sakura shinkansen osaka hiroshima (trip ke hiroshima)

Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima (Perjalanan ke Hiroshima)

Perjakanan naik Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima. Dua kota ini normalnya ditempuh dalam waktu 4 jam. Namun dengan kereta cepat dipangkas jadi hanya 90 menit saja. Hanya berhenti di beberapa stasiun.

Pendahuluan

Dari Osaka ke Hiroshima sekarang udah ada layanan Shinkansen. Ini merupakan bagian dari Sanyo Line yang mulai dibangun awal dekade 1970-an. Sebelumnya di 1 Oktober 1964 Tokaido Shinkansen Line selesai dibangun dan memepersingkat konektivitas Tokyo dan Osaka.

Seolah belum cukup sampai di situ, awal 1970-an giliran Tokaido Shinkansen Line diperpanjang sampai menyeberangi pulau. Sehingga membentuk apa yang kemudian dikenal Tokaido Sanyo Shinkansen Line. Dimana Osaka dan Hiroshima termasuk di dalamnya.

Jalur ini menembus lautan via Kanmon Tunnel hingga memasuki Pulau Kyushu dan berakhir di Hakata. Nah sampai disinipun ternyata belum cukup. Seiring berjalannya waktu lagi-lagi perpanjangan ke Kagoshima Chuo di Fukuoka. Antara Hakata dan Kagoshima Chuo terdapat Sendai Station.

Perjalanan Shinkansen dari Osaka ke Hiroshima kali ini memang nggak mencakup keseluruhan segmen. Apalagi sampai nyeberang pulau. Boleh dibilang baru sepertiganya saja. Seperti apakah perjalanannya?

Perjalanan Naik Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima

Sebelum lanjut perlu diingatkan dulu bahwa ini adalah perjalanan di tanggal 15 November 2018. Berarti udah lama banget bahkan sebelum masuk era Pandemi Covid-19. Walaupun udah lama nggak ada salahnya untuk di refresh kembali.

Penasaran kaya gimana perjalanan dari Osaka ke Hiroshima naik Shinkansen? Yuk diikuti tahapannya, nanti juga ada videonya

Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima : Berangkat dari Shin-Osaka Station

Perjalanan dimulai dari Shin-Osaka Station. Sama seperti Shinkansen Tokyo Shin Osaka sebelumnya, stasiun ini merupakan pemberhentian semua Shinkansen. Baik Tokaido Sanyo maupun Sanyo Shinkansen. Semuanya dipusatkan di sini.

Nah perjalanan menuju Hiroshima sejatinya tersedia 3 alternatif yakni Kodama, Nozomi, dan Sakura. Dua yang disebut merupakan layanan Tokaido Sanyo Shinkansen. Namun karena memegang JR Pass Ordinary pilihannya hanya tersedia Kodama dan Sakura.

Karena nggak mau terlalu lama di jalan, dipilihlah Sakura Shinkansen. Karena kalo pilih Kodama itu berhenti di setiap stasiun. Walaupun masih lebih cepat daripada Limited Express (4 jam) apalagi Lokal. Sakura Shinkansen memiliki rute Shin-Osaka ke Kagoshima Chuo. Dari Kansai ke Pulau Kyushu.

Singkat cerita perjalanan pun dimulai ketika waktu memasuki kurang lebih jam 12.30 waktu setempat. Sakura Shinkansen berangkat dari Shin-Osaka Station tepat waktu.

Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima : 90 Menit Perjalanan

Bila naik Limited Express biasa perjalanan Osaka ke Hiroshima ditempuh dalam waktu 4 jam. Ini sebetulnya normal. Namun dengan Sakura Shinkansen hal tersebut bisa dikurangi jadi hanya 90 menit saja.

Shin-Osaka Station sebetulnya juga melayani perjalanan Lokal dan Limited Express. Namun nggak semuanya. Beberapa Limited Express masih dilayani di Osaka Station yang membutuhkan sambungan lokal untuk bisa ke sana. Jadi pilihan Sakura Shinkansen udah tepat dan merupakan pilihan bijak.

Berhenti di Beberapa Stasiun Saja

Perjalanan naik Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima ini juga hanya berhenti di beberapa stasiun saja. Ambil contoh Shin-Kobe, Okayama, dan Fukuyama Station. Singkatnya waktu tempuh juga dipengaruhi sedikitnya jumlah pemberhentian.

Berangkat dari Shin-Osaka Station jam 12.30 dan tiba di Hiroshima jam 14.00 waktu setempat. Jadi bagi pemegang JR Pass Ordinary naik Sakura Shinkansen adalah pilihan sangat tepat. Apalagi untuk One Day Trip. Worth it banget itu.

Kesimpulan

Dengan Sakura Shinkansen, perjalanan dari Shin-Osaka Station menuju Hiroshima Station hanya ditempuh dalam waktu 90 menit saja. Padahal aslinya bisa nyampe 4 jam perjalanan naik Limited Express. Sakura Shinkansen berhenti di beberapa stasiun saja seperti Shin-Kobe, Okayama, dan Fukuyama.

Masih Lanjut ke 1 Day Trip Hiroshima

Perjalanan Naik Sakura Shinkansen Osaka HIroshima ternyata nggak berhenti hanya di Hiroshima Station. Karena sejatinya ini adalah 1 Day Trip HIroshima dengan tujuan utamanya Peace Memorial Park. Berhubung pengguna JR Pass Ordinary artinya masih nyambung Lokal menuju titik terdekat.

Sedikit bocoran, sambungannya naik Lokal JR 227 Kabe Line Hiroshima. Lintas cabang dari Sanyo Main Line. Merupakan jalur dalam kota Hiroshima yang dioperasikan JR West.

Galeri Foto

Video