimpulan

KA Argo Semeru diluncurkan pada 1 Juni 2023 bersamaan dengan Gapeka baru. Kehadirannya seolah menjawab kebutuhan sekaligus rasa rindu akan adanya sebuah kereta eksekutif Jakarta Surabaya via selatan.

Pasalnya jika melihat pada sejarahnya, justru kedua kota tersebut pertama kali terhubung via selatan. Begitupula kereta elite nya, Eendaagsche Express. Dengan adanya kereta ini perjalanan via selatan jadi lebih komplit. Lebih dari itu bisa disebut Niew Eendaagsche Express (Ekspres Siang versi baru).

Galeri Foto

Lanjut ke Jadwal Perjalanan

Pembahasan tentang Niew Eendaagsche Express ini inSyaaAlloh masih akan berlanjut ke Jadwal Perjalanan. Terutama bila kamu ingin menjajal kereta ini karena belum bisa menaklukkan Gunung Semeru yang asli. Stay tune aja ya

Epilog