Stasiun Sidareja Cilacap justru merupakan titik terdekat menuju Pantai Pangandaran. Beberapa KA Jarak Jauh ternyata berhenti di sini. Harusnya KA Pangandaran juga?
Pendahuluan
Jika dilihat dari bangunan fisiknya, stasiun di Cilacap Barat ini boleh dibilang stasiun kelas 2. Fasilitasnya udah cukup untuk dianggap sebagai sebuah stasiun. Terlebih beberapa KA Jarak Jauh rute Bandung berhenti di sini.
Stasiun ini terletak di Jalur Kereta dari Garut ke Cilacap yang membentang dari Stasiun Cibatu hingga Kasugihan. Posisinya masih jauh dari Jembatan Kereta Serayu Maos. Namun siapa sangka justru disinilah titik terdekat ke Pantai Pangandaran. Salah satu destinasi wisata pantai unggulan di Jawa Barat.
Di saat jalur cabang nya masih belum lagi di reaktivasi, bolehlah memanfaatkan stasiun ini buat alternatif sebagai titik terdekat ketimbang Banjar. Malah harusnya perjalanan KA Pangandaran berakhirnya di sini.
Stasiun Sidareja Cilacap : Bagian dari Jalur KA Garut Cilacap
Stasiun kereta api yang dimaksud ialah Stasiun Sidareja Cilacap. Terletak di wilayah Cilacap Barat. Stasiun ini punya sejarah panjang. Merupakan bagian jalur kereta dari Garut ke Cilacap (1889-1893). Ketika si ular besi mulai tembus Jawa Tengah, stasiun ini jadi salah satu pemberhentian yang cukup penting.
Stasiun Sidareja Cilacap : Alternatif ke Pantai Pangandaran
Stasiun ini boleh jadi sejak awal dioperasikan merupakan alternatif ke Pantai Pangandaran. Mengingat waktu itu Staats Spoorwegen (SS) masih fokus pada pembangunan lintas utama. Dalam rangka konektivitas seluruh pulau Jawa dengan kereta api.
Secara percabangan dari Stasiun Banjar sendiri baru dibangun pada tahun 1920-an. Jauh setelah lintas utama Trans Jawa selesai seluruhnya. Percabangan itu sendiri memakan biaya cukup besar. Karena melewati 3 terowongan dan 1 bentang jembatan panjang.
Balik lagi ke sini, bahkan ketika percabangan itu telah dioperasikan, stasiun di Cilacap Barat ini masih tetap jadi alternatif. Terutama bagi yang malas untuk transit di Banjar.
Peranannya sebagai titik terdekat ke Pantai Pangandaran semakin meningkat waktu percabangan berbiaya mahal itu ditutup di awal 1980-an. Penutupan sementara sebagai akibat dari kekurangan tenaga ahli, jalur sudah tua dan kurang perawatan, serta persaingan dengan angkutan jalan raya.
Daftar Layanan KA Jarak Jauh di Stasiun Sidareja Cilacap
Karena menjadi titik terdekat ke Pantai Pangandaran, stasiun ini melayani sebagian perjalanan KA Jarak Jauh. Khususnya dengan rute Bandung. Berikut daftarnya
No | Nama KA | Asal | Tujuan | Datang | Berangkat |
85 | Mutiara Selatan | Surabaya Gubeng | Bandung | 01.18 | 01.20 |
86 | Mutiara Selatan | Bandung | Surabaya Gubeng | 23.56 | 23.58 |
91 | Lodaya | Solo Balapan | Bandung | 10.54 | 10.58 |
92 | Lodaya | Bandung | Solo Balapan | 10.47 | 10.56 |
93 | Lodaya | Solo Balapan | Bandung | 23.02 | 23.04 |
94 | Lodaya | Bandung | Solo Balapan | 22.57 | 23.06 |
121 | Malabar | Malang | Bandung | 01.52 | 01.54 |
122 | Malabar | Bandung | Malang | 21.18 | 21.20 |
181 | Baturraden Ekspres | Purwokerto | Bandung | 21.51 | 21.58 |
182 | Baturraden Ekspres | Bandung | Purwokerto | 12.45 | 12.51 |
237 | Kahuripan | Blitar | Kiaracondong | 01.28 | 01.30 |
238 | Kahuripan | Kiaracondong | Blitar | 02.46 | 02.48 |
239 | Pasundan | Surabaya Gubeng | Kiaracondong | 14.58 | 15.02 |
240 | Pasundan | Kiaracondong | Surabaya Gubeng | 14.45 | 15.00 |
251 | Serayu | Purwokerto | Jakarta Pasar Senen | 08.18 | 08.20 |
252 | Serayu | Jakarta Pasar Senen | Purwokerto | 17.51 | 17.53 |
255 | Serayu | Purwokerto | Jakarta Pasar Senen | 18.41 | 18.43 |
256 | Serayu | Jakarta Pasar Senen | Purwokerto | 04.48 | 04.50 |
259 | Kutojaya Selatan | Kutoarjo | Kiaracondong | 12.49 | 12.53 |
260 | Kutojaya Selatan | Kiaracondong | Kutoarjo | 00.56 | 00.58 |
Harusnya KA Pangandaran 2024 ke Sini, Kenapa Mentok Banjar (Lagi)?
Bila Stasiun Sidareja Cilacap merupakan titik terdekat menuju Pantai Pangandaran, harusnya perjalanan KA Pangandaran 2024 juga berakhir di sini. Namun sayang jadwal barunya masih mengikuti KA Pangandaran edisi terdahulu. Mentok di Stasiun Banjar.
Bahkan bila dilihat harga tiketnya juga lebih mahal. Memang sih nggak ada lagi promo macam ke toilet berbayar mall. Kalopun iya ada promo, pengurangannya nggak lagi jor-joran seperti itu. Kenapa kereta ini nggak lanjut sampai Sidareja?
Boleh jadi ini terkait dengan wacana reaktivasi lintas cabang Banjar-Pangandaran yang telah berlangsung lama. Kebetulan Stasiun Pangandaran termasuk di dalamnya. Nanti bila telah direaktivasi, rutenya akan diperpanjang ke sana.
Walaupun untuk menuju Stasiun Pangandaran dari Banjar harus memutar lokomotif lebih dulu. Sama dengan ritual yang dialami KA Baturraden Ekspres ketika tiba di Kroya dan hendak lanjut ke Stasiun Kereta Api Purwokerto.
Kesimpulan
Stasiun Sidareja Cilacap sejak awal beroperasi 1893 telah menjadi titik terdekat menuju Pantai Pangandaran. Peranannya semakin nyata ketika lintas cabang dari Stasiun Banjar ditutup awal 1980-an karena faktor kelayakan infrastruktur dan persaingan angkutan darat.
Menjadi titik terdekat ke Pantai Pangandaran, stasiun ini layani 21 perjalanan KA Jarak Jauh dalam sehari. Khususnya yang memiliki rute perjalanan Bandung.
Sayangnya KA Pangandaran 2024 yang seharusnya sampai di sini malah mentok di Banjar lagi. Sama seperti edisi terdahulu. Boleh jadi ini terkait dengan wacana reaktivasi lintas Cabang Banjar-Pangandaran yang telah berlangsung lama.
Nantinya bila lintas cabang itu telah beroperasi, rutenya diperpanjang ke Stasiun Pangandaran meski harus memutar lokomotif layaknya KA Baturraden Ekspres.
Leave a Reply