1 day trip hiroshima ke peace memorial park (jr pass)

1 Day Trip Hiroshima : Ke Peace Memorial Park Pakai JR Pass

1 Day Trip Hiroshima, perjalanan menuju Peace Memorial Park menggunakan JR Pass secara penuh. Itu berarti nggak akan naik kereta lain. Walaupun memakan waktu agak lama, siapa sangka malah menemukan Hiroshima Castle. Sebelum sampai ke tujuan sebenarnya.

Pendahuluan

Perjalanan ke Hiroshima sejatinya bukan hanya dari Osaka naik Sakura Shinkansen. Berawal dari Tokyo pada pagi hari tanggal 14 November 2018. Hanya saja menginap semalam dulu di Osaka sebelum lanjut ke Hiroshima. Secara di sana juga ada agenda Trip Universal Studio Japan (USJ).

Maka jadilah perjalanan menuju Hiroshima seolah hanya dari Osaka tanggal 15 November 2018. Padahal sebetulnya nggak sepenuhnya begitu. Tapi yang jelas tujuan utama memang ke kota tersebut. Mengunjungi Peace Memorial Park yang jadi saksi sejarah Bom Atom Sekutu di akhir Perang Dunia ke-2.

Beda dengan Osaka yang menginap semalam. Untuk Hiroshima nggak pakai menginap. Karena setelahnya langsung balik lagi ke Tokyo. Terlebih tujuan utama memang hanya ke Peace Memorial Park.

Sakura Shinkansen Berakhir di Hiroshima Station

Dari Shin-Osaka Station, menempuh perjalanan kurang lebih 90 menit dengan Sakura Shinkansen Osaka Hiroshima. Hanya berhenti di 3 stasiun yakni Shin-Kobe, Okayama, dan Fukuyama. Tanpa terasa perjalanan pun berakhir di Hiroshima Station.

Selanjutnya ialah transfer atau pindah kereta ke Kabe Line Hiroshima. Kebetulan peron kereta biasa ada di lantai bawah Hiroshima Station. Sedikit info, Kabe Line masih bagian dari Sanyo Main Line yang turut mencakup Hiroshima Station.

1 Day Trip Hiroshima : Sepenuhnya Pakai JR Pass

Perjalanan Sakura Shinkansen berakhir di Hiroshima Station. Selanjutnya transfer ke Lokal Kabe Line Hiroshima. Di sinilah 1 Day Trip Hiroshima dengan tujuan akhir Peace Memorial Park mulai.

Mengapa hanya ke situ aja? Kebetulan trip kali ini sepenuhnya pakai JR Pass. Bakal banyak jalan kakinya. Tentunya memakan waktu agak lumayan lama. Jadi lebih ke realistis aja. Penasaran kaya gimana? Yuk disimak

1 Day Trip Hiroshima : Naik Lokal ke Shin-Hakushima Station

Disinilah perjalanan bermula. Menggunakan kereta JR 227 Series “Red Wing” Kabe Line Hiroshima menuju Shin-Hakushima Station. Berdasarkan info ini adalah stasiun JR West paling dekat ke Peace Memorial Park. Jaraknya hanya “sepetak” dari Hiroshima Station.

1 Day Trip Hiroshima : Mulai Nih Jalan Kaki 2 km

Tiba di Shin-Hakushima Station sebetulmya ada alternatif subway ke Peace Memorial Park. Namun subway itu dioperasikan Astram, perusahaan kereta swasta Hiroshima. Pastinya akan keluar biaya lagi. Sedangkan ini maunya kan full JR Pass supaya lebih hemat. Maka mulailah jalan kaki hingga 2 km.

Nggak Sengaja Menemukan Hiroshima Castle

Siapa sangka memilih jalan kaki 2 km ke Peace Memorial Park malah menemukan tempat bersejarah lainnya, Hiroshima Castle. Walaupun sebetulnya itu replika hasil restorasi, tetap aja terhitung vintage. Di sekitar Hiroshima Castle terdapat danau dan disitu terlihat perahu lalu lalang.

Sedikit info, bangunan asli Hiroshima Castle sebetulnya telah hancur tak bersisa ketika tragedi Bom Atom Sekutu. Sempat hilang cukup lama akhirnya pijhak terkait melakukan restorasi hingga bangunan tersebut bisa berdiri lagi. Nah sayangnya nggak mampir ke situ.

Udah istirahat sebentar di depan bangunan bersejarah itu, langsung lanjut lagi ke Peace Memorial Park. Karena kalo masuk ke Hiroshima Castle selain keluar uang juga akan memakan waktu.

Hiroshima Dentetsu (Hiroden) Jadi Temuan Kedua

Nggak nyangka lagi-lagi tanpa sengaja untuk kedua kali menemukan sesuatu. Kali ini giliran Hiroshima Dentetsu (Hiroden). Kereta ini punya keunikan relnya berada di jalan raya. Percis seperti Jalur KA Batara Kresna di segmen Slamet Riyadi.

Sejatinya Hiroden ini jalurnya bermula dari Hiroshima Station dan berakhir di pelabuhan. Melewati jalan raya di dekat Peace Memorial Park. Kalo ngeh bisa aja naik ini tapi ya balik lagi ini full pake JR Pass.

1 Day Trip Hiroshima : Nyampe Juga Peace Memorial Park

Akhirnya tiba juga di Peace Memorial Park. Melihat dari dekat bangunan yang jadi saksi sejarah Bom Atom Sekutu di akhir Perang Dunia ke-2. Ketika Sekutu menjatuhkan Little Boy memang nggak menyentuh tanah. Tapi meledak di udara dan tepat di atas bangunan ikonik ini.

Sore hari itu banyak sekali yang berwisata di sana. Di depan bangunan bersejarah terdapat sebuah sungai besar. Di seberangnya merupakan spot terbaik untuk mengambil foto bangunan ikonik saksi jatuhnya Little Boy. Tujuan utama telah tercapai. Selanjutnya ya balik ke Tokyo.

Kesimpulan

1 Day Trip Hiroshima menggunakan JR Pass secara penuh. Karenanya ketika turun di Shin-Hakushima memilih jalan kaki 2 km ketimbang menggunakan subway-nya Astram. Udah itu tujuannya memang hanya ke Peace Memorial Park. Setelahnya kembali ke Tokyo

Namun siapa sangka pilihan jalan kaki itu malah menemukan bangunan bersejarah lainnya, Hiroshima Castle. Juga Hiroshima Dentetsu (Hiroden) yang mirip Jalur KA Batara Kresna.

Di Peace Memorial Park terdapat bangunan ikonik yang jadi saksi Bom Atom Sekutu di akhir Perang Dunia ke-2. Waktu itu Little Boy jatuh dan meledak tepat di atas bangunan tersebut.

Galeri Foto

Video