e217 series terganjal regulasi pemerintah (gak jadi dinas)

E217 Series : Terganjal Regulasi (Nggak Jadi Dinas di Indonesia)

Trainset E217 Series salah satunya beroperasi di Yokosuka Line melayani rute Tokyo-Yokosuka. Melewati segmen jalur kereta bawah tanah. Pernah ada rencana impor bekas ke Indonesia namun terganjal regulasi. Alhasil nggak jadi beroperasi.

Prologue

Yokosuka Line merupakan lintas yang unik. Jalur penghubung Tokyo dan Kanagawa Prefecture ini memiliki segmen bawah tanah dari Tokyo Station ke Shinagawa, dimana terdapat satu stasiun yakni Shimbashi.

Jalur ini melayani perjalanan lokal menuju Yokosuka hingga Kurihama. Adapun keretanya sendiri terbilang cukup unik. Terdiri dari 11 kereta namun terdapat 1 kereta double track dengan stamformasi tempat duduk yang berbeda. Tentunya untuk memasuki kereta itu harus punya tiket Green Car. Adapun kereta lain sama seperti lokal umumnya berhadapan.

Before We Go

Konten ini melanjutkan konten sebelumnya tentang Yokosuka Line dan Tokyo Station. Juga telah diposting di Manglayang ID. Namun waktu itu disatukan dengan Yokosuka Line dan dianggap kurang fokus pada bahasan utama.

Sehingga perlu dipisahkan dan dibuat pembahasan sendiri-sendiri. Apalagi ini juga ada kasus terkait di Indonesia. Nah bagi kamu yang penasaran dengan isi kontennya di Manglayang ID bisa dibaca di sini: Yokosuka Line Jalur Underground-nya JR East.

E217 Series Beroperasi Sejak 1994

Trainset E217 Series mulai diproduksi tahun 1994 dan beroperasi di tahun yang sama. Menggantikan jenis E113 Series yang telah uzur. Kereta ini biasanya dinas di Yokosuka Line dari Tokyo ke Kanagawa Prefecture. Selain itu juga di Sobu Line

E217 Series Punya Kereta Double Deck

Di antara keunikan kereta ini adalah keberadaan kereta double deck di tengah-tengah 11 rangkaian lokalan ini. Kereta double track punya stamformasi kursi yang berbeda dengan lainnya. Bahkan lebih mirip dengan Limited Express. Hanya saja untuk menempatinya butuh biaya ekstra karena masuk dalam katagori Green Car. Bahkan pengguna JR Pass Ordinary pun nggak bisa masuk.

E217 Series Terjegal Masuk Indonesia

JR East selaku operator mempurnatugaskan kereta ini mulai tahun 2022 dan akan menggantikannya dengan E235 yang lebih baru. Dimana kereta tersebut juga udah dinas di Yamanote Line, jalur utama yang melingkari Kota Tokyo.

Sementara kondisi kereta sebetulnya masih layak beroperasi. Melihat peluang ini awalnya PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) berencana untuk mengimpor E217 Series untuk dinas di Indonesia. Karena kebutuhan mendesak dimana kereta yang biasanya dipakai kebanyakan telah memasuki usia pensiun.

Sementara untuk membeli produk dalam negeri dari PT. INKA Madiun baru siap di tahun 2024 sehingga secara kebutuhan memang telah mendesak. Mau beli unit baru pun nggak bisa banyak karena anggaran. Sedangkan bila membeli bekas masih bisa didatangkan dalam jumlah banyak.

Apalagi kebutuhan untuk Masyarakat Jabodetabek dan Rangkasbitung sangat tinggi. Belum lagi di Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden) antara Yogyakarta dan Palur. Dan nantinya Commuter Line Bandung Raya pun akan diganti dengan KRL.  

Terganjal Regulasi Kementerian Perindustrian

Sayangnya Impian para pengguna setia Commuter Line untuk menikmati ex-Yokosuka Line ini harus dikubur dalam-dalam. Kementerian Perindustrian telah mengeluarkan aturan larangan impor barang bekas pakai. Tujuannya demi menyelamatkan industri dalam negeri. Kecuali apabila ada kebutuhan mendesak.

Pihak KCI dan Kementerian Perhubungan memang telah setuju dan coba melobi Kemenperin bahwa ada kebutuhan mendesak dimana kereta yang ada mayoritas telah memasuki usia pensiun. Sedangkan INKA sendiri baru siap di 2024. Sehingga tetap ingin E217 Series didatangkan.

Pembelian Baru dan Retrofit

Polemik ini akhirnya masuk juga ke Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Marinves) yang membawahi kedua kementerian yang tengah berpolemik terkait E217 Series. Oleh Menteri Marinves diputuskan bahwa bila ada kebutuhan mendesak opsinya adalah retrofit dan impor kereta baru, disamping pembelian dari INKA sendiri.

E217 Series Batal Dinas Di Indonesia

Nah disinilah akhirnya angan-angan menikmati operasional E217 di Indonesia harus dipendam dalam-dalam. Meski sebelumnya telah banyak gembar-gembor tentang kemewahan interiornya, terutama di Double Deck yang menjadi nilai unik nya.

Galeri Foto