Kereta Api Cikuray Sang Pelopor Jalur Legendaris

Kereta Api Cikuray Sang Pelopor Jalur Legendaris

Kereta Api Cikuray dioperasikan nggak lama setelah Jalur KA Cibatu Garut beroperasi secara reguler. Jadi pelopor KAJJ di jalur legendaris. Semoga kedepan bertambah lagi dan nggak cuma itu aja.

Penantian panjang itu akhirnya terjawab. Awal Maret 2022 Jalur KA Cibatu Garut yang legendaris akhirnya dioperasikan secara reguler. Dimulai dengan perpanjangan rute KA Lokal Cibatuan hingga Stasiun Garut. Otomatis namanya pun berganti jadi KA Garut Cibatuan.

Beroperasinya jalur legendaris tersebut juga membuat PT.KAI mengoperasikan layanan kereta api jarak jauh (KAJJ) keberangkatan dari Jakarta. Sebetulnya rencana ini telah lama. Namun seperti udah pernah disinggung sebelumnya di konten Jalur KA Cibatu Garut, Pandemi Covid-19 menunda semuanya.

Nah setelah dua tahun lamanya barulah rangkaian jarak jauh itu beroperasi di jalur legendaris. Rutenya Jakarta Garut mengingatkan kita pada sejarah pembangunan jalur kereta api dimana lintas Garut dibangun lebih dulu sebelum ke Jawa Tengah.

Kereta Api Cikuray, PSO Rasa Komersial

Tanggal 23 Maret 2022 Kereta Api Cikuray untuk pertama kalinya dinas melayani rute Stasiun Garut – Stasiun Jakarta Pasar Senen PP. Dalam perjalanannya berhenti di beberapa stasiun seperti Leles, Cicalengka, Kiaracondong, Bandung, Purwakarta, Karawang dan Bekasi.

Trainsetnya sendiri menggunakan KA ekonomi plus kemenhub. Meski demikian tarif yang diberlakukan adalah tarif PSO sebesar Rp 45.000,00. Maka jadilah kereta PSO rasa komersial.

Biasanya trainset KA ekonomi plus Kemenhub kapasitas 80 orang itu dipake di KA Ekonomi Komersial tanpa subsidi.

Kereta Baru Stok Lama

Secara fisik kereta ini memang layanan baru yang beroperasi di lintas legendaris yang aktif lagi setelah hampir 40 tahun mati suri. Sekalipun baru, trainset yang digunakan bukanlah kereta baru. Kereta ekonomi plus kemenhub yang digunakan adalah bekas KA Bogowonto milik Dipo Jakarta Kota (JAKK).

Nama Cikuray sendiri diambil dari sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut. Gunung Cikuray yang jadi destinasi favorit para pendaki untuk muncak. Belum lama ini pernah terjadi kehebohan. Ada seorang pendaki hilang ditemukan selamat. Namun si pendaki itu menceritakan pengalaman mistis.

Sang Pelopor Jalur Legendaris

Kereta Api Cikuray menjadi kereta api jarak jauh (KAJJ) pertama yang beroperasi di jalur legendaris. Diharapkan setelah ini akan ada lagi rangkaian KAJJ yang melayani rute perjalanan dari dan menuju Stasiun Garut.

Secara Stasiun Garut itu sendiri telah direnovasi total dan menjadi stasiun termegah di Indonesia saat ini. Karenanya sangat disayangkan bila stasiun megah tapi hanya punya sedikit layanan kereta api.

Jadwal Kereta Api Cikuray

Berikut adalah jadwal perjalanan Kereta Api Cikuray rute Garut-Jakarta Pasar Senen PP (Gapeka 2021):

No KAStasiunBerangkatNo KAStasiunBerangkat
70478Garut (GRT)07.0570488Jakarta Pasar Senen (PSE)17.55
Cibatu (CB)07.49Bekasi (BKS)18.23
Leles (LL)08.11Karawang (KW)18.55
Nagreg (NG)08.55Cikampek (CKP)19.16
Cicalengka (CCL)09.13Purwakarta (PWK)19.55
Kiaracondong (KAC)09.37Cimahi (CMI)21.52
Bandung (BD)09.49Bandung (BD)22.08
Cimahi (CMI)10.02Kiaracondong (KAC)22.22
Padalarang (PDL)10.14Cicalengka (CCL)23.05
Cilame (CLE)10.36Nagreg (NG)23.17
Purwakarta (PWK)11.40Leles (LL)23.40
Cikampek (CKP)12.01Cibatu (CB)23.58
Karawang (KW)12.24Garut (GRT)00.53
Bekasi (BKS)13.00
Jatinegara (JNG)13.20
Jakarta Pasar Senen (PSE)13.32

Harga tiket untuk sekali perjalanan Rp 45.000,00. Ini adalah tarif PSO (subsidi). Jauh dekat dipatok sama. Memang ada tarif khusus Rp 15.000,00 dengan syarat dan ketentuan berlaku. Diantaranya 2 jam sebelum berangka dan hanya di beberapa rute pendek semisal Leles-Cibatu atau Cibatu-Garut.

Galeri Foto

1 thought on “Kereta Api Cikuray Sang Pelopor Jalur Legendaris”

  1. Pingback: Isu PKI dan Jalur Non Aktif (Kekurangan Tenaga Ahli) - Mugen ID

Leave a Reply

%d bloggers like this: