Seperti inilah kondisi Halte Gadobangkong 2019 di kawasan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Dikelilingi perkampungan penduduk. Banyak penumpang Lokal naik dan turun di sini. Sampai pembangunan KCJB dimulai jelang Lebaran.
Sebuah halte kecil di antara Stasiun Padalarang dan Stasiun Cimahi. Berada di lokasi strategis dan dekat dengan Jalan Nasional. Bukan itu aja, disekittarnya banyak perkampungan dan kompleks perumahan. Makanya nggak heran keberadaannya lumayan penting.
Sama seperti Stasiun Cimekar sebelumnya, halte ini bukanlah warisan Kolonial Belanda. Malah kalo melihat salah satu video tahun 1970-1980an juga belum eksis. Gadobangkong, salah satu daerah di kawasan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat dulunya merupakan perkampungan yang sangat asri. Dan ini dibuktikan dalam dokumentasi itu. Sayangnya udah susah dicari.
Halte Gadobangkong 2019 Diperkirakan Mulai Ada Tahun 1990-an
Halte kecil nan strategis itu bernama Gadobangkong. Diperkirakan mulai eksis di tahun 1990-an. Namun belum jelas awal. pertengahan, atau bahkan di akhir jelang pergantian millennium. Bila mengacu pada kejadian longsor di lintas Padalarang-Cimahi tahun 1995, maka Halte Gadobangkong sejatinya baru ada setelah kejadian itu.
Dampak dari longsor di petak tersebut tentu memutus jalur KA Jakarta Bandung. Perjalanan terpotong jadi cuma nyampe Stasiun Padalarang. Sedangkan untuk KA Lokal Bandung Raya yang kala itu masih gunakan KRD terpotong di Stasiun Cimahi. Kondisi tersebut berlangsung selama beberapa bulan.
Strategis Tempat Naik Turun Penumpang Lokal
Halte Gadobangkong 2019 terutama di kuartal awal itu kondisinya berbeda jauh dengan sekarang. Belum ada tiang pancang jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Dibilang masih asri iya. Bahkan percis di depan stasiun ada sebuah toko kelontongan. Tentunya sangat membantu calon penumpang timbang harus jalan kaki ke Alfamart terdekat.
Namun sayangnya kondisi itu hanya bisa bertahan hingga Ramadhan tahun 2019. Jelang Lebaran proses pengerjaan jalur KCJB elevated dimulai. Bangunan di sekitarnya pun diratakan. Termasuk Toko Kelontong itu. Makanya pemandangan sekarang beda banget.
Dari peron hanya bisa melihat tiang-tiang pancang jalur elevated KCJB sebelum menembus Tunnel Gunung Bohong. Sekalipun demikian nilai strategis Halte Gadobangkong 2019 dengan sekarang nggak banyak berubah. Tetap jadi favorit naik turun KA Lokal Bandung Raya. Bahkan lebih banyak penumpang naik dari sini ketimbang Padalarang.
Leave a Reply