film kereta berdarah sinopsis dan pelajaran no spoiler yes

Film Kereta Berdarah : Sinopsis dan Pelajaran (No Spoiler Yes!)

Berikut adalah sinopsis dan pelajaran dari Film Kereta Berdarah yang sedang tayang. Intinya dari cerita ini sebetulnya ialah waspada sikap ambisius, egois, dan serakah. Itu aja dulu ya. Secara film nya masih tayang jadi nggak ada spoiler nggih!

Untuk pertama kalinya sejak Film Tragedi Bintaro release tahun 1989, dunia perfilman Indonesia mengangkat Kereta Api sebagai tema. Namun sekalinya release langsung bergenre horor. Disebut-sebut sebagai inspirasi dari Train To Busan yang juga berlatar si ular besi.

Namun disini terdapat perbedaan dengan Film Tragedi Bintaro dan Train To Busan. Kedua film itu menggunakan kereta asli sebagai latar. Nah yang ini keretanya bikinan dan ada di studio. Jadi bukan kereta asli ya.

Film Kereta Berdarah : Teaser Nya Aja Udah Serem

Film Kereta Berdarah jadi yang pertama release dengan tema kereta api setelah 35 tahun. Bahkan bener-bener baru untuk genre horor. Dilihat dari teaser nya aja udah serem banget. Jika melihat teaser itu kita pasti akan bertanya-tanya siapakah yang akan selamat dari kereta itu.

Sinopsis Film Kereta Berdarah

Jujur aja kami memang udah menonton film nya dan bagus banget. Walaupun begitu jelas pantang yang namanya ngasih spoiler. Apalagi menyebut siapa yang selamat dari teror para jin di atas kereta. Nggak dalam bentuk visual sih, tapi dalam narasi pun sama aja spoiler.

Jadi dalam kesempatan ini kami hanya akan ngasih dalam bentuk Sinopsis. Selagi film nya masih tayang di bioskop lebih baik kamu langsung aja datang dan nonton di sana. Sinopsis nya dibagi jadi 4 bagian

Pembangunan Resort Sangkara

Pertama ialah pembangunan Resort Sangkara untuk kegiatan pariwisata. Inilah yang menjadi latar belakang Film Kereta Berdarah 2024. Ketika proses membangun Resort tersebut berikut jalur kereta api menuju ke sana ternyata lebih mementingkan sisi komersial.

Terlihat jelas gimana ambisi seorang Bupati bernama Bara yang menginisiasi destinasi wisata tersebut. Juga egonya yang nggak memperhatikan lingkungan sekitar dan sifat serakah nya.

Bara sudah diingatkan oleh tokoh adat bahwa hutan yang rencananya akan dilewati jalur kereta itu ada penghuninya. Namun karena sifat buruknya itu hutan tetap diterobos. Sehingga si tokoh adat mengingatkan dengan lebih keras bahwa akan terjadi sesuatu di sana.

Menikmati Hidup di Saat-Saat Terakhir

Ketika Resort telah dibuka, disitu scene memperlihatkan tentang sepasang kakak beradik, Purnama dan Kembang, yang hendak berlibur bersama ke tempat itu. Purnama telah menyatakan dirinya sembuh dari kanker hati dan ingin liburan dengan adiknya untuk merayakan itu.

Namun sebetulnya Purnama belum sembuh. Bahkan tindakan operasi yang telah dijalaninya menemui kegagalan. Nah di sini terlihat bahwa Purnama hanya ingin menghabiskan saat-saat terakhir dengan cara menikmati hidup bersama adiknya. Bukan meghabiskannya di rumah sakit.

Mencari Suami yang Hilang

Di film diperlihatkan sosok wanita yang bertingkah aneh menjadi penumpang Kereta. Jika hampir semuanya merupakan mereka yang hendak berlibur di resort Sangkara, sosok wanita bernama Ramla ini punya tujuan lain yakni mencari suaminya yang hilang. Suami Ramla kebetulan pekerja di Proyek Resort Sangkara.

stasiun tuntang tempat pengambilan gambar

Teror dan Satu Per Satu Gerbong Hilang Misterius

Di awal perjalanan Kereta Sangkara yang berangkat dari Stasiun Sangkara1 menuju Resort, semua berjalan lancar. Namun telah ada semacam pertanda buruk ketika seekor burung gagak menabrak jendela gerbong ekonomi 5.

Ketika kereta Sangkara mulai memasuki terowongan disitulah masalah terjadi. Jalur kereta api yang membelah hutan terlarang itu dilengkapi dengan 5 terowongan. Nah setiap kali kereta masuk terowongan, disitulah satu gerbong hilang secara misterius.

Bukan hanya itu, penumpang yang berada di gerbong itupun ketika masuk terowongan mendapatkan teror. Kematian para penumpang terbilang tragis. Mulai dari leher patah, kepala pecah hingga dimakan hidup-hidup. Dan akhirnya hanya tinggal menyisakan satu gerbong saja.

Siapakah yang Akan Selamat? Tonton Film Nya!

Nah dengan hanya sisakan satu gerbong dan tinggal melewati satu terowongan lagi. Siapakah yang Selamat? Silakan Tonton Film Nya! Sekali lagi kami nggak akan ngasih Spoiler dalam bentuk apapun. Selama film nya masih tayang di bioskop.

Pelajaran dari Film Kereta Berdarah

Dari Film Kereta Berdarah kita bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga. Ambisi, ego, dan keserakahan pasti akan berujung bencana. Baik itu menimpa si pelaku sendiri atau menumbalkan orang lain yang tak berdosa.

Di Film, para penumpang Kereta yang nggak berdosa harus menanggung akibatnya. Kemarahan Ratu Jin dan para penghuni hutan tak ada yang bisa membendung. Dengan kematian yang sangat tragis.

Kesimpulan

Film Kereta Berdarah adalah yang pertama berlatar kereta api sejak Tragedi Bintaro (1989). Sekaligus pertama untuk genre horor.

Menceritakan tentang ambisi, ego, dan keserakahan seorang lurah bernama Bara yang mengabaikan nasihat dari ketua adat. Sehingga berujung pada teror di atas kereta terutama saat masuk terowongan.

Di film ini juga menceritakan sepasang kakak beradik, Purnama dan Kembang, yang hendak liburan di Resort Sangkara. Padahal sebetulnya itu adalah keinginan Purnama untuk lebih menikmati hidup yang tak lama lagi.

Ada lagi sosok bernama Ramla yang ternyata ikut naik kereta dalam rangka mencari suaminya yang hilang. Kebetulan suami Ramla adalah pekerja proyek Resort Sangkara tersebut.


  1. Stasiun Sangkara mengambil setting di Stasiun Tuntang yang merupakan bagian dari Museum Kereta Api Ambarawa. Seperti dalam konten Film Kereta Berdarah 2024 sebelumnya, bisa jadi ini adalah satu-satunya lokasi real. Sedangkan syuting mayoritas di dalam Studio. Termasuk keretanya juga di sana. Menggunakan efek CGI dan komputerisasi

    ↩︎