whoosh bekasi bandung 2 feeder dari padalarang

Whoosh Bekasi Bandung 2 : Feeder Dari Padalarang ke Bandung

Whoosh Bekasi Bandung 2. Perjalanan G1225 berhenti di Stasiun Padalarang. Turun di sini untuk pindah ke Feeder KCIC tujuan akhir Stasiun Bandung. Harga tiket Rp 250.000,00 udah termasuk ini. Dengan kata lain Feeder-nya Gratis!

Pendahuluan

Sebelumnya di Whoosh Bekasi Bandung 1, memulai perjalanan dari Stasiun Jatibening Baru naik LRT Jabodebek. Turun di Halim lantas pindah menuju Kereta Cepat Whoosh dengan nomor perjalanan G1225.

Perjalanan whoosh melewati 12 terowongan termasuk Terowongan KCIC Terpanjang di Cikalong Wetan (Tunnel 6). Ini adalah terowongan kereta terpanjang di Indonesia yakni 4,4 km. Beberapa menit kemudian Kereta Cepat Whoosh tiba di Stasiun Padalarang.

Tujuan akhir kereta ini memang Tegalluar. Namun perjalanan kali ini menuju Stasiun Bandung dan ingin alternatif yang lebih mudah dan ekonomis. Karena itu turun di Padalarang untuk melanjutkan perjalanan dengan Feeder KCIC.

Lanjutan dari Whoosh Bekasi Bandung 1

Pembahasan kali ini mengambil judul Whoosh Bekasi Bandung 2 : Feeder Dari Padalarang ke Bandung. Ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumya yakni Whoosh Bekasi Bandung 1 : Berangkat Stasiun Jatibening Baru. Dimana fokusnya ke Kereta Cepat Whoosh dan sedikit LRT Jabodebek.

Whoosh Bekasi Bandung 2 : Fokus ke Feeder KCIC yang Gratis

Untuk bagian kedua ini perjalanan akan lebih fokus ke Feeder KCIC dari Padalarang ke Bandung. Kereta Feeder KCIC sendiri sejatinya satu kesatuan dengan Kereta Cepat Whoosh. Jadwalnya juga saling terkoneksi satu sama lain. Inilah alasan kenapa Whoosh Bekasi Bandung 2 fokusnya Feeder.

Pindah ke Peron Bawah Stasiun Padalarang

Turun dari Kereta Cepat Whoosh G1225 langsung Tap Out dan turun menggunakan eskalator langsung ke peron Jalur 4 di bawah. Jalur ini aslinya merupakan jalur eksisting. Namun untuk Feeder ditempatkan di sini dengan posisi di wilayah KCIC atau stasiun baru. Jadi lebih ke barat.

Karena itu Peron Jalur 4 ini langsung terhubung dengan akses masuk dan keluar Stasiun Padalarang KCIC. Penumpang yang akan pindah ke Feeder cukup turun naik eskalator atau lift yang telah disediakan.

Whoosh Bekasi Bandung 2 : Feeder KCIC Masuk Jalur 4

Tak perlu menunggu terlalu lama, Kereta Feeder KCIC masuk Jalur 4. Penumpang Kereta Cepat Whoosh yang mau lanjut naik Feeder udah banyak yang menunggu. Sepertinya nggak semua penumpang ini kebagian tempat duduk. Maklum trainset KRD ME 204 ini hanya terdiri dari 4 kereta.

Whoosh Bekasi Bandung 2 : Berangkat Stasiun Padalarang

Setelah masuk ke dalam kereta dan mendapatkan tempat duduk, Kereta Feeder KCIC pun diberangkatkan dari Stasiun Padalarang. Benar aja di dalam kereta ada beberapa penumpang yang berdiri karena nggak dapat kursi. Jelas disini kebanyakan penumpang Kereta Cepat Whoosh itu bertujuan ke Stasiun Bandung di pusat kota. Pengen lebih cepat dan gratis.

Stasiun Cimahi, Satu-Satunya Pemberhentian

Tanpa terasa perjalanan telah tiba dan berhenti di Stasiun Cimahi. Inilah satu-satunya pemberhentian Feeder KCIC. Antara stasiun ini dengan Padalarang sebetulnya ada Halte Gadobangkong. Namun Feeder KCIC hanya melintas langsung di sana.

Tiba Di Stasiun Bandung, Akhir Perjalanan Kali Ini

Feeder KCIC berhentinya nggak begitu lama di Stasiun Cimahi. Setelah semua penumpang turun kereta diberangkatkan lagi. Terus melaju melintas langsung Cimindi, Andir, dan Ciroyom. Kecuali Andir, Cimindi dan Ciroyom adalah dua stasiun pemberhentian Commuter Line Bandung Raya.

Namun lagi-lagi Feeder KCIC hanya melintas langsung. Wah enak banget ya? Jelas lah apalagi jadwal Feeder KCIC dan Kereta Cepat Whoosh kan saling terkoneksi satu dan lainnya. Jadi sepanjang Padalarang ke Bandung dan sebaliknya itu hanya berhenti di Cimahi. Lainnya mah di skip.

19 menit pun berlalu, Feeder KCIC akhirnya tiba di Stasiun Bandung. Ini sekaligus mengakhiri seluruh perjalanan Naik Whoosh Bekasi Bandung 2. Dari awal naik LRT Jabodebek dari Jatibening Baru.

Lanjut Kereta Cepat Whoosh G1225 dari Halim ke Padalarang. Ditutup Feeder KCIC Padalarang ke Bandung. Oh iya, perjalanan ini di Jum’at pagi lho. Alhamdulillah berkat Kereta Cepat Whoosh bisa sholat Jum’at di Bandung.

Feeder KCIC dari Padalarang ke Bandung itu Gratis!

Inilah alasan kenapa penumpang tujuan Stasiun Bandung pada turun di Padalarang dan lanjut Feeder? Nggak lain karena Feeder KCIC nya Gratis! Berangkat di hari Jum’at jelas kebagian tiket dengan harga Rp 250.000,00. Namun itu udah termasuk Feeder KCIC ke Stasiun Bandung.

Jauh banget bila dibanding dengan perjalanan sebelumnya, KCIC Halim Tegalluar. Walaupun waktu itu masih promo tapi Bus Damri ke Bandung nya bayar lagi Rp 15.000,00. Ditambah lagi kemacetan di Traffic Light Kiaracondong.

Perjalanannya lebih lama ditambah berbayar. Masih lebih worthed turun di Padalarang lanjut Feeder KCIC ke Bandung. Cepat dan Gratis! Jauh lah kalo dibandingin antara trip yang itu dengan Whoosh Bekasi Bandung kali ini.

Apakah Ada Bagian ke-3 dan Seterusnya?

Sebenarnya sih Whoosh Bekasi Bandung itu cukup menarik untuk dibahas. Kenapa? Banyak yang beranggapan bahwa Kereta Cepat Whoosh nggak cover masyarakat Bekasi. Padahal kenyataannya nggak begitu. Memang ada yang tak tercover. tapi yang tercover sebetulnya cukup banyak.

Maka dari itu, boleh jadi pembahasan nggak akan berhenti sampai di sini. Masih ada kelanjutannya inSyaaAlloh. Ditunggu aja ya!

Galeri Foto