kereta api dharmawangsa produk gapeka 2019 masih eksis

Kereta Api Dharmawangsa : Produk Gapeka 2019 Masih Eksis

Kereta Api Dharmawangsa satu-satunya produk Gapeka 2019 yang masih eksis. Di saat teman seangkatannya rebranding atau berhenti beroperasi sama sekali. Tersedia layanan kereta eksekutif dan ekonomi plus kemenhub. Berhenti dimana saja? Berikut Jadwal Perjalanan Gapeka 2023.

Pendahuluan

Gapeka 2019 akan selalu diingat dan dicatat dalam sejarah sebagai Gapeka penuh kontroversi sekaligus yang paling pendek. Gapeka ini banyak menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Terutama dengan adanya perpanjangan relasi sejumlah kereta dari Bandung ke Jakarta.

Biasanya pemberlakuan Gapeka baru bersamaaan dengan peluncuran layanan kereta baru. Tak terkecuali Gapeka 2019. Ada beberapa rangkaian kereta baru yang dinas di awal Desember 2019. Namun Pandemi Covid-19 membuyarkan semuanya.

Gapeka 2019 ini ternyata hanya seumur jagung. Disinilah terlihat bahwa ini merupakan Gapeka terpendek dalam sejarah. Terutama bila mengacu pada efektifitas pemberlakuannya. Kereta-kereta barunya pun berguguran. Meski masih ada yang bertahan hingga kini.

Awal Dinas Kereta Api Dharmawangsa

Kereta ini mengawali dinasnya tanggal 2 Desember 2019 atau bersamaan dengan berlakunya Gapeka 2019. Bahkan diluncurkan langsung oleh Dirut PT KAI pada saat itu, Edi Sukmoro. Bersama dengan dua kereta baru lainnya yakni Anjasmoro dan Sancaka Utara.

salah satu pemberhentian stasiun ngrombo purwodadi

Asal Usul Nama Dharmawangsa

Nama Dharmawangsa sendiri diambil dari raja terakhir Kerajaan Medang bernama Dharmawangsa Teguh (putra Makutawangsawardhana). Raja dengan nama asli Wijayamreta Wardhana ini memerintah pada tahun 991-1010 Masehi.

Produk Gapeka 2019 yang Masih Eksis

Kereta Api Dharmawangsa dan Gapeka 2019 tak bisa dipisahkan. Karena merupakan satu dari 3 kereta yang diluncurkan bersama dengan pemberlakuan Gapeka 2019.

Walaupun ada yang lebih fenomenal tentunya ketika itu. Namun sayangnya Gapeka 2019 hanya efektif 4 bulan hingga Maret 2019 gegara keburu Pandemi Covid-19

Dampak dari Pandemi Covid-19 ialah pembatasan mobiltas. Semua KA Jarak Jauh terkena, tak terkecuali yang baru dinas. Seiring berjalannya waktu diganti ke Gapeka 2020. Nggak seperti dua teman seangkatannya, Kereta Api Dharmawangsa tetap eksis hingga sekarang.

Lantas bagaimana nasib dua kereta seangkatan Dharmawangsa? Anjasmoro rebranding menjadi Kereta Api Bangunkarta. Nasibnya masih lebih baik. Namun paling tragis jelas Sancaka Utara. Sejak awal okupansi minim dan di Gapeka 2023 dihapus. InSyaaAlloh nanti akan dibahas tersendiri.

Layanan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Plus

Kereta ini memiliki layanan kereta eksekutif dan ekonomi plus. Memanfaatkan rangkaian Kereta Api Brantas yang idle. Awalnya rangkaian ekonomi yang dipakai kapasitas 106 penumpang. Namun saat ini telah diganti ke ekonomi plus kemenhub 80 penumpang. Menggunakan trainset bekas KA Majapahit.

Kereta Api Dharmawangsa Berhenti Dimana Saja? (Gapeka 2023)

Pertama kali dinas di bulan Desember 2019, kereta ini melayani rute Jakarta Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi PP. Menyediakan alternatif perjalanan pagi dari Jakarta dan sore dari Surabaya. Sebagai satu-satunya angkatan Gapeka 2019 yang masih eksis, jadwal perjalanan pun banyak mengalami dinamika.

Lantas Kereta Api Dharmawangsa berhenti dimana saja? Berikut adalah jadwal terbarunya di Gapeka 2023. Jadwa perjalanan ini mulai berlaku 1 Juni 2023

Rute Surabaya Pasar Turi – Jakarta Pasar Senen

Rute Jakarta Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

Kereta Api Dharmawangsa Layani Warga Subang via Pegaden Baru

Kabar gembira buat warga Subang yang hendak naik kereta api ke Jakarta maupun Surabaya. Kereta ini melayani warga Subang melalui Stasiun Pegaden Baru. KA 131 tujuan Stasiun Jakarta Pasar Senen dan KA 132 ke Surabaya, keduanya berhenti di Pegaden Baru.

Pemberhentian di Cirebon Prujakan

Kereta Api Dharmawangsa juga melayani perjalanan dari dan ke Cirebon. Adapun pemberhentiannya di Stasiun CIrebon Prujakan yang identik dengan stasiunnya kereta ekonomi. Boleh jadi karena membawa lebih banyak kereta ekonomi jadi diberhentikan di sini. Meski masih ada layanan eksekutif.

Pemberhentian di Indramayu dan Brebes

Untuk Indramayu hanya tersedia di KA 132 yakni di Haurgeulis. Sedangkan untuk Brebes, terdapat dua stasiun yakni Stasiun Tanjung dan Stasiun Brebes. Hal ini berlaku untuk KA 131 dan 132. Jadi bisa dipilih mana yang lebih enak dan mudah diakses.

Kok Nggak Ada Pemalang ? Silakan Turun di Stasiun Tegal

Namun sayangnya bagi yang biasa naik dan turun di Stasiun Pemalang, kebetulan nggak ada pemberhentian di sana. Baik untuk KA 131 dari Surabaya maupun 132 dari Jakarta. Alternatifnya kamu bisa naik atau turun di Stasiun Tegal.

Kereta Api Dharmawangsa di Kota Semarang

Boleh jadi ini adalah hal unik terutama untuk KA 132 keberangkatan dari Stasiun Jakarta Pasar Senen untuk tujuan Semarang. Kereta ini berhenti di dua stasiun utama yakni Semarang Poncol dan Semarang Tawang Bank Jateng.

Namun justru lebih lama di Stasiun Semarang Poncol yakni 17 menit. Adapun KA 131 perjalanan malam dari Surabaya Pasar Turi melintas langsung di situ. Hanya berhenti di Semarang Tawang Bank Jateng.

Video