boso view express shiosai dan open bve kesan ekslusif

Boso View Express Shiosai dan Open BVE (Rangkaian Ekslusif)

Melayani rute Tokyo – Choshi, Boso View Express jadi inspirasi bagi video game simulator Open BVE. Rangkaiannya menggunakan 255 Series dimana nama tersebut di branding di trainsetnya. Sehingga menjadikannya sebuah rangkaian ekslusif.

Prologue

Cukup banyak rangkaian Limited Express yang beroperasi di area Kanto. Limited Express kalo di sini seperti KAJJ (Kereta Api Jarak Jauh). Biasanya menempuh waktu perjalanan di atas 1 jam 30 menit dan hanya berhenti di beberapa stasiun. Di Jepang sendiri untuk jarak jauh tersedia Limited Express atau Super Express (Shinkansen).

Satu di antara Limited Express di Kanto melayani rute Tokyo – Choshi di Boso Peninsula, sebuah kota pelabuhan di Chiba Peninsula. Uniknya lagi rangkaian yang dipake cukup ekslusif dengan membranding nama keretanya di trainset tersebut. Hal yang menjadikan sangat kecil digunakan untuk dinas kereta lain kecuali situasi darurat.

Before We Go

Konten ini sebetulnya udah pernah tayang di Manglayang ID dengan judul Boso View Express Shiosai dari Tokyo ke Choshi. Namun setelah dievaluasi didapati banyak kelemahan di dalamnya. Konten banyak melebar dan kurang terfokus ke keretanya. Sehingga perlu diperbarui sekaligus direvisi di sini.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa isi konten aslinya bisa didownload di sini : Dari Tokyo ke Choshi. Konten ini juga lanjutan dari Tokyo Station Tanpa Jalur Permukaan.

Boso View Express Shiosai Telah Beroperasi Sejak 1975

Limited Express tersebut namanya Boso View Express Shiosai. Pertama kali dinas 10 Maret 1975 dioperasikan Japanese National Railway (JNR). Awalnya kereta ini menggunakan trainset 183 series yang lazim digunakan rangkaian Limited Express di era JNR. Ketika itu diberii nama Shiosai.

Bulan November 1982 mendapatkan limpahan trainset 183 Series bekas Toki yang digantikan Joetsu Shinkansen. Dengan demikian Shiosai sekaligus menggantikan kereta diesel Inobo yang sebelumnya melayani rute Shinjuku – Choshi.

185 Series cukup lama dipakai Shiosai melayani rute Tokyo Station ke Choshi di Boso Peninsula, Chiba Prefecture. Jadi pasca JNR dinyatakan pailit dan digantikan East Japan Railway Company (JR East), trainset pasaran ini tetap digunakan.

Boso View Express Shiosai Mulai Identik 255 Series

Meskipun dianggap handal, usia juga yang akhirnya harus menghentikan 183 Series beroperasi di Boso Peninsula. Tanggal  10 Desember 2005 JR East menggantikan kereta uzur ini dengan 255 Series yang lebih baru.

Bukan itu aja, JR East lantas membranding 255 Series dengan label Boso View Express. Nah disinilah mulai lebih dikenal nama Boso View Express Shiosai. Nama tersebut diambil dari Boso Peninsula tempat dimana destinasi akhir kereta ini, Choshi. Sedangkan Shiosai udah lebih dulu dikenal ketika masih pakai 183 Series.

Dengan branding tersebut, trainset 255 Series terlihat lebih Ekslusif sehingga nggak mungkin dipakai bersamaan dengan kereta lain. Sebagaimana lazim terjadi di Indonesia. Contohnya Kereta Api Matarmaja dan Bengawan, atau KA Tegal Bahari dan Gumarang yang berbagi trainset. Kalopun terjadi biasanya karena situasi darurat yang memaksa.

Sumber Inspirasi buat Game Open BVE

Pernah dengan Game Simulator Kereta bernama Open BVE? Sadar atau nggak nama tersebut sebetulnya singkatan dari Boso View Express. Nah eksterior kereta 255 Series yang demikian unik dengan kombinasi warna yang cocok menjadikannya sumber inspirasi untuk membuat Trainz Simulator gratisan itu.

Open BVE memiliki keunggulan bisa dioperasikan di dua operating system berbeda yakni Microsoft Windows dan Linux. Namun tetap aja ada kekurangan yang belum teruji bahkan belum ada untuk versi smartphone sebagaimana Trainz Simulator.

Kesimpulan

Bermula dari Shiosai yang dioperasikan Japanese National Railway (JNR) tanggal 10 Maret 1975 memakai trainset 183 Series yang cukup pasaran di masanya banyak dipakai untuk Limited Express (KAJJ). Melayani rute Tokyo – Choshi. Kemudian pada November 1982 dengan limpahan trainset ex-Toki meneruskan operasional Inobo di rute Shinjuku – Choshi.

Nama Boso View Express Shiosai baru dikenal setelah JR East mengganti trainset lawasnya dengan 255 Series. Bahkan 255 Series sangat identik dengan nama tersebut hingga memunculkan kesan ekslusif. Lebih dari itu juga dijadikan inspirasi untuk membuat video game Open BVE, versi gratisnya Trainz Simulator.

Galeri Foto