e259 series andalan narita express gantikan shinkansen

Gantikan Shinkansen, E259 Series Andalan Narita Express

E259 Series jadi andalan Narita Express bukan sekedar kereta bandara tapi juga jarak jauh. Kenyamanannya membuat wacana awal bangun Shinkansen menuju Tokyo terlupakan begitu aja

Pendahuluan

Narita Express bukan sekedar kereta bandara. Lebih dari itu merupakan kereta jarak jauh (Intercity Train). Mengingat rutenya ternyata nggak mentok hanya di Tokyo Station. Bahkan bablas hingga Yokohama dan Hachioji. Kenyamanan yang diberikan seolah membuat proyek Narita Shinkansen ke Tokyo Station benar-benar terlupakan begitu aja.

Proyek Narita Shinkansen 1980

Bandara Internasional Narita mulai beroperasi pada 30 Maret 1978. Terletak di Chiba Prefecture yang notabene di luar kota sehingga membutuhkan transportasi lanjutan menuju Tokyo. Awal 1980-an JNR sempat ingin membangun Narita Shinkansen. Namun seiring dengan bangkrutnya BUMN tersebut proyek pun dibatalkan.

JR East Pilih Narita Express

Sebagai penerus JNR, JR East ternyata nggak meneruskan proyek Narita Shinkansen. Hingga tahun 1991 Keisei Line jadi satu-satunya operator kereta yang melayani langsung transportasi berbasis rel antara Tokyo dan Bandara Narita.

JR East sendiri akhirnya memilih untuk mengoperasikan layanan kereta bandara dengan sistem layanan jarak jauh dalam bentuk Narita Express pada tanggal 19 Maret 1991. Adapun jalurnya masih memakai trase yang semula akan dipakai Shinkansen yakni Narita Line.

Jalur ini terhubung langsung dari bandara hingga Sobu Main Line. Menempati jalur bawah tanah Tokyo Station dan terkoneksi Yokosuka Line. Di awal beroperasinya hingga tahun 2009 Narita Express gunakan E253 Series dan beroperasi bersama Wings Express.

E259 Series Mulai 2009

Tanggal 11 Oktober 2009 Narita Express mulai menggunakan trainset baru E259 Series. Secara bertahap kereta ini gantikan peran E253 Series. Sampai akhirnya di tahun 2010 seluruh armadanya telah menggunakan E259 Series

Kelebihan armada baru ini design lebih futuristik. Dari segi tampilan luar aja orang udah banyak move on dari wacana Narita Shinkansen-nya JNR. Apalagi layanan Narita Express sendiri Limited Express yang pengoperasiannya hanya berhenti di stasiun tertentu.

Interior E259 Series Cukup Nyaman

Untuk interior E259 Series cukup nyaman kalo nggak boleh dibilang sangat nyaman. Terutama di kabin Ordinary Class yang setara dengan kelas ekonomi di Indonesia. Narita Express juga dilengkapi dengan kompartemen khusus bagasi di bagian ujungnya.

Rute layanannya sendiri ternyata nggak sebatas hanya ke Tokyo Station. Tapi udah bablas sampe ke Yokohama dan Hachioji. Untuk segmen Yokohama aja dibablasi lagi ke Totsuka dan Ofuna. Dengan demikian layanannya bukan lagi sekedar kereta bandara, melainkan udah layanan Kereta Jarak Jauh.

E259 Series Ekslusif

Hingga detik ini trainset E259 Series masih melekat dengan layanan Narita Express. Apalagi di bagian depan livery memiliki logo NEX yakni singkatan dari Narita Express. Sehingga menambah kesan ekslusif bagi kereta yang telah dinas sejak 2009 ini. Disamping membuat banyak yang melupakan gagasan Narita Shinkansen di awal dekade 1980-an. Meski nggak langsung, trainset ini cukup menggantikan wacana tersebut.

Kesimpulan

Trainset E259 Series mulai digunakan untuk layanan Narita Express di tanggal 11 Oktober 2009. Kemudian secara bertahap hingga di tahun 2010 menggantikan E253 Series yang telah lebih dulu beroperasi. Design exterior futuristik dan interior nyaman untuk Ordinary Class. Ditambah livery NEX yang menambah kesan ekslusif. Sampai menenggelamkan gagasan Narita Shinkansen yang sempat diwacanakan dulu.

Galeri Foto