Merupakan salah satu sarana penting terdapat Terowongan KCIC Terpanjang di Cikalong Wetan yang tentunya telah memecahkan rekor Indonesia. Lebih dari itu dari 13 yang ada hampir semuanya seperti itu.
Pendahuluan
Terowongan adalah sarana penting dalam infrastruktur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh. Hal ini tak lepas dari karakteristik lintasan yang masuk dalam jalur Pegunungan di kawasan Priangan Barat.
Jauh sebelum itu ketika Jalur KA Cikampek Padalarang dibangun dalam rangka memperpendek jarak antara Batavia dan Surabaya pun kendalanya di perbukitan dan lembah. Nah hal serupa pun berlaku di Jalur KCJB meski berada di trase yang berbeda dengan jalur peninggalan Belanda itu.
Terowongan KCIC Terpanjang di Cikalong Wetan
Mengingat medan yang dilewati Whoosh itu jalur pegunungan meski nggak seekstrem Jalurnya KA Argo Parahyangan cs, terowongan tetap jadi infrastruktur penting dan vital sejak awal pembangunan Jalur KCJB.
Jalur KCJB juga kereta cepat secara umum menggunakan standard gaunge 1.435 mm. Berbeda dengan kereta biasa yang biasanya 1.067 mm aja udah cukup. Nah dengan lebar gaunge ini namanya tanjakan dan turunan harus diminimalisir.
Ingat pembangunan jalur pertama antara Semarang-Tanggung sampai disambung ke Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden) oleh NISM menggunakan standard gaunge? Itu karena kondisi alamnya datar. Berbeda dengan percabangan dari Stasiun Tugu Jogja ke Stasiun Ambarawa yang pegunungan sehingga pakai 1.067 mm.
Balik lagi ke sini, untuk memaksimalkan performa sarana kereta cepat Whoosh tentunya hal seperti tanjakan atau turunan harus diminimalkan. Salah satu caranya dengan membangun terowongan di setiap perbukitan yang dilewatinya. Dimana salah satunya ada di Cikalong Wetan. Inilah yang jadi Terowongan KCIC Terpanjang.
Terowongan KCIC Terpanjang Memecahkan Rekor
Panjang terowongan tersebut mencapai 4,4 km. Nah di sini udah dipastikan memecahkan rekor terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang hingga kini masih dipegang oleh Wilhelmina. Padalah itu statusnya masih non aktif pasca penutupan lintas Banjar-Pangandaran di tahun 1980-an. Adapun Sasaksaat yang masih aktif hanya 800-an km.
Terowongan KCIC Terpanjang : Lainnya Juga Memecahkan Rekor
Selain Terowongan di Cikalong Wetan sepanjang 4,4 km (Tunnel 6) itu terdapat 12 terowongan lainnya yang dilintas Whoosh setiap harinya. Bahkan bila dilihat rata-rata memiliki panjang diatas 1 km. Untuk Tunnel 1 (Halim) aja udah 1,2 km yang artinya di sini udah memecahkan rekor Wilhelmina.
Jadi sejatinya jalur KCJB ini udah memecahkan sejumlah rekor. Mulai dari kecepatan bisa dipacu hingga 350 km/jam, kereta cepat pertama di Asia Tenggara, dan terkini mayoritas 13 terowongan telah memecahkan rekor Terowongan Wilhelmina yang selama bertahun-tahun jadi yang terpanjang di Indonesia. Meski berstatus non-aktif.
Kesimpulan
Terowongan KCIC Terpanjang berada di Cikalong Wetan (Tunnel 6) dengan panjang 4,4 km. Hal ini turut memastikan posisinya sebagai yang terpanjang di Indonesia memecahkan rekor Wilhelmina. Bahkan mayoritas dari 12 terowongan lainnya pun rata-rata memiliki panjang 1 km lebih dan telah mengalahkan panjang terowongan di lintas non aktif Banjar Pangandaran itu.
Leave a Reply