stasiun kereta api purwokerto terbesar di jalur ka cirebon kroya

Stasiun Kereta Api Purwokerto : Terbesar dan Layani Semua KAJJ

Stasiun Kereta Api Purwokerto merupakan stasiun utama dan terbesar di jalur KA Cirebon Kroya. Merupakan pintu masuk Kabupaten Banyumas. Di sini melayani semua perjalanan kereta api jarak jauh.

Pendahuluan

Pembangunan Jalur KA Cirebon Kroya bukan hanya memperpendek waktu tempuh Jakarta Surabaya dan mengurangi beban lintas Priangan. Lebih dari itu membuat kota dan kabupaten yang dilewatinya ikut hidup.

Salah satunya adalah Kabupaten Banyumas. Sebelumnya bahkan telah memiliki jaringan rel kereta api yang dioperasikan SDSM (Serajode Dal Stroomtram Maatschappij). Jalurnya mulai dari Maos dan berakhir di Wonosobo.

Dengan adanya proyek jaringan rel kereta api baru yang dibangun Staats Spoorwegen (SS) tentu akan membuat daerah ini semakin menggeliat. Jalur KA Cirebon Kroya melintas Kabupaten Banyumas, khususnya sebuah kota bernama Purwokerto.

Stasiun Kereta Api Purwokerto Bukan Yang Pertama

Di Jalur KA Cirebon Kroya yang dibangun Staats Spoorwegen (SS) 1912 hingga 1917 membutuhkan sebuah stasiun pemberhentian di wilayah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Di titik inilah Staats Spoorwegen (SS) mendirikan Stasiun Kereta Api Purwokerto.

Ini adalah stasiun kedua yang berada di Kota Purwokerto. Sebelumnya telah ada stasiun yang dioperasikan oleh SDSM. Di kemudian hari dikenal dengan nama Stasiun Purwokerto Timur.

Stasiun Kereta Api Purwokerto : Pemberhentian Utama di Jalur KA Cirebon Kroya

Stasiun ini dioperasikan untuk pertama kalinya tahun 1917. Ketika Staats Spoorwegen (SS) mengoperasikan kereta cepat rute Batavia-Surabaya, Eendaagsche Express, stasiun ini jadi pemberhentian.

Di sini terjadi aktivitas pergantian lokomotif rangkaian kereta Eendaagsche Express. Nah boleh jadi semua rangkaian kereta api jarak jauh yang berhenti di sini berawal dari berhentinya Eendaagsche Express.

Stasiun Kereta Api Purwokerto : Pintu Masuk Utama Kabupaten Banyumas

Keberadaan stasiun besar sekaligus utama di Jalur KA Cirebon Kroya ini menjadikannya pintu masuk utama Kabupaten Banyumas. Terutama bagi warga yang memang tinggal di sekitaran atau lebih mudah lewat Purwokerto.

Selain itu juga mereka yang akan berwisata di sejumlah objek wisata. Diantaranya Baturraden dan Sungai Serayu. Titik terdekat dan paling mudah memang di sini.

Stasiun Kereta Api Purwokerto : Tempat Transit

Nggak sedikit pula penumpang yang menjadikan stasiun besar ini sebagai tempat transit. Apalagi kalo nggak kebagian tiket kereta api yang langsung. Saat ini tersedia layanan aglomerasi seperti KA Kamandaka dan Joglosemarkerto. Bisa dijadikan opsi untuk melanjutkan perjalanan.

Saat Ini Satu-Satunya Stasiun Besar

Stasiun Kereta Api Purwokerto sebetulnya memiliki percabangan menuju Stasiun Timur peninggalan SDSM. Namun sayangnya banyak jalur SDSM yang ditutup. Mulai dari lintas Maos dibongkar di era kekaisaran Jepang tahun 1942.

Kemudian pada dekade 1970-an giliran Purwokerto Timur ke Wonosobo yang ditutup. Segmen menuju Stasiun Timur masih beroperasi sampai memasuki dekade 1980-an untuk angkutan barang.

Dihentikannya angkutan barang di awal 90-an otomatis membuat segmen akhir ini ikut ditutup. Sejak itu tinggalah Stasiun Kereta Api Purwokerto yang tersisa sebagai peninggalan sejarah.

Karena itu sekarang menjadi satu-satunya stasiun terbesar dengan fasilitas lengkap di Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Adapun “saudara tuanya” peninggalan SDSM telah berubah fungsi menjadi area komersial.

Layani Semua Perjalanan KAJJ

Stasiun iini melayani semua perjalanan KAJJ. Mulai dari kelas tertinggi, KA Argo Semeru titisan Eendaagsche Express, hingga kereta rakyat seperti Bengawan dan Serayu yang bertarif murah.

Di sini juga tersedia layanan aglomerasi KA Kamandaka tujuan Cilacap dan Semarang Tawang Bank Jateng. Ditambah lagi KA Joglosemarkerto yang memutar Jawa Tengah.

Hanya satu yang belum ada yakni Komuter. Padahal Daop 5 Purwokerto sebagai operator stasiun ini kalo mau bisa aja membuka layanan komuter. Apalagi dengan berbagai potensi wisata yang ada.

Kesimpulan

Stasiun Kereta Api Purwokerto merupakan stasiun utama dan terbesar di Jalur KA Cirebon Kroya. Mulai beroperasi 1917 dimana awalnya merupakan stasiun kedua setelah Purwokerto Timur.

Berawal dari pemberhentian layanan Eendaagsche Express untuk ganti lokomotif, boleh jadi inilah yang menjadikan semua KAJJ dilayani di sini. Selain itu merupakan pintu masuk utama Kabupaten Banyumas dan tempat transit.

Seiring berkembangnya waktu, stasiun ini jadi satu-satunya yang terbesar di Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Melayani semua perjalanan KAJJ mulai dari kelas termahal hingga paling murah. Juga layanan Aglomerasi.

Galeri Foto

Lanjut ke Jadwal Perjalanan Kereta

InSyaaAlloh pembahasan masih akan berlanjut ke Jadwal Perjalanan Kereta Stasiun Purwokerto.