Stasiun Babakan Cirebon : Pernah Punya Dua Percabangan

stasiun babakan cirebon pernah punya dua percabangan

Stasiun Babakan boleh jadi hanyalah stasiun ketiga yang ada di Kota Cirebon. Namun tetap merupakan bagian dari sejarah pengembangan Pantura Barat oleh SCSM. Juga pernah memiliki dua percabangan. Kini layani perjalanan KA Jarak Jauh tujuan Tegal, Semarang, hingga Surabaya.

Pendahuluan

Perkeretaapian di Kota Cirebon memang nggak bisa lepas dari pembangunan dan pengembangan Jalur Kereta Pantura Barat. Khususnya pada fase kedua oleh SCSM. Melalui pembangunan Jalur Kereta Cirebon Semarang. Di segmen ini, Stasiun Cirebon Prujakan menjadi stasiun utama di Kota Udang tersebut.

Namun sebenarnya masih ada satu stasiun lagi di sini yang perannya nggak bisa disepelekan. Dulu bahkan memiliki dua percabangan dan saat inipun melayani perjalanan sejumlah KA Jarak Jauh ditambah layanan aglomerasi yakni KA Kaligung. Bahkan bila dilihat dalam konteks Cirebon, boleh dibilang ini adalah stasiun besar ketiga.

Stasiun Babakan : Bagian dari Jalur Kereta Cirebon Semarang

Stasiun tersebut terletak di Kecamatan Babakan Kota Cirebon. Merupakan bagian dari Jalur Kereta Cirebon Semarang yang dibangun SCSM. Pertama beroperasi nama stasiun ini adalah Niew Tersana. Niew berarti baru. Hal ini sepertinya untuk membedakannya dengan Cheribon West yang telah lebih dulu dibangun dan jadi yang pertama di Cirebon.

Stasiun Babakan : Percabangan ke Pabrik Gula Tersana Baru

Banyaknya pabrik gula di wilayah Karesidenan Cirebon menjadi alasan kenapa SCSM membangun jalur kereta Cirebon Semarang. Salah satunya adalah Pabrik Gula Tersana Baru (Niew Tersana) yang mulai beroperasi tahun 1905.

Nah keberadaan Pabrik Gula ini menjadi alasan lain nama Stasiun Niew Tersana dipakai ketika awal operasional. Bahkan stasiun ini punya percabangan ke pabrik gula yang sekarang milik RNI tersebut. Namun sayang kini percabangan tersebut telah non-aktif.

Stasiun Babakan : Jalur Lori ke SIndang Laut

Lebih dari itu sebetulnya Pabrik Gula juga udah berdiri di Sindang Laut sejak tahun 1896. Sehingga SCSM membangun percabangan ke sana berupa jalur lori. Bila dilihat dari tahunnya, percabangan lori ke Sindang Laut ini bisa jadi lebih dulu ada daripada Tersana Baru. Jalur lori ini nantinya menyatu dengan Waduduwur. Sayangnya percabangan lori ini dibongkar oleh Jepang pada tahun 1942.

layani sebagian perka tujuan tegal hingga surabaya

Layani Sebagian Aglomerasi dan KA Jarak Jauh

Saat ini Stasiun Babakan melayani sebagian Aglomerasi dan KA Jarak Jauh keberangkatan dari Stasiun Jakarta Pasar Senen tujuan Tegal, Semarang, Surabaya hingga Malang. Stasiun ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang akan berkunjung ke CIrebon. Disamping dua stasiun utama yakni Kejaksaan dan Prujakan.

Berikut adalah rincian jadwal perjalanan Kereta di Stasiun Babakan Cirebon berdasarkan Gapeka baru yang berlaku 1 Februari 20251:

Jadwal KA Aglomerasi di Stasiun Babakan

Jadwal KA Jarak Jauh arah Barat (Cirebon, Jakarta)

Jadwal KA Jarak Jauh Arah Timur (Tegal, Semarang, Surabaya, Malang)

Pemesanan Tiket Kereta Api

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Cirebon dan rencananya turun di Stasiun Babakan, pemesanan tiket kereta api tujuan stasiun tersebut udah bisa dilayani. Untuk keberangkatan tanggal 1 Februari 2025 dengan Gapeka Baru. Untuk pemesanan tiket langsung aja di sini : Booking Tiket Kereta Api

Kesimpulan

Stasiun Babakan Cirebon merupakan bagian dari Jalur Kereta Cirebon Semarang yang dibangun SCSM (1897-1914). Dulunya bernama Niew Tersana mengacu pada Pabrik Gula yang berada nggak jauh dari stasiun tersebut.

Pernah memiliki dua percabangan yakni ke Pabrik Gula Tersana Baru milik RNI dan jalur lori ke Sindang Laut. Saat ini melayani beberapa kereta Aglomerasi dan Jarak Jauh tujuan Tegal, Semarang, Surabaya, hingga Malang.


  1. Sebenarnya ini adalah Gapeka 2025 namun hingga konten ini direlease masih belum diresmikan oleh PT KAI sebagai operator maupun dari pihak regulator yakni DJKA. ↩︎

Comments

Leave a Reply