rute lrt jakpro awas jangan keliru ya

Rute LRT Jakpro : Awas Jangan Keliru Ya (Bukan Jabodebek)

Berikut adalah rute LRT Jakpro satu koridor yakni Pegangsaan Dua Kelapa Gading hingga Velodrome Rawamangun. Awas jangan keliru ya dengan LRT Jabodebek yang baru aja beroperasi.

Prologue

Keberadaan LRT Jabdebek boleh jadi membuat sebagian orang kebingungan. Pasalnya jauh sebelum LRT Jabodebek beroperasi telah lebih dulu ada moda transportasi serupa di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara.

Tentunya ini bukan bagian dari LRT Jabodebek yang terdiri dari dua koridor yakni Bekasi Line dan Cibubur Line. Dari segi operator aja udah beda. Apa aja beda LRT yang baru dengan Kelapa Gading itu?

Rute LRT Jakpro : Mulai Operasional 2019

LRT di Kelapa Gading dioperasikan oleh Jakpro, bukan PT. KAI, dan telah berjalan secara komersial sejak 2019. Tentunya pernah merasakan pahit getirnya era Pandemi Covid-19 dimana pembatasan banyak diberlakukan. Ketika pertama kali diperkenalkan, masyarakat diperkenankan untuk ikutan ujicoba gratis.

Waktu itu dengan syarat harus punya kartu JakLingko, lebih dulu naik angkot JakLingko (Mikrotrans) dari Pulo Gadung ke Kelapa Gading, sebelum menaiki LRT Jakpro. Stasiun yang dioperasikan baru dua yakni Boulevard Utara dan Velodrome Rawamangun.

Stasiun Boulevard Utara berada tepat di depan Mall Kelapa Gading (MKG). Ketika ujicoba melayani naik turun penumpang. Sementara Velodrome Rawamangun hanya melayani penumpang turun. Adapun stasiun lainnya belum beroperasi.

Rute LRT Jakpro : Baru Satu Koridor Pegangsaan Dua – Velodrome

Saat ini rute LRT Jakpro baru tersedia satu koridor antara Pegangsaan Dua Kelapa Gading hingga Velodrome Rawamangun. Selain dua stasiun itu terdapat 4 stasiun lagi antaralain: Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, dan Equestrian. Perlu diingat lagi koridor ini bukan bagian dari LRT Jabodebek. Secara operator aja udah beda.

Rute LRT Jakpro : Wacana Penambahan ke Manggarai

Bahkan saat ini baru diwacanakan penambahan satu koridor dari Stasiun Velodrome Rawamangun hingga Stasiun Manggarai. Itupun masih dalam kajian. Bila trase yang diambil mengikuti BRT Transjakarta Koridor 4 akan melewati dua buah flyover yakni Tol Cawang Tanjungpriok dan Simpang Susun Matraman.

Trainset dan Ticketing

Beda paling jelas lagi terlihat di trainset yang digunakan. LRT Jabodebek menggunakan trainset buatan PT. INKA Madiun dengan teknologi driverless (tanpa masinis). Sementara yang Jakpro buatan Korea Selatan dan masih membutuhkan tenaga masinis.

Begitupun kartu yang digunakan. Kabar terbaru sejenis KMT 2019 Commuter Line itu belum bisa digunakan di Jakpro. Sebaliknya kartu JakLingko keluaran Bank DKI juga belum bisa dipake di LRT Jabodebek. Namun untuk yang Jakpro udah masuk skema tarif integrasi JakLingko bersama MRT Jakarta dan Transjakarta.

Kesimpulan

Rute LRT Jakpro saat ini baru tersedia satu koridor dari Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading ke Stasiun Velodrome Rawamangun. Dimana tersedia 4 stasiun lainnya yakni Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, dan Equestrian. Walaupun telah ada wacana penambahan koridor Velodrome ke Stasiun Manggarai.

Rute tersebut bukanlah bagian dari LRT Jabodebek yang baru aja beroperasi. Trainsetnya pun beda. Jika LRT Jabodebek pakai buatan PT.INKA Madiun dengan teknologi Driverless, Jakpro buatan Korea Selatan dan masih butuh masinis.

Untuk kartu Jakpro belum bisa pakai jenis seperti KMT 2019 Commuter Line. Begitupun LRT Jabodebek belum bisa menggunakan Kartu JakLingko keluaran Bank DKI.

Galeri Foto

Disclaimer : Ini adalah foto tahun 2019 dimana Rute LRT Jakpro masih dalam masa ujicoba dengan hanya dilayani di Stasiun Boulevard Utara dan Velodrome Rawamangun.