KA Progo New Generation : Beneran Elite (Upgrade Sarana)

ka progo new generation sekarang beneran elite upgrade

KA Progo New Generation. Dulunya kereta rakyat lantas berubah jadi elite. Dengan upgrade sarana per 15 Oktober 2024 sekarang beneran elite. Nggak lagi nanggung seperti sebelumnya. Bahkan boleh dibilang udah setara kereta bisnis.

Pendahuluan

Kereta Api Progo adalah salah satu rangkaian KA Jarak Jauh yang punya sejarah panjang. Mulai dinas dekade 1970-an sebagai satu dari 4 kereta senja namun dengan layanan kereta ekonomi dan tarif paling murah. Kemudian masuk 1980-an namanya ganti jadi Senja Ekonomi.

Nama Progo baru dipakai tahun 2002. Setelah banyak mengalami nasib ngenes saat bernama Empu Jaya. Terutama setelah Tragedi Ketanggungan Barat tanggal 25 Desember 2001 yang sampai memakan korban jiwa.

Sejak 4 Juni 2002 sampai dengan 31 Desember 2015 Kereta Api Progo menggunakan tarif subsidi. Namun mulai 1 Januari 2016 udah nggak lagi dapat subsidi sehingga menerapkan tarif komersial hingga sekarang. Meski masih memakai sarana ekonomi 106 penumpang layaknya kereta subsidi.

Tarif komersial tapi sarana masih seperti PSO (subsidi) menjadikan kereta api Progo mentok di ekonomi plus. Belum bisa masuk jajaran elite lantaran masih berada di persimpangan jalan. Namun hal itu akan hilang mulai tanggal 15 Oktober 2024 mendatang.

KA Progo New Generation : Akhirnya Naik Kasta

8 tahun lamanya berada di persimpangan jalan, sekarang saatnya naik kasta. Kereta Api Progo akhirnya mendapatkan upgrade sarana Premium Stainless Steel New Generation terbaru buatan PT. INKA Madiun. Sarana yang juga telah dipakai oleh KA Majapahit dan Logawa.

Dengan beroperasinya KA Progo New Generation per 15 Oktober 2024, maka kereta api Progo otomatis naik kasta. Masuk dalam jajaran kereta elite. Sebagaimana sebelumnya KA Bogowonto telah masuk ke sini.

KA Progo New Generation : Setara Kereta Bisnis

Walaupun masih pakai label K3 yang biasanya disematkan pada kereta ekonomi, sebetulnya sarana Premium New Generation ini susah untuk dibilang sebagai kereta ekonomi. Lebih dari itu udah bisa setara dengan kereta bisnis. Lantaran beda yang cukup mencolok dengan kereta ekonomi lainnya yang ada di Indonesia. Begitupula yang Premium Mild Steel dan Generasi ke-1.

Premium New Generation memiliki kapasitas angkut 72 penumpang dalam satu kereta. Dengan captain seat yang bisa diatur sesuai dengan arah kereta (revolving seat). Selain masih bisa atur sandarannya (reclining). Karena itulah sarana ini sebenarnya udah setara kereta bisnis.

Kenyamanan Mendekati Eksekutif

Lebih dari itu, sarana Premium New Generation bukan sekedar setara dengan kereta bisnis. Dari segi kenyamanan bahkan mendekati kereta eksekutif. Vibes kereta eksekutif ini jelas tak ada di layanan kereta bisnis sekarang yang kapasitasnya 64 seat.

Nah kalo gitu fix udah Kereta Api Progo telah masuk jajaran elite. Meskipun bukan kereta eksekutif, tapi kenyamanan telah mendekat ke sana. Ya minimal layanan keretanya aja setara kereta bisnis dulu.

Kesimpulan

Terhitung mulai 15 Oktober 2024, KA Progo New Generation mulai beroperasi. Ini adalah upgrade sarana Kereta Api Progo yang sebelumnya merupakan kereta ekonomi plus dengan sarana 106 penumpang. Upgrade ini tentu saja menjadikannya masuk dalam jajaran elite.

Secara sarana Premium New Generation itu sebetulnya setara kereta bisnis. Memiliki kapasitas 72 seat dengan reclining dan revolving seat. Bahkan untuk kenyamanannya telah mendekati kereta eksekutif.

interior premium new generation

Comments

Leave a Reply