Kereta Api Banyubiru merupakan salah satu produk baru di Gapeka 2023. Namun siapa sangka kereta dengan rute Semarang Solo itu sejatinya masih pemain lama di lintas bersejarah tersebut. Produk baru stok lama gitu. Mulai 1 Juni 2024 melayani pemberhentian di Stasiun Telawa.
Pendahuluan
Jalur kereta api Semarang Solo adalah yang pertama di Indonesia. Mulai beroperasi tahun 1867 meski waktu itu masih mentok di Tanggung. Adapun perpanjangan hingga Solo baru terjadi di tahun 1870. Hingga akhirnya seluruh Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden) berhasil terhubung 1872.
Jalur tersebut dioperasikan oleh NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij). Namun setelah kemerdekaan, jalur bersejarah tersebut justru banyak mengalami dinamika. Layanan kereta api Semarang Solo hingga Jogja seperti mengalami turbulensi. Hal ini tak lepas dari persaingan dengan jalan raya.
Dinamika Jalur Bersejarah
Di lintas ini pernah ada KA Pandanaran. Kemudian pernah pula yang konsepnya KRD (Kereta Rel Diesel) seperti Pandanwangi dan Banyubiru di tahun 2000-an. Uniknya trainset KRD Pandanwangi rusak dan harus ditarik loko BB201 yang sejatinya sama-sama sepuh.
Sayangnya konsep kereta komuter ini ternyata kurang cocok. Sarana uzur dan okupansi minim membuat Pandanwangi harus berhenti dinas. Banyubiru juga sama. Bahkan rutenya cukup berdinamika.
Pernah juga sampai Stasiun Cepu. Dinamika terus-terusan ternyata tak bisa menyelamatkan okupansinya. Alhasil KRD Banyubiru bernasib sama dengan Pandanwangi.
Di Gapeka 2014 PT. KAI bersama Pemprov Jateng mengoperasikan KA Kalijaga. Nggak lama kemudian muncul Kereta Api Joglosemarkerto. Namun karena subsidi dari Pemprov tak diperpanjang, KA Kalijaga pun harus pensiun dini. Alhasil tinggal menyisakan Kereta Api Joglosemarkerto dengan tarif paling murah Rp 100.000,00.
Kembalinya Kereta Api Banyubiru
PT. KAI memberlakukan Gapeka 2023 pada tanggal 1 Juni 2023. Bersamaan dengan itu muncul beberapa rangkaian kereta baru. Salah satunya adalah Kereta Api Banyubiru. Nah nama Banyubiru sejatinya bukanlah barang baru di dunia perkeretaapian Indonesia. Khususnya di lintas bersejarah sejak 1867 itu.
Jadi kemunculannya di Gapeka 2023 boleh dibilang sebagai comeback (kembali). Setelah sekian lama menghilang dan sempat digantikan KA Kalijaga dan diisi Kereta Api Joglosemarkerto.
Kereta Api Banyubiru : Reborn Sekaligus Rebranding
Kehadiran kereta ini di Gapeka 2023 ternyata bukan sekedar Reborn. Lebih dari itu juga sekaligus rebranding konsep dan layanannya. Jika di edisi lama merupakan kereta komuter dengan sarana KRDE buatan PT. INKA Madiun, edisi baru ini berubah jadi Aglomerasi.
Layanannya pun ikut mengalami perubahan jadi kereta eksekutif dan ekonomi plus kemenhub. Kereta biasa ditarik lokomotif. Adapun rutenya dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng ke Solo Balapan dan sebaliknya.
Berhenti di Brumbung, Telawa, Gundih, dan Salem
Dalam perjalanannya Kereta Api Banyubiru berhenti di Stasiun Brumbung Demak, Telawa, Gundih, dan Salem.
Sebagai tambahan info, pemberhentian di Telawa Boyolali mulai tanggal 1 Juni 2024. Tepat setahun kereta ini beroperasi kembali di Jalur KA Semarang Solo yang bersejarah.
Uniknya, setiap pemberhentiannya mewakili satu kabupaten. Stasiun Brumbung mewakili Kabupaten Demak. Telawa posisinya di Boyolali dan jadi satu di antara dua stasiun aktif di kabupaten tersebut. Gundih masuk Kabupaten Grobogan. Salem di Kabupaten Sragen dan masuk aglomerasi Solo Raya.
Jadwal Kereta Api Banyubiru (Gapeka 2023)
Berikut adalah jadwal perjalanannya berdasarkan Gapeka 2023 yang mulai berlaku 1 Juni 2023. Juga tersedia tambahan pemberhentian mulai 1 Juni 2024:
Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat | No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
207F | Solo Balapan | 10.40 | 209F | Solo Balapan | 17.15 | ||
Salem | 10.58 | 11.00 | Salem | 17.33 | 17.35 | ||
Gundih | 11.21 | 11.24 | Gundih | 17.56 | 17.59 | ||
Telawa | 11.45 | 11.47 | Telawa | 18.20 | 18.22 | ||
Brumbung | 12.22 | 12.24 | Brumbung | 19.11 | 19.14 | ||
Semarang Tawang Bank Jateng | 12.42 | Semarang Tawang Bank Jateng | 19.31 |
Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat | No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
210F | Semarang Tawang Bank Jateng | 07.50 | 208F | Semarang Tawang Bank Jateng | 20.45 | ||
Brumbung | 08.07 | 08.10 | Brumbung | 21.02 | 21.04 | ||
Telawa | 08.50 | 08.52 | Telawa | 21.44 | 21.46 | ||
Gundih | 09.08 | 09.11 | Gundih | 22.14 | 22.17 | ||
Salem | 09.33 | 09.35 | Salem | Ls | Ls | ||
Solo Balapan | 09.55 | Solo Balapan | 22.56 |
Harga Tiket Mulai Rp 30.000,00
Harga Tiket Kereta Api Banyubiru mulai Rp 30.000,00 untuk kereta ekonomi plus kemenhub. Sedangkan kereta eksekutif-nya Rp 60.000,00. Ini tentu jauh lebih murah bila dibandingkan Kereta Api Joglosemarkerto.
Bahkan eksekutif nya aja memecahkan rekor termurah yang selama ini dipegang KA Pangrango di Rp 80.000,00. Untuk pemesanan tiket mulai H-30 sebagaimana Kereta Aglomerasi lainnya.
Kesimpulan
Meski produk Gapeka 2023, Kereta Api Banyubiru sejatinya merupakan pemain lama di Jalur Legendaris. Melayani rute Semarang Tawang Bank Jateng ke Solo Balapan dan sebaliknya. Mulai 1 Juni 2024 melayani pemberhentian di Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali.
Harga tiket ekonomi plus kemenhub Rp 30.000,00 dan eksekutif Rp 60.000,00. Bahkan memecahkan rekor kereta eksekutif termurah yang selama ini dipegang oleh KA Pangrango.
Leave a Reply