Jadwal KA Jayabaya 2024. Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya via Jalur Pantura. Melintas shortcut antara Stasiun Pasar Turi dengan Surabaya Gubeng. Hadir dengan layanan ekonomi new generation. Tersedia tarif khusus segmen Surabaya Malang.
Pendahuluan
KA Jayabaya memang agak lain. Biasanya kereta tujuan Stasiun Malang itu kalopun lewat pantura pastinya akan belok ke selatan juga via Stasiun Madiun. Namun apa yang terjadi di sini seperti sebuah pengecualian. Karena nyatanya KA Jayabaya melintas Full Jalur Pantura.
Hal tersebut karena telah tersambung shortcut antara Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan Stasiun Surabaya Gubeng. Kedua stasiun utama di Surabaya itu asalnya memang tak tersambung. Kalopun tersambung maka kereta harus melakukan manuver dulu ke Stasiun Mesigit atau Dipo Sidotopo.
Konektivitas dua stasiun utama lewat shortcut di sisi Stasiun Surabaya Kota membuat perjalanan dari Pantura ke Jalur Blitar dan Banyuwangi menjadi sangat mungkin. KA Jayabaya adalah yang pertama melintas di sini. Menyusul kemudian sejumlah rangkaian Commuter Line Daop 8 Surabaya.
KA Jayabaya Asalnya Merupakan Penerus Jayabaya Utara
KA Jayabaya itu sendiri asalnya merupakan penerus Jayabaya Utara. Sebuah rangkaian kereta kelas bisnis rute Jakarta Surabaya yang dulu pernah ada. Makanya dari segi rute aja udah hampir sama percis. Yang membedakan KA Jayabaya saat ini bablas sampai Stasiun Malang. Sedangkan Jayabaya Utara hanya sampai Stasiun Surabaya Pasar Turi.
Jadwal KA Jayabaya 2024 Berhenti Dimana Saja?
Rute yang bablas sampai Stasiun Malang menghadirkan pemberhentian di sejumalh stasiun yang dilewati antara Surabaya Pasar Turi dan Malang. Di Jadwal KA Jayabaya 2024 tercatat berhenti di Stasiun Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, dan Lawang. Berikut adalah jadwal perjalanan selengkapnya:
Jadwal KA Jayabaya 2024 : Malang – Jakarta Pasar Senen
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
110/107 | Malang | 12.50 | |
Lawang | 12.52 | 12.55 | |
Bangil | 13.28 | 13.32 | |
Sidoarjo | 13.55 | 13.57 | |
Surabaya Gubeng | 14.21 | 14.25 | |
Surabaya Pasar Turi | 14.40 | 14.50 | |
Lamongan | 15.24 | 15.27 | |
Babat | 15.52 | 15.55 | |
Bojonegoro | 16.25 | 16.28 | |
Cepu | 16.56 | 17.02 | |
Randublatung | 17.24 | 17.26 | |
Ngrombo | 18.11 | 18.14 | |
Semarang Poncol | 19.06 | 19.16 | |
Weleri | 19.48 | 19.51 | |
Pekalongan | 20.30 | 20.34 | |
Pemalang | 21.00 | 21.03 | |
Tegal | 21.27 | 21.33 | |
Cirebon | 22.28 | 22.35 | |
Jatibarang | 23.06 | 23.08 | |
Cikampek | 00.16 | 00.18 | |
Karawang | 00.36 | 00.38 | |
Bekasi | 01.07 | 01.09 | |
Jatinegara | 01.26 | 01.28 | |
Jakarta Pasar Senen | 01.38 |
Jadwal KA Jayabaya 2024 : Jakarta Pasar Senen – Malang
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
108/109 | Jakarta Pasar Senen | 17.25 | |
Bekasi | 17.51 | 17.53 | |
Karawang | 18.22 | 18.24 | |
Cikampek | 18.43 | 18.45 | |
Haurgeulis | 19.24 | 19.26 | |
Jatibarang | 19.56 | 19.58 | |
Cirebon | 20.29 | 20.34 | |
Tegal | 21.30 | 21.35 | |
Pemalang | 21.57 | 21.59 | |
Pekalongan | 22.25 | 22.29 | |
Weleri | 23.06 | 23.08 | |
Semarang Poncol | 23.41 | 23.49 | |
Ngrombo | 00.41 | 00.43 | |
Randublatung | 01.28 | 01.30 | |
Cepu | 01.50 | 01.55 | |
Bojonegoro | 02.24 | 02.26 | |
Babat | 02.53 | 02.55 | |
Lamongan | 03.20 | 03.22 | |
Surabaya Pasar Turi | 03.56 | 04.04 | |
Surabaya Gubeng | 04.18 | 04.23 | |
Sidoarjo | 04.47 | 04.49 | |
Bangil | 05.10 | 05.12 | |
Lawang | 05.46 | 05.55 | |
Malang | 06.20 |
Tarif Khusus Segmen Surabaya Malang
Berdasarkan Jadwal KA Jayabaya 2024, kereta ini berhenti di 6 stasiun pada segmen Surabaya Malang. Nah kabar baiknya di segmen ini ada tarif khusus yakni Rp 55.000 untuk kereta ekonomi new generation dan Rp 65.000,00 untuk kereta eksekutif.
Tapi perlu diingat ya, hanya di segmen antara Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Malang saja. Jadi kalo dari Surabaya Gubeng mau ke Malang atau misalnya turun Bangil dan Lawang berlaku tarif khusus tersebut. Adapun selainnya berlaku tarif normal.
Kereta Ekonomi New Generation Rombakan Pertama
Sejak Oktober 2023 lalu layanan kereta ekonomi plus di KA Jayabaya telah mengalami peningkatan. Semula menggunakan KA Ekonomi Plus Kemenhub. Namun sejak saat itu berubah jadi Ekonomi New Generation dengan merombak interior KA Ekonomi Plus kemenhub nya. Bahkan KA Jayabaya adalah yang pertama menggunakan sarana ini.
Dengan adanya upgrade, perjalanan KA Jayabaya yang mayoritasnya malam hari, terutama dari Jakarta ke Malang, jadi lebih nyaman. Di ekonomi new generation kursinya searah dengan kereta dan merupakan reclining seat. Tapi tetap aja ada minus yakni risiko kebagian seat minim jendela alias tembok ratapan.
Adapun pembahasan lebih lengkap tentang Ekonomi New Generation di KA Jayabaya langsung aja ke sini : Jayabaya Ekonomi New Generation : Awas Tembok Ratapan.
Leave a Reply