01 Tertahan di Stasiun Waru Info Membingungkan

Tertahan di Stasiun Waru dan Info Membingungkan

Tertahan di Stasiun Waru ditambah dapat info membingungkan dari operator masuk dalam plot Trip Kereta Api Tumapel yang menarik untuk dibahas. Sebab info itu kaya bikin ngakak orang awam. Lho kaya gimana sih?

Pendahuluan

Ibarat novel atau film mesti ada aja plot kosong yang bikin penasaran. Bahkan kadang plot itu cukup menarik bila dibahas atau dibikin narasi tersendiri. Tak terkecuali di Trip Kereta Api Tumapel itu.

Sebagai bagian dari Trip KA Bandung Malang November 2022, etape akhir ini juga menyisakan plot yang cukup menarik untuk dibahas. Bahkan ada bagian yang bakal bikin kamu tertawa.

Waduh lawakan apa ini ya? Intinya sih bagian ini boleh dibilang paling kocak ditengah keterlambatan Trip Kereta Api Tumapel yang baru nyampe Malang lewat tengah malam. Harusnya sih sebelum tengah malam.

Abis Wonokromo Tertahan di Stasiun Waru

Baru beberapa saat Trip Kereta Api Tumapel lepas dari Stasiun Wonokromo yang masih di Surabaya. Dimana kereta menunggu selama hampir 1 jam. Selintas memang disilang sih sama KA Probowangi.

Secara KA Probowangi merupakan kereta api jarak jauh (KAJJ) yang statusnya diatas Kereta Api Tumapel. Sehingga mesti mengalah dulu di Wonokromo. Stasiun ini adalah pertemuan lintas Bangil-Malang dan Kertosono-Jogja (segmen Kereta Solo Surabaya).

Nggak berselang lama Kereta Api Tumapel mulai memasuki wilayah Kabupaten Sidoarjo. Dimana Stasiun Waru adalah pemberhentian pertama. Selanjutnya Gedangan, Sidoarjo, Tanggulangin dan Porong.

Namun lagi-lagi ada yang aneh di sini. Berhentinya kok lama banget ya. Sama lamanya seperti di Wonokromo. Waduh Kereta Api Tumapel Tertahan di Stasiun Waru nih. Ada apa gerangan?

Tanya Operator Dapat Jawaban Membingungkan

Baru pertama ngelokal di Daop 8 Surabaya pastinya belum terlalu familiar dengan pola perjalanan di sana. Entah benar atau nggak berhenti di Wonokromo bisa lama gitu. Apalagi ini tertahan di Stasiun Waru dengan durasi nyaris sama.

Nggak pikir panjang langsung dikontak aja tuh si operator Kereta Api Tumapel, PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI). Namun jawaban yang diberikan oleh sang operator malah menambah bingung.

Disebutnya ada lokomotif KA Bima mengalami gangguan di lintas itu. Lha? Emangnya KA Bima lewat Sidoarjo? Bingung kan? Harusnya kan lewat Krian. Memang ada jalur ke Kertosono tapi itu hanya dilayani KA Jenggala rute Sidoarjo-Mojokerto.

Tambah galau aja nih jadinya. Asli dah inimah nyampe Malang bakalan telat. Bahkan nunggu lama Tertahan di Waru itu sampe ngabisin dua episode Anime! Luar biasa kan?

Tertahan di Stasiun Waru Tunggu KA dari Gedangan

Nggak lama setelah dapat info membingungkan itu barulah kru Kereta Api Tumapel memberitahukan alasan tertahan di Stasiun Waru itu. Alasannya sih lebih masuk akal. Menunggu KA tiba dari Stasiun Gedangan.

Bener juga nggak lama setelah kereta itu datang, KA Dhoho Penataran, trip Kereta Api Tumapel lanjut lagi dengan pemberhentian selanjutnya Stasiun Gedangan. Berturut Sidoarjo, Tanggulangin, Porong, Bangil, Lawang, Blimbing dan berakhir di Stasiun Malang.

Kecuali di Bangil, rata-rata kereta berhenti selama 1-3 menit. Maklumlah mengejar delay supaya nggak semakin delay. Kereta Api Tumapel tiba di Stasiun Malang jam 00.38 WIB atau terlambat sekitar 1 jam.

Tertahan di Stasiun Waru: Info Mendekati Tepat dari Tukang Ojol

Begitu tiba di Stasiun Malang dan lanjut naik Ojol ke penginapan di daerah Klojen yang nggak jauh dari situ. Tukang Ojolnya memberitahu bahwa dia sempat ke Blimbing.

Dimana Kereta Api Tumapel harusnya tiba di Stasiun Blimbing jam 23.00 WIB. Tapi nyatanya belum. Belakangan diinfokan juga oleh beliau ada rangkaian kereta mengalami gangguan di Stasiun Bangil.

Nah inilah yang sepertinya mendekati benar. Terlepas kereta mana yang gangguan jelas itu sangat mempengaruhi Perka di lintas Surabaya-Malang. Apalagi segmen Bangil juga nyatu dengan Jember-Banyuwangi.

Kesimpulan

Plot ini, Tertahan di Stasiun Waru, menjadi plot paling kocak dalam rangkaian perjalanan KA Bandung Malang tanggal 15 November 2022 lalu. Khususnya di etape Trip Kereta Api Tumapel. Dimana terjadi delay 1 jam.

Sempat mendapatkan info membingungkan dari KCI selaku operator bahwa ada lokomotif KA Bima mengalami gangguan. Namun dari pihak kru kereta menyebut masih menunggu kedatangan kereta dari arah Stasiun Gedangan.

Dan itu memang benar. Setelahnya kereta bisa diberangkatkan dengan durasi berhenti di tiap stasiun 1-3 menit, kecuali Stasiun Bangil. Info mendekati benar baru didapat dari Ojol di Malang bahwa ada kereta mengalami gangguan di Bangil.

Galeri Foto