masihkah ada horor lawang sewu pasca renovasi

Masihkah Ada Horor Lawang Sewu Pasca Renovasi?

Di sebagian titik masih masih menimbulkan kesan horor Lawang Sewu. Terlebih bangunan bersejarah ini telah lama direnovasi dan dibuka untuk umum. Sebagai museum sejarah perkeretaapian Indonesia dan tempat menyelenggarakan event tertentu.

Prologue

Gedung tua bersejarah di tengah Kota Semarang ini memang pernah terlantar. Selama itu pula muncul aura mistis. Bahkan oleh beberapa kalangan dijadikan tempat untuk uji nyali. Wacana untuk merobohkannya juga pernah terdengar.

Namun dengan kesigapan dan perhatian pihak terkait, tahun 2010 bangunan bersejarah ini direnovasi. Setelah selesai jadi destinasi wisata sejarah perkeretaapian Indonesia. Lebih dari itu jadi icon Kota Semarang sekaligus destinasi wajib ketika traveling ke sana.

Museum Lawang Sewu Semarang

Bangunan bersejarah ini bernama Lawang Sewu Semarang. Dibangun 1904-1907 mulanya adalah kantor operator kereta api swasta Hindia Belanda, NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij).

Seiring berjalannya waktu sempat berubah fungsi jadi markas tentara. Khususnya waktu Perang Dunia ke-2 oleh Jepang dan di awal kemerdekaan dijadikan basis para pejuang Indonesia. Sempat pula jadi kantor pemerintahan dan kereta api hingga tahun 1992. Sempat mengalami masa suram hingga direnovasi dan jadi Museum Lawang Sewu.

Kini Wisata Lawang Sewu jadi destinasi wajib dikunjungi ketika traveling ke Kota Semarang. Seperti udah jadi icon, rasanya kaya belum ke Semarang kalo nggak sempat berkunjun ke sini.

Horor Lawang Sewu : Sekitaran Toilet

Meski telah direnovasi dan kesan angker hilang bukan berarti menghilangkan Horor Lawang Sewu secara keseluruhan. Beberapa orang masih merasakan hal tersebut. DI antara lokasi yang masih terkesan serem ialah di sekitaran Toilet. Terutama di malam hari.

Horor Lawang Sewu : Lantai Teratas Masih Diitutup

Masih nggak jauh dari lokasi toilet sebenarnya ada akses tangga. Lawang Sewu Semarang aslinya bangunan 3 lantai. Namun hanya 2 lantai yang dibuka untuk umum. Nah ketika menapaki tangga teratas didapati pintu masih terkunci (ditutup). Entah memang masih direnovasi atau gimana, tapi sampai disini cukup membuat penasaran.

Horor Lawang Sewu : Ternyata Sumur Mata Air

Misteri ketiga yang membuat kesan angker nggak sepenuhnya hilang ialah keberadaan bangunan bulat berukuran kecil. Ketika menemukan itu untuk pertama kali sempat penasaran. Namun seorang petugas menginfokan bahwa itu adalah sumur mata air. Gunanya sebagai sumber air untuk Lawang Sewu Semarang.

Jadi air untuk fasilitas toilet, musholla, hingga untuk menyemperot taman di area Lawang Sewu Semarang berasal dari tempat tersebut. Wah mantap juga ya, mengingat usia bangunan udah seabad lebih berarti itu termasuk sumur tua juga ya. Duh kebayang gimana rasanya pas lagi terlantar. Makin terasa horor Lawang Sewu nya.

Kesimpulan

Meski telah direnovasi dan dibuka sebagai destinasi wisata Kota Semarang, bukan berarti kesan Horor Lawang Sewu lenyap begitu saja. Masih ada beberapa titik yang terkesan misterius seperti di sekitaran toilet, lantai teratas yang masih ditutup, hingga lokasi sumur mata air.

Galeri Foto